Aplikasi YouTube Vanced Berakhir Dengan Gugatan Google

vanced
Anom Penulis

Pengembangan dan distribusi aplikasi YouTube Vanced akhirnya mencapai garis akhir, setelah Google mengirimkan teguran hukum pada pihak pengembangnya. Developer aplikasi Vanced sudah menyatakan kalau dalam beberapa hari mendatang, proyek ini akan ditutup termasuk juga link download aplikasi itu.

Pengembang Vanced mengumumkannya di berbagai kanal media sosial mereka, termasuk Discord, Telegram, dan Twitter.

Mungkin ada di antara kamu yang belum kenal aplikasi ini. Vanced adalah aplikasi pihak ketiga YouTube di Android yang memungkinkan pengguna menghilangkan iklan, tanpa berlangganan versi Premium. Selain itu Vanced juga punya berbagai fitur yang tidak ada di aplikasi aslinya (misalnya AMOLED Black).

Walau populer, Vanced bukanlah aplikasi mainstream yang semua orang tahu. Namun aplikasi ini menjadi solusi nonton YouTube bagi pengguna Huawei. Lucunya, Linus Tech Tips yang juga seorang YouTuber juga merekomendasikan Vanced.

Tentu kita bisa paham kenapa Google menghentikan aplikasi Vanced. Bagaimanapun iklan, sponsor, Shorts, dll merupakan bagian dari ekosistem ekonomi YouTube, Kreator konten juga mendapat keuntungan dari itu.

Di sisi lain, yah… iklan di YouTube kini sudah sangat mengganggu. Tapi toh ini juga merupakan bagian dari penawaran untuk YouTube premium.

Tweet lanjutan di thread yang mengumumkan penutupan ini menyebutkan kalau aplikasi Vanced versi terbaru masih akan berfungsi sampai (kira-kira) 2 tahun mendatang. Yah, paling tidak sampai Google melakukan perubahan besar pada aplikasi YouTube. Bagaimanapun Vanced adalah aplikasi mod YouTube.

Nah, bagi kamu yang menggunakan aplikasi Vanced, bersiaplah mencari alternatif aplikasi itu. Tapi kalau kamu memang belum pernah memakainya dan tetap menggunakan aplikasi YouTube asli, penutupan ini tentu tidak membawa efek apa-apa.

    %d blogger menyukai ini: