Tips Baca Manhwa Mangatoon di PC dan Smartphone

Kamu pengguna baru aplikasi Mangatoon? Jika iya, kamu mungkin perlu tahu tips baca manhwa Mangatoon di PC dan smartphone ini.

Selama masa pandemi, pengguna aplikasi baca komik mengalami peningkatan. Tidak heran sih, mengingat membaca komik sangat seru dan tidak jarang, visual karakter yang ditampilkan sangat ciamik.

Salah satu aplikasi baca komik yang mulai dilirik banyak orang adalah Mangatoon. Berbeda dengan Webtoon yang berisi manhwa asal Korea Selatan, Mangatoon menyajikan manhwa asal China. Visualnya pun lebih tajam.

Buat kamu pengguna baru Mangatoon dan bingung bagaimana cara pakai aplikasi ini, tenang. Kamu bisa temukan tips baca manhwa Mangatoon di PC dan smartphone di sini.

Tips Baca Mangatoon di PC dan Smartphone

Baca Mangatoon di PC

Untuk membuka Mangatoon versi PC, kamu bisa kunjungi laman ini. Koleksi manhwa, novel dan anime di versi web memang sama seperti di aplikasi.

Tapi biasanya kamu hanya bisa membaca beberapa episode. Selanjutnya jika ingin membaca episode yang lebih lengkap, kamu akan disarankan untuk mengunduh aplikasi Mangatoon di Play Store atau App Store. Jadi kali ini saya akan membahas sedikit saja soal versi web.

Menemukan Genre

Saat pertama kali masuk web, kamu akan disuruh memilih bahasa yang ingin digunakan. Setiap bahasa yang kamu pilih akan menampilkan manhwa, novel atau anime yang berbeda (baik dari judul atau bahasa).

Menemukan Genre Manhwa Mangatoon

Untuk menemukan genre, pilih salah satu menu di layar paling atas. Sebagai contoh di sini saya pilih menu β€˜Komik.’ Setelah diklik, kamu bisa lihat kumpulan genre komik di samping label β€˜Genres.’

Kamu hanya perlu memilih salah satu genre yang ingin dibaca. Cara ini juga berlaku jika kamu ingin menemukan genre novel atau anime.

Menemukan Manhwa Sesuai Bahasa

Manhwa setiap bahasa memiliki koleksi yang berbeda-beda. Kalau kamu tidak puas dengan koleksi manhwa Bahasa Indonesia di Mangatoon, kamu bisa cari koleksi manhwa dari bahasa lain.

Menemukan Manhwa Sesuai Bahasa

Caranya mudah. Di laman apapun, kamu cukup klik bahasa di sebelah ikon cari (kaca pembesar). Setelah diklik, muncul berbagai jenis bahasa. Kamu tinggal pilih bahasa yang ingin dipakai, dan koleksi manhwa-pun akan berubah.

Cara Mengetahui Manhwa Favorit

Menemukan Manhwa Favorit

Ada dua cara untuk melihat koleksi manhwa favorit. Pertama, kamu bisa lihat kategori β€˜Terpopuler Komikku.’ Kedua, klik menu β€˜Komik’ di bagian atas layar. Di samping label Genres, klik β€˜Terpopuler.’

Baca Mangatoon di Smartphone

Menemukan Genre

Menemukan Genre Manhwa di Aplikasi Mangatoon

Untuk menemukan genre manhwa di aplikasi Mangatoon, kamu cukup klik menu β€˜Genre’ yang ada di bawah layar. Di situ kamu bisa menemukan berbagai genre seperti Fantasi, Romantis, Aksi, Tamat, Teen, Horor, dll.

Menemukan Manhwa Sesuai Bahasa

Berbeda dengan versi web, mencari manhwa sesuai bahasa di aplikasi letaknya di dalam Pengaturan. Tapi intinya sama. Kamu perlu mengganti bahasa lebih dulu, agar menemukan manhwa bahasa lain.

Menemukan Manhwa Sesuai Bahasa
  • Klik menu β€˜Profil’ di bawah layar.
  • Klik ikon β€˜Pengaturan (roda bergerigi)’ di sudut kanan atas layar.
  • Tap menu β€˜Bahasa’
  • Pilih bahasa sesuai keinginan kamu.
  • Jika sudah, klik tombol β€˜Setuju.’

Jika ingin mengembalikan manhwa ke Bahasa Indonesia, kamu cukup mengulangi cara di atas.

Cara Mengetahui Manhwa Favorit

Menemukan Manhwa Terfavorit

Mengetahui manhwa favorit sangat mudah. Kamu cukup klik menu β€˜Genre.’ Lalu klik genre β€˜Terpopuler.’ Di sana kamu dapat menemukan deretan manhwa terpopuler Mangatoon.

Menemukan Manhwa yang Sedang Trending

Oya, kalian juga bisa mencari manhwa yang sedang trending. Caranya buka laman β€˜Beranda.’ Kemudian klik menu β€˜Ranking > Trending.’

Cara Mendapatkan Poin

Mangatoon memang menyajikan manhwa gratis. Tapi biasanya, ada beberapa episode yang hanya bisa dibuka dengan poin. Untuk mendapatkan poin, buka layar β€˜Beranda’ dan klik menu β€˜Pusat Misi.’

Mendapatkan Poin di Aplikasi Mangatoon

Nah di laman ini kalian bisa melihat deretan misi yang bisa diselesaikan. Setiap misi memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Namun poin yang ditawarkan juga seimbang.

Kalau sudah menyelesaikan misi, kalian bisa klaim poin di laman ini. Selain langsung dipakai untuk membuka episode, poin yang terkumpul juga bisa ditukar dengan Voucher Baca. Apa bedanya poin dengan Voucher Baca.

Poin hanya bisa dipakai membuka episode selama 72 jam. Sedangkan Voucher Baca bisa dipakai membuka episode permanen. Jadi kalian bisa membaca episode itu berulang-ulang.

banner cybersport
%d blogger menyukai ini: