Backup WhatsApp Segera Dapat End-to-End Encryption

whatsapp backup encryption

Akhirnya WhatsApp menerapkan End-to-End Encryption (E2EE) pada backup datanya. Dengan begitu, cadangan data percakapanmu akan jadi lebih aman di penyimpanan cloud.

Obrolan di WhatsApp memang sudah mendapat perlindungan enkripsi sejak lama. Tidak seperti Telegram yang harus menggunakan Secret Chat terlebih dulu.

Namun, sebelum ini cadangan data WhatsApp belum mendapat perlindungan enkripsi seperti itu. Kita bersandar pada keamanan dari layanan cloud Google Drive (Android) dan iCloud (iOS) untuk cadangan data itu.

Tapi untungnya hal itu akan segera berubah. Sudah sejak lama pengguna meminta WhatsApp menerapkan E2EE pada backup data, dan kini permintaan itu dikabulkan.

E2EE Pada Backup WhatsApp

Tim WhatsApp sudah memberi konfirmasi akan fitur keamanan ini. Mereka bahkan menjelaskannya melalui blog Facebook Engineering.

Mereka menyebutkan kalau WhatsApp membuat sistem enkripsi khusus agar bisa berfungsi baik di Android maupun iOS. Kalau enkripsi cadangan data WhatsApp aktif, maka aplikasi akan membuat kunci 64-digit. Pengguna bisa memilih menyimpannya sendiri atau menyimpannya dengan password.

Jika pengguna membutuhkan cadangan data itu, mereka bisa mengaksesnya dengan memasukkan kunci 64-digit tersebut. Apabila pengguna memilih cara dengan password, maka password akan membuka penyimpanan kunci, kemudian kunci akan membuka End-to-End Encryption backup WhatsApp.

WhatsApp menyebutkan kalau fitur enkripsi untuk cadangan data ini akan meluncur bagi pengguna di Android dan iOS pada beberapa minggu mendatang.

Tentu ini berita baik. Dengan adanya End-to-End Encryption (E2EE) pada backup WhatsApp, pengguna bisa merasa lebih tenang lagi. Ya kan?

%d blogger menyukai ini: