Fujifilm Rilis Aplikasi Untuk Ubah Kamera Seri X dan GFX Jadi Webcam

kamera fujifilm x t4

Sejak pandemi COVID-19 memaksa kita melakukan swa-karantina, kebutuhan akan webcam meningkat. Terutama karena banyaknya rapat online. Yang seru, Fujifilm merilis aplikasi yang bisa mengubah beberapa kamera seri X dan GFX mereka menjadi webcam.

Haa… bisa kamu bayangkan sendiri bagaimana kalau kamera mirrorless jadi webcam. Kualitas gambarnya jelas jauh lebih baik dari sekedar webcam yang ada di laptop. Juga lebih baik daripada kalau kamu memakai smartphone sebagai webcam.

Aplikasi ini memiliki nama Fujifilm X Webcam. Aplikasi ini bekerja di komputer Windows 10. Setelah memasang aplikasi ini, pengguna bisa menghubungkan kamera dan laptop dengan koneksi USB.

Selain gambar yang jauh lebih tajam, pengguna juga bisa menggunakan mode Film Simulation. Mode ini akan memberi profil warna khas dari Fujifilm.

Fujifilm menyebutkan kalau aplikasi ini berfungsi untuk beberapa seri kamera, yaitu: GFX100, GFX 50S, GFX 50R, X-H1, X-Pro2, X-Pro3, X-T2, X-T3, X-T4.

Kebutuhan memakai kamera yang lebih baik untuk konferensi online mungkin bukan kebutuhan semua orang. Namun kalau kamu seorang profesional yang ingin melakukan presentasi secara maksimal dan memiliki kamera canggih, kenapa tidak?

Selain Fujifilm, Canon juga memiliki aplikasi serupa yang disebut dengan “EOS Webcam Utility”.  Sayangnya aplikasi itu ditujukan untuk wilayah Amerika. Sedangkan Nikon masih belum punya aplikasi sendiri. Namun kamu bisa memakai aplikasi seperti Ecamm Live (Mac), Vmix (Windows), atau SparkoCam (Windows).

Nah, kalau kamu memang memiliki kamera Fujifilm seri X dan GFX tersebut di atas, coba saja unbah kameramu jadi webcam dengan aplikasi ini. Silakan unduh Fujifilm X Webcam melalui link di bawah ini.

Download (Windows)

%d blogger menyukai ini: