Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Inilah 3 Apple Watch Baru di Tahun 2022: Series 8, SE, dan Ultra

apple watch 2022
Gambar: Apple
Anom Penulis

Lewat acara bulan September 2022, Apple memperkenalkan 3 Apple Watch barunya. Ada Apple Watch Series 8, Apple Watch SE, dan Apple Watch Ultra.

Yang menjadi bintang smartwatch di Apple Events kali ini adalah Apple Watch Ultra. Karena, sebagai jam tahan banting, smartwatch itu memang merupakan kategori baru di lini ini.

popculture.id

Apple Watch Series 8

Apple Watch Series 8
Gambar: Apple

Jam ini masih memiliki desain yang sama dengan Series 7. Namun Apple Watch Series 8 menggunakan prosesor S8 baru, menghadirkan Always-on Display, memiliki 2 sensor temperatur, juga gyroscope dan accelerometer baru.

Sensor temperatur itu berada di bagian bawah, mendeteksi lewat kulit, dan di atas β€” di bawah layar β€” untuk mengurangi bias dari luar. Sensor ini cukup sensitif terhadap perubahan suhu sampai 0,1ΒΊC. Apple menyebutkan kalau sensor temperatur itu bisa membantu perempuan menjalani siklus menstruasinya.

Sedangkan gyroscope dan accelerometer, yang dirancang ulang, berguna mendukung fitur keamanan baru, Crash Detection (deteksi kecelakaan). Bersama dengan barometer, GPS, dan mikrofon, dua sensor ini bisa mengenali kecelakaan dan ecara otomatis minta bantuan dalam waktu 10 detik setelah kejadian.

Selain itu, Apple Watch Series 8 juga menghadirkan Low Power Mode baru. Dengan fitur ini, baterai bisa tahan lebih lama, sampai 36 jam (ketika dipakai bersama iPhone).

Apple Watch Series 8 hadir dalam 2 ukuran: 45mm dan 41mm. Lalu ada 8 pilihan warna untuknya. Ada starlight, midnight, silver, dan (PRODUCT)RED pada bodi aluminum. Lalu ada silver, graphite, atau gold di bodi stainless steel.

Apple Watch Series 8 memiliki harga mulai dari $399 (Amerika Serikat) dan mulai tersedia pada tanggal 16 September 2022.

Apple Watch SE

Apple Watch SE 2022
Gambar: Apple

Apple Watch SE sebagai smartwatch versi yang lebih terjangkau juga menggunakan prosesor S8 baru. Selain itu, jam ini juga mendukung fitur Crash Detection, sama seperti Series 8. Tapi jam ini memiliki bagian belakang baru yang terbuat dari bahan komposit nilon.

Apple Watch SE tersedia dengan harga yang lebih murah dari sebelumnya, yaitu $249 (Amerika). Jam ini hadir dalam 2 pilihan ukuran 44mm dan 40 mm, juga 3 pilihan warna, yaitu midnight, starlight, dan silver.

Apple Watch Ultra

Apple Watch Ultra
Gambar: Apple

Sekilas, penampilannya memang tidak terlalu berbeda. Namun Apple Watch Ultra ini memiliki beberapa desain khusus untuk mereka yang melakukan aktivitas luar ruang ekstrim.

Jam ini memiliki bodi dari bahan titanium dengan ukuran yang lebih besar, yaitu 49 mm. Ia juga punya layar datar berlapis kristal safir dan pelindung di tiap sisi layar. Selain itu, Apple Watch Ultra memiliki tombol putar lebih besar dan tombol aksi baru (mudah dipakai saat menggunakan sarung tangan), juga speaker besar di salah satu sisinya.

Apple merancang baterai jam ini agar bisa bertahan sampai 36 jam dalam penggunaan normal. Dengan Low Power Mode baru, baterainya bisa bertahan sampai 60 jam. Walau begitu, Apple menyebutkan layarnya mampu memiliki kecerahan sampai 2000 nits, 2X lebih cerah dari Apple Watch biasa.

Untuk jam ini, Apple juga merancang tali jam baru. Ada Trail Loop yang paling tipis, Alpine Loop yang bergelombang dan punya cantolan berbentuk G, dan Ocean Band yang dirancang untuk aktivitas di air.

tali Apple Watch Ultra
Gambar: Apple

Di samping fitur-fitur di atas, Apple juga meningkatkan kemampuan jam ini. Apple Watch Ultra mendukung dua frekuensi GPS, yaitu L1 dan L5. Jam ini juga punya sertifikasi ketahanan MIL-STD-810H, juga serifikasi aktivitas menyelam WR100 dan EN 13319.

Tentu, versi Ultra ini juga mendukung semua fitur yang dimiliki oleh Apple Watch biasa. Seperti sensor temperatur dan Crash Detection baru.

Apple Watch Ultra memiliki harga $799 (Amerika) dan mulai tersedia pada tanggal 23 September 2022.

    %d blogger menyukai ini: