Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

5 Aplikasi VR Edukasi Terbaik yang Cocok untuk Semua Usia

Woman works with Virtual Reality glasses

Nampaknya dunia teknologi yang semakin berkembang pesat, memaksa untuk terus mengembangkan berbagai macam teknologi baru yang semakin canggih dan memudahkan manusia.

Salah satunya adalah teknologi Virtual Reality atau VR. Teknologi ini rupanya terus dikembangkan agar dapat digunakan di berbagai wilayah pendidikan.

popculture.id

Beberapa penelitian pun sudah membuktikan, bahwa dengan adanya teknologi VR dikelas dapat memberikan dampak baik kepada para siswanya.

Yaitu salah satunya adalah untuk meningkatkan konsentrasi para siswa dan untuk mengurangi kemungkinan antar siswa saling mengganggu saat proses belajar sedang berlangsung.

Meskipun teknologi VR ini belum diterapkan di sekolah-sekolah yang ada di Indonesia, namun dengan adanya aplikasi VR di bawah ini, dijamin akan membantu proses belajar di sekolah.

InMind VR 2

Sumber Gambar : InMind VR 2

Jika kamu salah satu pecinta film kartun yang berjudul ‘Inside Out’, maka dijamin kamu akan tertarik dengan aplikasi ini.

Aplikasi InMind VR 2 ini memiliki latar belakang otak seorang anak yang bernama John. Agar bisa mengendalikan emosi John, seseorang harus bisa menangkap neuron yang tepat dengan menggelengkan kepalanya.

Molekul-molekul yang bekerja ini akan mengendalikan reaksi Jhon terhadap situasi yang ada disekitarnya, dan kemudian akan terbentuklah sebuah masa depan dirinya saat dewasa nanti.

Jadi kesimpulan dari aplikasi ini adalah, dapat membantu siswa untuk lebih tepat dan teliti dalam menargetkan sesuatu.

Titans of Space

Sumber Gambar : UploadVR

Yang kedua adalah aplikasi VR yang dapat digunakan untuk belajar tata surya dengan baik. Aplikasi Titans of Space ini menyajikan petualangan mendalam tentang planet dan bintang di galaksi.

Dilengkapi dengan musik yang pas dan visual yang begitu menarik, maka akan membuat para siswa lebih semangat belajar tentag tata surya.

Di dalam aplikasi ini,berbagai macam planet menyusut menjadi 1 juta lebih kecil dibandingkan dengan ukuran sebenarnya.

Contoh halnya seperti ukuran Bumi, Bumi akan nampak seperti holografik yang memiliki tinggi 12,7 meter.

Discovery VR

Sumber Gambar : Apps to Follow

Aplikasi yang ketiga ini, sudah menjadi sumber utama dari segala ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan TV kabel selama lebih dari 30 tahun.

Dengan aplikasi Discovery VR ini, sekarang kamu bisa menikmati pengalaman belajar yang jauh lebih menarik

Berbagai macam opsi pembelajaran pun dapat kamu temukan disini, yaitu seperti Discovery Atlas, Let’s Go Places Florida, Discovery Presents, DNews Labs, dan tentunya masih banyak lagi.

Anatomyou

Sumber Gambar: anatomyou.com

Berikutnya adalah aplikasi dengan nama Anatomyou, aplikasi ini benar-benar memberikan sebuah pengalama belajar yang unik dan menarik.

Disini kamu bisa melakukan perjalanan non-invasif di dalam tubuh manusia, untuk mengetahui lebih dalam tentang berbagai sistem yang ada di dalamnya, seperti sistem pernapasam, pencernaan, peredaran darah, dan masih banyak lagi.

Meskipun aplikasi Anatomyou ini sudah berhasil dipasarkan untuk mahasiswa ilmu kesehatan dibidang kedokteran, namun nyatanya aplikasi ini juga bisa digunakan siapa saja untuk belajar mengenai anatomi manusia.

VR Lessons by ThingLink

Sumber Gambar : VeeR.tv

Dan untuk aplikasi yang kelima ini lebih ditujukan untuk siswa sekolah dasar. VR Lessons by ThingLink merupakan sarana belajar secara  interaktif dan visual yang mencangkup berbagai macam topik seperti seni, bahasa maupun sains.

Aplikasi ini dapat menunjukan kepada anak-anak sebuah petualangan menuju tempat-tempat yang megah di seluruh dunia, dan selain itu dapat juga memberikan informasi mengenai setiap  ekosistem.

    %d blogger menyukai ini: