Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

ASUS ROG FLOW Z13 (GZ301): Laptop Gaming Detachable Powerful!

Indri Penulis

ASUS memperkenalkan laptop gaming baru ASUS ROG FLOW Z13 (GZ301) di Indonesia, sebuah laptop gaming detachable dengan performa super powerful.

Perkembangan teknologi telah memunculkan beragam desain laptop baru. Ada desain clamshell tradisional, ada laptop 2-in-1 (bisa diubah jadi tablet), dan ada juga jenis laptop detachable. Dari mereka bertiga, bisa dibilang model ketiga adalah yang paling unik.

popculture.id

Tak seperti laptop pada umumnya, laptop detachable punya desain yang memungkinkan bagian keyboard-nya dilepas. Dengan begitu, penggunanya bisa memakai bagian layarnya sebagai komputer tablet. Sayangnya karena desain inilah, laptop detachable kekurangan fitur. Mayoritas laptop detachable cuma punya fitur standar dan nggak terlalu menarik.

Tapi gimana jadinya kalau ada laptop gaming detachable yang tetap ringkas, tapi punya fitur dan performa kelas gaming yang super powerful? Hm.. Mungkin bagi mayoritas orang, hal tersebut hampir mustahil dihadirkan mengingat sifat desain detachable yang penuh keterbatasan walau sangat fleksibel.

Namun semua masalah di atas sama sekali nggak berlaku buat laptop gaming terbaru ASUS ROG FLOW Z13 (GZ301). Ia adalah laptop gaming dengan desain detachable dengan performa tak main-main. Berkat desain ini, ROG FLOW Z13 kini resmi dinobatkan sebagai tablet gaming paling powerful di dunia.

Karena kelihatan ‘keren banget,’ kita lihat yuk apa saja fitur unggulan dan yang dimiliki laptop gaming terbaru ASUS ini!

Fitur Unggulan ASUS ROG FLOW Z13 (GZ301)

Ringkas Layaknya Laptop Detachable Pada Umumnya

Sebagai laptop detachable, bodi utama ROG FLOW Z13 nggak hanya terdiri dari komponen utama seperti motherboard, CPU, GPU, SSD dan memori saja, tapi juga ada layar. Di sisi lain keyboard laptop ini didesain terpisah dan dibuat seolah menjadi aksesori tambahan. Nah makanya ROG FLOW Z13 disebut sebagai tablet gaming paling powerful. Ya karena sebenarnya pada dasarnya, ia bisa dikategorikan sebagai tablet.

Hadir dengan layar 13 inci, laptop ini punya ketebalan 12mm dan bobot 1,1kg. Walau agak tebal dan berat dari pada laptop detachable pada umumnya, tapi itu nggak masalah. Apalagi dia adalah laptop gaming yang mengusung CPU dan GPU high performance yang berlum pernah ada di laptop detachable berukuran ringkas sebelumnya.

Oya satu lagi yang menarik. ROG FLOW Z13 juga hadir dengan “kickstand” di belakang bodi utamanya. Fitur ini bisa memosisikan bodi utama laptop supaya bisa berdiri dan memudahkan pemakaian (misalnya mau dipakai sebagai tablet). Kalau mau dipakai sebagai laptop, pengguna harus memasangkannya dengan keyboard ROG FLOW Z13 ke bawah bodi (prosesnya mudah karena pakai sistem magnetik dan koneksi pogo pin).

Karena ROG FLOW Z13 adalah bagian dari keluarga ROG, jadi laptop in hadir dengan warna hitam dan desain khas gaming. Belakang bodi utamanya bahkan dibekali ‘jendela’ untuk mengintip komponen di dalamnya. Laptop ini juga dilengkapi lampu RGB LED (bisa dikustom via Armoury Crate) untuk memperkuat desain khas gaming-nya.

Super Powerful

Namanya juga laptop gaming. Jadi selain desainnya yang memukau, performa yang dimilikinya juga harus di atas rata-rata. Beruntungnya, ROG FLOW Z13 ini telah ditenagai hardware yang powerful.

Laptop ini ditenagai CPU High Perfomance 12th Gen Intel Core, tepatnya Intel Core i9-12900H. Ia adalah tak hanya masuk dalam jajaran CPU mobile paling ngebut di dunia, tapi juga bisa menawarkan performa tinggi di berbagai skenario penggunaan (peningkatan untuk aktivitas gaming hingga 28%, dan aktivitas konten kreator hingga 43% dibanding CPU generasi sebelumnya).

Lebih lanjut, CPU High Performance 112th Gen Intel Core mendukung pemakaian DDR5, dan dibekali dukungan WiFi 6E yang memungkinkan koneksi jaringan lebih stabil dan kencang. Ia juga mendukung pemakaian Thunderbolt 4 sebagai port serba guna berperforma tinggi.

Performa CPU yang ditanam ke ROG FLOW Z13 sangat mengagumkan. Bahkan bisa dibilang lebih unggul dibanding laptop dengan bodi dan ruang pendingin lebih besar. Sebagai gambaran, seperti inilah performa CPU Intel Core i7-12800H di ROG Flow Z13 yang diuji pakai Cinebench R15 dan R23:

Oya selain CPU, ROG FLOW Z13 juga dibekali GPU powerful. Laptop ini dibekali GPU NVIDIA GeForce RTX 3050. Walau bukan GPU yang paling bertenaga, tapi ini adalah kemajuan yang bagus. Pasalnya biasanya GPU ini disematkan ke laptop dengan bodi yang jauh lebih besar dari ROG FLOW Z13.

Terus gimana soal performanya? Setelah dilakukan uji performa grafis menggunakan CPU Intel Core i7-12800H dan GPU GeForce RTX 3050 pada laptop ROG FLOW Z13, hasilnya laptop terebut mampu menjalankan berbagai game modern dengan sangat baik. Seperti inilah hasil pengujian yang dilakukan menggunakan 3Dmark:

Perfoma grafisnya menurutmu masih kurang kencang? ROG FLOW Z13 juga mendukung GPU eksternal terbaik di dunia, ROG XG Mobile kok. Hasil performanya sangat oke. Game yang semula nggak bisa lancar, setelah pakai ROG XG Mobile bisa jauh lebih lancar. Selain itu fitur seperti NVIDIA DLSS 2.0 dan RTX Real-Time Ray-Tracing juga bisa dinikmati dengan baik saat pakai ROG XG Mobile.

Mendukung Upgrade Penyimpanan

Walau nggak menyediakan upgrade sebanyak laptop gaming pada umumnya, tapi ROG FLOW Z13 mendukung upgrade dari sisi penyimpanan kok.

ROG FLOW Z13 punya ‘pintu khusus’ di belakang kickstand-nya. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengakses SSD yang terpasang dengan mudah. Kamu juga bahkan juga dapat memasang microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan.

Penyimpanan ROG FLOW Z13 sendiri menggunakan M.2 NVME PCle 4.0 x4 SSD 2230. SSD ini punya ukuran lebih pendek dibanding PCle SSD yang dipakai laptop gaming pada umumnya. Walau begitu, tapi performanya cukup kencang dengan hasil pengujian seperti ini:

ROG FLOW Z13 juga dibekali memori LPDDR5 berkapasitas 16GB. Berdasarkan hasil pengujian di bawah, memori ini sangat handal untuk aktivitas sehari-hari dan kebutuhan gaming.

Sistem Pendingin Inovatif

Karena mengusung konsep detachable, CPU, GPU dan komponen utama lainnya ada di bagian bodi yang sama dengan layar. Sedangkan posisi motherboard-nya selalu berdiri seperti layarnya. Ini membuat sistem pendingin berada di posisi yang sama dengan layar, sehingga kipas bisa mengalirkan udara dengan lebih leluasa.

ROG FLOW Z13 juga dibekali sistem pendingin yang oke. Menggunakan vapor chamber khusus, laptop ini tak hanya bisa mengalirka panas dari komponen utama heatsink, tapi juga bisa melepas panas secara langsung. Laptop ini juga dibekali Variable Blade Thicknes untuk meminimalisir turbulensi sehingga udara bisa mengalir lebih baik dan pendinginan optimal.

Pada pengujian 3DMArk Stress Test tanpa menggunakan ROG XG Mobile, ROG Flow Z13 (GZ301) dapat menahan suhu operasional GPU pada rata-rata 71,44⁰C. Sementara suhu operasional CPU berada di rata-rata 64,97⁰C atau tergolong sangat rendah untuk sebuah laptop detachable berlayar 13-inci yang sangat ringkas.

Daya Tahan Oke dan Konektivitas Lengkap

Meski ROG Flow Z13 tak bisa mengusung baterai berkapasitas besar seperti laptop gaming lain karena keterbatasan ruang. Tapi ROG Flow Z13 (GZ301) tetap mampu bertahan hingga lebih dari 5 jam 30 menit dalam pengujian menggunakan PCMark 10 Battery pada mode modern office. Ia juga mendukung fitur USB Power Delivery hingga 100W lewat port USB Type-C.

Tak hanya daya tahan yang oke, port yang diusung laptop ini juga sangat lengkap. Ia dibekali USB Type-A, port Thunderbolt 4, USB Type-C + dukungan fitur USB Power Delivery, dan 3.5mm combo audio jack. Kalau masih kurang kamu bisa menghubungkan laptop dengan ROG XG Mobile yang telah dibekali banyak port termasuk SD Card Reader, HDMI, dan DisplayPort.

Spesifikasi ROG Flow Z13 (GZ301)

  • CPU: Sampai 12th Gen Intel® Core™ i9-12900H Processor 2.5 GHz (24M Cache, up to 5.0 GHz, 14 cores: 6 P-cores and 8 E-cores)
  • OS: Windows 11 Home
  • RAM: 8x2GB LPDDR5
  • Penyimpanan: Sampai 1TB M.2 2230 NVMe™ PCIe®4.0 SSD
  • Layar: 13.4”, Up to WQUXGA (3840 x 2400) 16:10, Touchscreen, 85% DCI-P3, 60Hz 3ms, Adaptive Sync, Mux Switch, Stylus-compatible, Dolby Vision, PANTONE Validated
  • GPU: Sampai NVIDIA® GeForce RTX™ 3050Ti
  • Input/Output: 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x ROG XG Mobile Interface, 1x USB 2.0 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ / power delivery / G-SYNC, 1x Thunderbolt™ 4 support DisplayPort™ / power delivery, 1x card reader (microSD)
  • Kamera: 8MP camera (belakang) dan 720P HD camera (depan)
  • Konektivitas: Wi-Fi 6E(802.11ax)+Bluetooth 5.2 (Dual band) 2*2
  • Audio: Built-in array microphone with AI noise-cancelling, harman/kardon certified audio
  • Baterai: 56WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
  • Dimensi: 30.2 x 20.4 x 1.20 ~ 1.20 cm
  • Berat: 1,18Kg
  • Warna: Hitam

    %d blogger menyukai ini: