Aplikasi Terbaik Windows Phone 2014

Anom Penulis

Tahun 2014 sudah lewat. Banyak kejadian menarik terjadi di dunia Windows Phone. Termasuk berubahnya nama blog kita ini. Dalam kesempatan kali ini, kami berusaha merangkum aplikasi-aplikasi terbaik Windows Phone 2014.

Memilih aplikasi terbaik bisa jadi sangat subyektif. Oleh karena itu, pilihan ini pun subyektif dari sudut pandang kami. Opini para pembaca tentunya sangat dihargai. Paling tidak, pilihan kami ini bisa jadi bahan pertimbangan, atau bahkan diskusi lebih lanjut.

Pemilihan aplikasi ini pun kami lakukan dengan berbagai pertimbangan. Menawarkan sesuatu yang fungsional, memberikan fitur yang luar biasa, rajin melakukan update, dll. Tentunya pengalaman penggunaan pribadi juga berpengaruh. Kembali lagi, pemilihan ini memang cukup subyektif. šŸ˜€

Momento

Aplikasi foto made in Indonesia ini memang hebat.Ā Sebagai salah satu aplikasi foto populer–di dalam dan luar negeri–dengan template berbagai momen, Momento terus melengkapi fiturnya. Mendekati akhir tahun 2014, Madina Technologies melengkapinya dengan Momento+, versi premium aplikasi ini. Artinya sebuah progress ke pilihan aplikasi dan layanan yang lebih baik (terbayang suara Steve Ballmer: “Developers, developers, developers!“)

Poki

Aplikasi klien layanan Pocket ini merupakan aplikasi yang banyak dipuji (termasuk oleh Pocket sendiri). Terutama karena desain UI/UX (user interface/user experience) yang memang keren. Tidak hanya itu, fungsinya juga berjalan dengan baik. “Don’t change the winning team” kata pepatah. TapiĀ PokiĀ tetap melakukan update di sisi desain dan fitur di saat aplikasi ini sudah banyak disukai, dan hebatnya, semakin mendapat pujian. Terutama karena mengutamakan panduan desain Windows Phone yang meletakkan action buttons di bagian bawah layar (mudah dijangkau).

Telegram

Aplikasi messenger pesaing WhatsApp ini memang masih memiliki embel-embel beta sampai sekarang. Walaupun belum mengejar update aplikasi di platform tetangga (dukungan stiker misalnya), aplikasi Telegram Windows Phone ini rajin melakukan update, baik perbaikan maupun penambahan fitur. Untuk beberapa hal, aplikasi ini bisa dibilang memiliki keunggulan dibanding WhatsApp (yang sayangnya belum menunjukkan perkembanganĀ lebih jauh).

TubeCast

Aplikasi klien YouTube ini berhasil hadir di tengah “raksasa” lain seperti MetroTube dan MyTube. Dengan fitur unik casting/mirroring ke pirantiĀ lain (komputer, smart tv, dll) melalui DLNA, TubeCastĀ menjadi favorit banyak pengguna Windows Phone. Desainnya pun bagus dan fungsional. Apalagi aplikasi ini sering mendapat update.

Zbox

Tidak ada masalah berarti dengan XBM (Xbox Music), paling tidak di region Indonesia. Namun, tidak ada salahnya juga melihat music player lain. Zbox adalah salah satu music player terbaik di Windows Phone. Aplikasi ini memiliki desain dan fitur yang bagus (kalau sedang memutar lagu, coba swipeĀ dari pinggir kanan untuk melihat Now Playing). Itu juga yang jadi alasan kenapa aplikasi ini banyak disukai oleh pengguna Windows Phone.

 

Wunderlist

Aplikasi ini mungkin memang tidak digunakan oleh semua orang. Tapi untuk yang ingin menggunakan aplikasi to do, aplikasi ini salah satu yang direkomendasikan. Dengan kemampuan sinkronisasi cross platform, aplikasi Wunderlist sangat fungsional. Desainnya juga cantik, denganĀ tetap mempertahankan elemen Windows Phone. Wunderlist versi 3 merupakan kehadiran kembali aplikasi to do ini di Windows Phone, yang asiknya, rilis tidak lama setelah platform tetangga.

 

Camera360 Sight

Beberapa tahun lalu, aplikasi seperti Fhotoroom dan ProShot merajai aplikasi kamera Windows Phone. KiniĀ ada darah baru yang segar. Camera360 Sight adalah aplikasi foto yang hadir di akhir tahun 2014. Aplikasi ini memiliki fitur kamera dan pengolah gambar yang jempolan, dengan desain aplikasi yang juga luar biasa. Sejauh ini, update pun rajin dilakukan. Foto-foto yang jadi feature image artikel di WindowsBlog belakangan ini adalah hasil dari Camera360 Sight.

 

Tweetium

Aplikasi klien Twitter ini memang baru hadir secara resmi di penghujung tahun 2014. Namun sebenarnya sudah beredar sebagai versi beta cukup lama. Tweetium terutama dipuji karena fungsi dan fiturnya yang luar biasa. Aplikasi ini bisa dibilang premium karena harganya yang relatif mahal. Tapi kembali lagi, fungsinya banyak. Memang cocok untuk mereka, para Twitter power user. Bahkan editor in chief WindowsBlog, Mas Afit, tersenyum lebar menggunakan aplikasi ini.

 

Demikianlah kira-kira hasil terawangan kami. Semoga pilihan kami ini bisa menjadi pertimbangan dan bahan obrolan lebih jauh. Jadi, apa aplikasi terbaik Windows Phone menurut kalian?

    %d blogger menyukai ini: