Baca Komik Online Di Mac? Coba Manga Train

baca komik online mac

Kami pernah membahas aplikasi untuk baca komik di Windows, juga untuk di handphone. Tidak ada salahnya dong kalau kali ini membahas salah satu aplikasi baca komik online di Mac?

Kebetulan saat artikel ini ditulis, ada aplikasi yang terhitung baru. Jadi saya putuskan untuk mencobanya. Nama aplikasi itu adalah Manga Train.

Saat pertama kali membuka aplikasi ini, Manga Train meminta kita memilih bahasa. Untuk sementara ini baru ada bahasa Inggris dan Italia. Setelah itu, aplikasi meminta kita memilih kategori yang kita suka (minimal satu).

Begitulah, ketika masuk ke halaman utama, langsung muncul banyak rekomendasi komik. Di sana ada saran berdasar komik yang punya bab baru, komik populer, berdasarkan kategori, dll. Di bagian atas kita juga bisa melihat beberapa kategori yang sudah kita pilih.

pilihan komik online
Jendela utama aplikasi Manga Train

Mirip seperti aplikasi baca komik online lain pada umumnya, saat kita memilih salah satu komik, akan terbuka jendela dengan informasi mengenai komik tersebut. Kita bisa mulai membaca (dari bab 1), atau memilih bab yang akan kita baca dari tombol bab.

Tampilan saat membaca komik boleh dibilang tidak berbeda dengan aplikasi lain. Ada navigasi untuk memilih bab, ada fungsi zoom halaman, dll. Karena ini di Mac, kita juga bisa melakukan navigasi dengan gestur jari ala Mac.

Secara keseluruhan, penggunaan aplikasi ini cukup standar. Yang menarik, aplikasi ini sudah mendukung dark theme. Di samping itu, saya punya sedikit catatan.

Pertama, tidak ada sumber informasi komik online. Jadi kita tidak tahu apakah komik favorit kita ada atau tidak. Yah, memang ada fungsi pencarian. Tapi kita tidak punya bayangan kelengkapan koleksinya. Saya menemukan ada beberapa komik yang terhitung baru belum tersedia. Tapi kalau komik yang kamu baca adalah manga populer, saya kira bukan masalah.

Baca komik online di Mac dengan Manga Train

Kedua, Manga Train menggunakan sistem jendela dari pada tab atau halaman. Walau di satu sisi cukup efisien untuk memilih komik, di sisi lain desktop kita jadi penuh dengan jendela aplikasi yang terbuka. Ada sih pilihan untuk menyembunyikan jendela lain saat membaca. Namun kelihatannya akan lebih halaman dengan tombol ‘Back to Manga Info’ atau ‘Back to Main Page’.

Sekali lagi, saat artikel ini ditulis, Manga Train masih terhitung baru. Jadi mungkin bisa dimaklumi kalau ada beberapa hal yang belum ideal. Toh menurut saya aplikasi baca komik online untuk Mac ini boleh kamu coba.

Download Manga Train