Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Apple Resmi Hadirkan iPhone SE 2022 & Varian Warna Baru iPhone 13 Series

Indri Penulis

Ponsel iPhone SE 2022 resmi diumumkan di acara Apple Event “Peek Performance.” Varian warna baru iPhone 13 Series juga turut dikenalkan dalam acara tersebut.

Acara Apple Event “Peek Performance” sendiri diadakan pada tanggal 8 Maret 2022. Setidaknya ada beberapa produk baru yang dipamerkan Apple dalam acara tahunan tersebut. Dua diantaranya adalah ponsel iPhone SE 2022, dan varian warna baru iPhone 13 serta iPhone 13 Pro.

Dalam pengumumannya, iPhone SE 2022 dideskripsikan sebagai iPhone dengan desain ikonik dan tangguh, mampu menawarkan kemampuan dan kinerja luar biasa, serta harga yang tak kalah luar biasa.

Sementara untuk varian warna baru iPhone 13 dan iPhone 13 Pro, keduanya sama-sama kedatangan warna hijau (cuma beda nama penyebutannya saja). Warna ini cocok banget buat pecinta hijau, atau hal-hal yang bernuansa alam.

iPhone SE 2022

iPhone SE terbaru hadir dengan desain yang nggak cuma cantik, tapi juga tahan lama. Ponsel ini mengadopsi aerospace-grade aluminium dan glass design. Membuat bodi belakangnya sama dengan iPhone 13 Pro dan iPhone 13. Ponsel tersebut juga mengantongi sertifikat IP67 yang membuatnya tahan air dan debu.

Pindah ke bagian depan, ponsel ini hadir dengan tombol Home dengan dukungan Touch ID. Lewat tombol tersebut pengguna bisa mengakses ponsel dengan mudah, mengotorisasi pembelian di App Store, melakukan transaksi dengan Apple Pay, dll.

Untuk bagian jeroannya, iPhone SE terbaru mengandalkan prosesor Apple A15 Bionic (sama seperti yang dipakai di iPhone 13). A15 Bionic menggunakan CPU 6-core yang tercepat di smartphone, yang dipadukaan dengan 2-core performa tinggi dan 4-core efisiensi tinggi. Hal ini membuat ponsel tersebut diklaim 1,8x lebih cepat dari iPhone 8 atau pun iPhone SE terdahulu.

Baca Juga:  Fitur Face ID di iOS 15.4 Bisa Buka Kunci Ponsel Walau Pakai Masker

Lebih lanjut, A15 Bionic juga memungkinkan masa pakai yang lebih baik. Bahkan walaupun bentuknya ringkas dan memakai teknologi baru seperti 5G, iPhone SE terbaru memiliki masa pakai baterai yang lebih lama dibanding model sebelumnya. Ponsel ini juga kompatibel dengan charger bersertifikat Qi untuk pengisian wireless, dan mendukung fast-charging.

Sekarang beralih ke fitur kamera. Ponsel ini dibekali sistem kamera ‘serba baru’ yang terdiri kamera wide 12MP/1.8 dan berbagai fitur fotografi luar biasa seperti Smart HDR 4 (sama seperti di iPhone 13 dan iPhone 13 Pro), Photographic Styles, Deep Fusion, dan Portrait Mode.

Ponsel ini mendukung konektivitas 5G untuk pengunggahan dan pengunduhan lebih cepat. Ponsel ini juga telah menggunakan iOS 15 terbaru, mendukung fitur SharePlay, dan juga Smart Data untuk menghemat masa baterai.

Sementara itu iPhone SE 2022 akan tersedia dalam model 64GB, 128GB dan 256GB. Ponsel ini hadir dalam varian warna Midnight, Starlight dan (PRODUCT) RED mulai dari $429 (harga versi AS).

Varian Warna Baru iPhone 13 & iPhone 13 Pro

Dua model iPhone 13 Series, iPhone 13 dan iPhone 13 Pro kedatangan varian warna baru. Dimulai dari iPhone 13 terlebih dulu yang kedatangan varian warna Green. Jadi totalnya sekarang iPhone 13 punya 7 varian warna yakni (PRODUCT)RED, Starlight, Midnight, Blue, Pink dan Green.

Sementara iPhone 13 Pro kini punya varian warna Alpine Green. Total kini ada 5 varian warna yang dimiliki oleh iPhone 13 Pro yakni Sierra Blue, Graphite, Gold, Silver dan Alpine Green.

Terlepas dari warnanya, semua hal yang ada di iPhone 13 ‘Green’ dan iPhone 13 Pro ‘Alpine Green’ sama seperti saudara-saudaranya. Ponsel ini menghadirkan desain ramping yang dibuat lebih tahan lama dengan penutup depan Ceramic Shield, menggunakan chip A15 Bionic, konektivitas 5G, dll.