Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Apple Tahan Update Aplikasi Telegram dan Suruh Hapus Telemoji!

Indri Penulis

Apple disebut-sebut tahan update Telegram dan menyuruh agar aplikasi tersebut menghapus Telemoji. Lalu apa alasannya? Mari kita simak.

Setelah berminggu-minggu nggak ada update di aplikasi Telegram iOS, akhirnya pada tanggal 12 Agustus 2022, Telegram resmi meluncurkan pembaruan untuk aplikasi iOS-nya. Namun ada satu yang hilang dari pembaruan kali ini, yakni fitur Telemoji. Kenapa fitur itu bisa hilang?

popculture.id

Jadi beberapa waktu lalu CEO Telegram, Pavel Durov, sempat berkoar-koar di media sosial. Ia mengatakan kalau Apple telah menghalangi pembaruan aplikasi iOS selama berminggu-minggu.

Nggak berselang lama setelah postingan Pavel Durov yang viral di dunia maya, akhirnya terbongkar alasan Apple menghalang-halangi update Telegram. Rupanya fitur terbaru Telegram, Telemoji lah penyebabnya.

Telegram Cabut Telemoji dari Pembaruan

Usut punya usut, ternyata Apple meminta Telegram untuk menghapus Telemoji dari pembaruan. Hal ini karena Telemoji adalah versi animasi vektor dari animasi iOS standar. Walaupun Durov tidak menjelaskan secara spesifik, tapi rasanya bisa dimaklumi kenapa Apple sampai bersikukuh seperti itu.

Durov mengatakan, “Ini adalah langkah membingungkan atas nama Apple, karena Telemoji akan membawa dimensi baru ke emoji statis beresolusi rendah dan akan secara signifikan memperkaya ekosistem mereka.

Walaupun mungkin maksud Telegram baik, tapi di sisi lain Telegram juga harus sadar diri. Mereka telah mengambil produk Apple yang sebelumnya memang sudah ada, kemudian memodifikasinya. Siapapun mungkin juga akan mengambil tindakan tegas seperti yang dilakukan oleh Apple kan?

Lebih lanjut, Durov mengatakan kalau perusahaannya akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengutak-atik Telemoji. Hal ini mereka butuhkan agar bisa menyajikan sesuatu yang ‘lebih unik dan bisa dikenali oleh pengguna.’ Sementara itu imbas dari insiden ini, fitur Telemoji masih tidak akan diikutkan dalam pembaruan Telegram yang akan datang.

Lalu Apa yang Baru dari Pembaruan Kali Ini?

Dalam pembaruan kali ini, Telegram resmi mengumumkan Platform Emoji Telegram, yang bisa dipakai pengguna untuk membuat dan mengunggah paket emoji bikinan mereka sendiri langsung ke Telegram.  Tapi fitur ini hanya tersedia untuk pelanggan Premium.

Pelanggan premium juga akan mendapatkan akses ke 10 paket emoji kustom pada awalnya. Setiap emoji kustom akan mengandung puluhan emoji dengan karakter unik, dan Telegram berjanji jika mereka akan menghadirkan 500 emoji kustom premium di masa mendatang.

Pembaruan kali ini juga turut memboyong emoji kustom interaktif untuk obrolan pribadi 1-on-1, yang jika emoji tersebut diketuk, maka ia akan memainkan efek layar penuh yang menarik.

Masih ada lagi, aplikasi Telegram iOS sekarang juga telah mendapat pembaruan visual. Sekarang ada semacam tab terpisah khusus untuk menampung stiker, GIF dan emoji (seperti yang telah ada di aplikasi Android, desktop dan web).

Lebih lanjut, Telegram Premium juga mendapat pengaturan baru yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol siapapun yang bisa mengirimkan mereka pesan suara dan video, seperti “Semua Orang,” “Kontak Saya” dan “Tidak Ada.”

    %d blogger menyukai ini: