Google Merilis Aplikasi “Switch to Android” di iOS

Indri Penulis

Kabar terbaru dari Google yang ‘diam-diam’ merilis aplikasi “Switch to Android” untuk perangkat iOS. Lihat kabar lengkapnya di sini.

Tahun lalu, sebuah laporan yang beredar mengatakan jika Google tengah mengembangkan aplikasi “Switch to Android” khusus buat pengguna iOS. Fitur ini dirancang khusus buat pengguna yang ingin ganti iPhone ke ponsel Android.

Sempat nggak ada kabar, sekarang aplikasi “Switch to Android” telah dirilis. Aplikasi ini sudah tersedia di App Store wilayah tertentu.

Lalu bagaimana cara kerja aplikasi Switch to Android di iOS? Jadi sesuai yang dirumorkan sebelumnya, aplikasi ini mampu membuat proses transisi antar platform seluler lebih mudah dikelola yakni dengan membantu pengguna mengimpor kontak, kalender, foto, dan video ke ponsel Android mereka.

Nggak cuma itu, Switch to Android juga akan memberi instruksi ke pengguna tentang cara agar ponsel Android bisa mendapat salinan pesan di iMessage Apple, sampai menghubungkan ponsel ke iCloud untuk memigrasikan perpustakaan foto dan video mereka ke Android.

By the way, kalau dilihat dari situs resmi Switch to Android, sepertinya Google belum meluncurkan aplikasi ini secara resmi. Aplikasi ini kelihatannya baru tersedia, tapi belum diumumkan secara resmi. Switch to Android juga belum muncul di halaman pengembang Google di App Store, maupun hasil pencarian di App Store. Aplikasi ini hanya bisa ditemukan dengan mengklik tautan langsung.

Untuk sementara ini, situs web Switch to Android hanya memandu pengguna melalui proses standar untuk pindah ke ponsel Android. Beberapa proses yang dipandu oleh situs ini antara lain cara mencadangkan kontak, kalender, foto, dan video pengguna melalui aplikasi Google Drive iOS sebelum mengganti perangkat.

Sayangnya ketika versi akhirnya telah dirilis, Switch to Android masih punya satu kelemahan, yakni belum bisa dipakai untuk mentransfer aplikasi. Mereka cuma bisa membantu mentransfer file, tapi Switch to Android belum dibekali kemampuan untuk memindahkan aplikasi ke ponsel Android. Kemungkinan hal ini terjadi karena ‘belum semua’ aplikasi pihak ketiga mendukung migrasi ke ponsel Android.

Di sisi lain, rencana Google untuk mengembangkan aplikasi mandiri Switch to Android pertama kali terungkap tahun lalu. Tepatnya saat situs 91o5google menggali kode di dalam Data Restore Tool Android, lalu melihat referensi kode yang mengarah ke aplikasi Switch to Android buat iOS.

Lanjut bulan lalu, 9to5google mulai memperbarui informasinya. Mereka mengatakan kalau aplikasi tersebut telah memiliki kemampuan untuk memigrasikan foto dan video pengguna dari iCloud ke Google Photos secara otomatis.

Yah, walau sekarang aplikasinya sudah tersedia, tapi sampai artikel ini ditulis, Google belum memberikan komentar apapun sebelum acara peluncuran resmi dimulai. Namun Google telah menghubungi situs Techcrunch dan mengatakan kalau aplikasi Switch to Android belum tersedia di toko aplikasi iOS. Saat ini aplikasi tersebut baru bisa diakses lewat URL ini.

    %d blogger menyukai ini: