ASUS ROG Phone 2 Semakin Dahsyat Sebagai Smartphone Gaming

rog phone 2

Smartphone gaming terbaru dari ASUS, yaitu ROG Phone 2 resmi diumumkan tanggal 22 Juli 2019. Ponsel ini mendapat peningkatan yang cukup signifikan bila dibandingkan dengan generasi pertama.

ASUS menyebutkan kalau mereka menghadirkan semua yang sudah mereka pelajari sejak peluncuran generasi pertama. Semua hasil riset dan pengembangan itu mereka curahkan untuk membuat ponsel gaming powerful berikutnya.

Konstruksi Khusus untuk Pecinta Game

Perangkat untuk gamers kelas berat selalu punya desain khusus. Ponsel ROG generasi pertama pun demikian. Desain tersebut masih dipertahankan di ROG Phone 2, dengan beberapa perubahan.

Ponsel ini memiliki layar 6,59 inci OLED tanpa notch. Walau tidak benar-benar bezel-less, smartphone gaming ini menghadirkan dual front-facing speaker untuk mengantar suara lebih dahsyat. Speaker tersebut pun mendukung teknologi DTS:X Ultra.

bagian depan ROG Phone 2
Penampilan depan (foto: ASUS)

Di bagian belakang, terdapat kamera ganda dan lampu kilat LED ganda. Di sana juga terdapat ventilasi sebagai bagian dari sistem pendingin bagian dalam. Tentu saja, terdapat logo ROG lengkap dengan pencahayaan Aura dari RGB LED. Sama seperti di motherboard, laptop, dan perangkat lainnya, pencahayaan Aura ini bisa diatur melalui aplikasi Armoury Crate.

Konstruksi ponsel ini pun tidak kalah menarik. Rangka yang menjadi dasar ponsel ini terbuat dari metal. Sementara Gorilla Glass 6 melapisi bagian depan dan belakang. Lalu, bagian tepi sisi belakang pun sengaja dibuat melengkung agar ponsel nyaman digenggam.

penampilan belakang ROG Phone 2
Penampilan belakang (foto: ASUS)

ASUS tetap mempertahankan beberapa fitur unggulan yang sebelumnya ada. Misalnya colokan USB di bagian bawah dan samping. Mereka juga tetap mempertahankan colokan audio 3,5 mm di bagian bawah ponsel.

Colokan USB type-C di bawah merupakan USB 2.0 yang mendukung Quick Charge 3.0. Sedangkan USB type-C di samping merupakan USB 3.1 gen 2 yang bisa mengantar data sampai 10Gbps dan video kualitas 4K dengan DisplayPort 1.4. Di samping colokan USB samping, terdapat colokan untuk aksesori TwinView Dock II, Mobile Desktop Dock, dan ROG AeroActive Cooler II.

Bagian bawah ponsel
Colokan di bagian samping

Performa Prima yang Tetap Terjaga

Seperti informasi yang sudah beredar sebelumnya, ASUS ROG Phone 2 memakai chipset Qualcomm Snapdragon 855+. Chipset ini mendapat peningkatan performa CPU sampai 2.96GHz, dan peningkatan GPU sampai 15%. Untuk menemani chipset tersebut, ASUS memberikan RAM 12GB LPDDR4X, penyimpanan sampai 512GB UFS 3.0, dan baterai sebesar 6000mAh.

Tapi ASUS tidak berhenti sampai di situ. Mereka juga menanamkan teknologi GameCool II sebagai pendingin di bagian dalam. Sistem ini bisa mengurangi panas senilai 7,5W. Lalu, ASUS memberikan ventilasi khusus sehingga ponsel bisa “bernapas” dengan lebih baik.

Ventilasi ROG AeroDynamic System

Tentu saja, bukan ROG Phone namanya kalau tidak dilengkapi dengan aksesori pendingin. Aksesori berupa kipas ini disebut dengan teknologi ROG AeroActive Cooler II. Kipas ini akan mengirim udara pada bagian terpanas di ponsel, dan mengurangi panas sampai 3,5ยบ C.

Karena ROG AeroActive Cooler II menancap di colokan samping, maka aksesori ini juga dilengkapi dengan colokan USB type-C dan colokan audio 3,5 mm. Jadi mengisi daya dan memakai headset tetap tidak mengganggu permainan.

ROG AeroActive Cooler II (foto: ASUS)

Perubahan lain yang ada di ROG Phone 2 ada di layar. ASUS meningkatkan refresh rate di layar menjadi sampai 120Hz. Layar ini juga mendukung tampilan HDR, menghasilkan 108% DCI-P3 color gamut (seperti di proyektor sinema digital), dan memiliki touch sampling rate 240Hz. Jadi, selain enak dilihat, juga sangat responsif.

Bicara soal sentuhan yang responsif, ada hal lain yang ditambahkan oleh ASUS. Fitur itu adalah AirTrigger. Teknologi ini adalah tombol di pinggir ponsel yang memanfaatkan teknologi sentuhan haptic. ASUS meningkatkan responsivitasnya dari 63ms (generasi pertama) menjadi 20ms.

Teknologi AirTrigger (foto: ASUS)

Hm, apalagi selain fitur di atas? Oya, ROG Phone 2 memiliki sistem kamera ganda di bagian belakang, dengan kombinasi kamera 48MP dan 13MP.

Spesifikasi ROG Phone 2

  • Layar: 6,59 inci AMOLED FHD+ (2340×1080), refresh rate sampai 120HZ, touch sampling rate 240Hz, DCI-P3 108%, kontras 10000:1, dE<1, 10-bit HDR, SDR2HDR, Corning Gorilla Glass 6.
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 855+
  • RAM: 12GB LPDDR4X
  • Penyimpanan: 512GB UFS 3.0
  • Baterai: 6000 mAh
  • Kamera Belakang: 48MP Sony IMX 586 + 13MP (125ยบ field of view)
  • Kamera Depan: 24MP
  • Audio: Dual front-facing speaker dengan DTS-X Ultra, colokan 3,5 mm, quad mics dengan noise cancellation.
  • Konektivitas nirkabel: Wi-Fi, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.0, GPS, NFC.
  • Colokan:
    • Samping: Konektor kustom (USB 3.1 gen 2, Quick Charge 3.0, 30W HyperCharge
    • Bawah: USB Type-C (USB 2.0, Quick Charge 3.0)
  • Sensor: Accelerometer, e-compass, proximity sensor, Hall sensor, ambient light sensor, gyroscope, 2 x ultrasonic AirTrigger sensors. sensor sidik jari di layar.