Bagaimana Melakukan Kalibrasi Kompas Di Ponsel

aplikasi kompas windows phone
Anom Penulis

Saat kamu menggunakan aplikasi yang menggunakan penunjuk arah, pasti sebelumnya akan diminta untuk melakukan kalibrasi kompas digital (kadang disebut juga e-compass) yang ada di ponsel kamu. Pada tiap aplikasi biasanya ada petunjuk cara melakukannya, yaitu dengan menggerakkan ponsel membentuk angka 8. Tapi bagaimanakah sebenarnya gerakan tersebut? Berikut ada sedikit tips dari kami bagaimana melakukan kalibrasi kompas digital.


Baca juga: Menggunakan Location Sharing di WhatsApp


Kalibrasi Kompas Digital dengan Gerakan Angka 8

Supaya benar-benar jelas, mari kita mulai dari titik nol.

  1. Nyalakan ponsel kamu (thank you, Captain Obvious!)
  2. Pastikan kalau kamu tidak berada di dekat benda yang memiliki medan magnet.
  3. Buka aplikasi yang menggunakan penunjuk arah (misalnya yang sudah disebut di atas)
  4. Cari tombol untuk melakukan kalibrasi (kalau belum dikalibrasi, biasanya ada notifikasi), tap.
  5. Akan ada pemberitahuan untuk melakukan gerakan angka 8 horizontal (seperti simbol tanpa akhir atau infinity). Nah, perlu diperhatikan di sini bahwa gerakan angka 8 tersebut, BUKANLAH gerakan datar (layar selalu menghadap ke atas). Tapi gerakan membantuk angka 8 yang 3 dimensi. Maksudnya adalah posisi ponsel berubah mengikuti alur angka 8 tersebut. Jadi, posisi layar tidak selalu di atas. Kuncinya adalah di pergelangan kita (ada gerakan memelintir).
  6. Selesai. Seharusnya sekarang kompas digital di ponsel kamu sudah terkalibrasi dan aplikasi penunjuk arah sudah berfungsi.

Mungkin lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut. Perhatikan posisi layar ponsel. Oya, posisi ponsel di tengah (layar menghadap depan) adalah posisi awal dan akhir. Saat digerakkan dan ponsel menghadap belakang (mulai di gambar di bagian kanan dan kanan-atas lingkaran), ketika melewati tengah, ponsel tetap menghadap belakang (gambar ponsel yang transparan).

kalibrasi kompas handphone

Apakah ada yang kesulitan dengan cara tersebut? Jangan kuatir. Ternyata masih ada cara lain untuk melakukan kalibrasi kompas digital. Cara yang ini memerlukan sedikit kesabaran. Karena harus dilakukan dengan perlahan dan tidak terhenti.


Baca juga: North: Aplikasi Arah Mata Angin Windows 10


Cara Alternatif Kalibrasi Kompas Digital

  1. Lakukan langkah 1-4 dari petunjuk di atas (kalau percobaan pertama gagal, matikan dulu ponsel kamu, dan nyalakan ulang).
  2. Posisikan ponsel menghadap ke atas, dan putar perlahan dengan titik tengah layar sebagai poros  (seperti gerakan jarum jam). Lakukan putaran tersebut minimal 3 kali.
  3. Putar ponsel perlahan dengan titik atas-bawah ponsel sebagai poros (seperti gerakan berguling ke kiri atau kanan). Lakukan putaran ini juga minimal 3 kali.
  4. Putar ponsel perlahan dengan titik kanan-kiri sebagai poros (seperti gerakan salto ke depan atau belakang). Lakukan putaran ini juga minimal 3 kali.
  5. Selesai.

Mari kita lihat gambar. Harap perhatikan bahwa gerakan yang harus dilakukan adalah gerakan 1, 2 dan 3. Gambar ponsel di bawahnya hanya sebagai pelengkap ilustrasi posisi ponsel dilihat dari sisi lain.

kalibrasi kompas digital

Sekali lagi, pastikan kalau kamu tidak berada di dekat benda yang memiliki medan magnet. Sebagai contoh: kita berada di tempat dengan konstruksi besi, berada di dekat barang elektronik, berada di dekat perabot besi, di stasiun kereta, atau ada benda-benda seperti pengunci magnet pada tas.

Bisa kami tambahkan bahwa melakukan kalibrasi ini gampang-gampang susah. Tidak sedikit yang mengeluh kalau kompas digital ini sulit dikalibrasi atau malah salah arah. Walau begitu, kalibrasi kompas digital ini patut dicoba. Karena siapa tahu kamu berkunjung di kota yang masyarakatnya menggunakan patokan arah angin sebagai panduan.

Selamat mencoba!

    %d blogger menyukai ini: