ASUS Zenfone 6 Resmi Rilis dengan Kamera Flip-top

#DefyOrdinary

Foto: ASUS

ASUS Zenfone 6 resmi diumumkan di sebuah acara bertajuk “Defy Ordinary” di kota Valencia, Spanyol. Salah satu hal paling menarik dari ponsel terbaru ASUS ini adalah hadirnya kamera flip-top.

Selama ini, secara umum memang nama ASUS kurang bergaung di jagat smartphone. Walau begitu, perusahaan asal Taiwan ini cukup sukses menggebrak dengan beberapa ponsel “khusus”. Seperti ROG Phone untuk game, dan lini Zenfone Max Pro M di kelas menengah.

Tentu saja, untuk bisa lebih mencuri perhatian, ASUS butuh sesuatu yang unik. Bagaimanapun, merk ponsel lain juga berlomba menawarkan keunikan masing-masing.

Di sinilah smartphone baru ASUS Zenfone 6 masuk. Setelah melalui berbagai proses, akhirnya smartphone unggulan ini diumumkan.

Penampilan Lebih Khas

Penampilan ASUS Zenfone 6
Penampilan ASUS Zenfone 6

Sekilas, kalau dilihat dari depan, ponsel ini mungkin terlihat sama dengan yang lain. Terutama yang memakai kamera pop-up. Layar penuh tanpa notch, juga bingkai yang tipis alias bezel-less.

Namun, kalau dilihat dari belakang, kita akan melihat desain yang berbeda dengan ponsel umumnya. Di bagian atas ada kamera ganda dengan lampu kilat di tengah, sensor sidik jari dengan bentuk agak elips, dan merk ASUS dengan tampilan baru.

Dari sisi desain bagian belakang ini, ASUS berhasil memisahkan dirinya dari desain ponsel lain. Yah, biasanya desain bagian belakang hampir pasti mirip iPhone atau paling tidak mirip Huawei seri P.

Apakah desain ini layak diacungi jempol? Untuk sementara, dari sisi estetika, boleh lah kita puji. Paling tidak ada usaha tampil beda.

Kamera Flip-top

Kamera ASUS Zenfone 6 (Foto: Richard Lai / Engadget)

Kamera ganda yang ada di ASUS Zenfone 6 ini adalah kombo kamera 48MP (f/1,79, laser focus) dan kamera 13MP ultra-wide (125º), dengan tambahan lampu kilat dual-LED. Kamera ini bisa merekam video sampai kualitas 4K (dengan 60fps di kamera utama) dan video slo-mo sampai 720p@480fps.

Kamera ini disebut flip-top karena bisa membalik ke atas, sehingga menghadap ke depan. Ya, kamera ini juga menjadi kamera depan alias kamera selfie. Jadi, kualitas foto selfie akan sama seperti foto biasa.

Modul kamera ini terbungkus oleh material yang disebut ASUS sebagai “liquid metal“. ASUS menyebutkan materi ini lebih ringan dan lebih kuat dari stainless steel.

Lalu, jika dalam posisi terbuka ponsel jatuh, kamera secara otomatis akan kembali ke posisi asal (terlipat). Mekanisme kamera flip-top ini sudah melalui uji coba sampai 100.000 kali gerakan.

Spesifikasi ASUS Zenfone 6

Smartphone baru ASUS ini memiliki spesifikasi seperti ponsel flagship pada umumnya. Ada chipset Snapdragon 855, RAM sampai 8GB, memori internal sampai 256GB, dan baterai 5000mAh dengan Quick Charge 4.0.

Selain itu, ada pula kelengkapan lain, seperti: Slot untuk dual nano SIM dan microSD (sampai 1TB, bukan hybrid), Wi-Fi, GPS, Bluetooth 5.0, NFC, colokan USB type-C, dan colokan audio 3,5mm.

Sedangkan layarnya adalah layar IPS LCD 6,4 inci FHD+ 2340×1080 dengan rasio 19,5:9. Walau “hanya” IPS, layar ASUS Zenfone 6 mendukung tampilan HDR10. Oya, layar ini dilindungi dengan Gorilla Glass 6.

Smartphone ini akan hadir dengan sistem operasi Android 9 Pie dengan ZenUI 6.

ASUS Zenfone 6 mulai tersedia di Eropa segera setelah rilis ini dengan harga mulai dari €499. Negara lain akan segera menyusul. Kalau penasaran, silakan kunjungi situs resminya.

%d blogger menyukai ini: