Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Bagaimana Memberikan Feedback Windows 10 Mobile yang Baik

Anom Penulis

Windows 10 Mobile Inside Preview (sebelumnya kami menyebutnya Windows 10 Mobile Technical Preview) sudah sampai di build 10512. Kaum Insider sudah melangkah cukup jauh. Sudahkah kita memberikan feedback Windows 10 Mobile?

Microsoft membuat program Windows Insider dengan tujuan supaya Windows 10 bisa memiliki fungsionalitas yang lebih. Dengan demikian, tentunya memenuhi keinginan penggunanya. Di program Insider, kita akan menggunakan sistem operasi yang masih dalam tahap pengembangan, dan bisa memberi masukan agar sistem operasi tersebut dikembangkan dengan baik.

popculture.id

Ada beberapa hal yang perlu diingat sehubungan dengan memberi masukan alias feedback. Pertama, ekosistem Windows terdiri dari banyak hal. Mulai dari tampilan, aplikasi, sampai kesalahan yang terjadi di sistem operasi itu. Kedua, Windows 10 digunakan di berbagai perangkat. Ketiga, pengguna Windows berasal dari seluruh dunia.

Untuk itu, memberikan masukan atau feedback untuk Windows 10 Mobile harus dilakukan dengan baik.

  • Gunakan aplikasi feedback yang ada di Windows 10 Mobile Insider Preview.
  • Cari kategori yang sesuai dengan masukan–baik saran atau laporan kesalahan–dari daftar yang ada. Kalau tidak ada, cari yang mendekati.
  • Cari masukan sejenis menggunakan bilah pencarian. Kalau sudah menemukan masukan yang sama, dukung masukan itu (upvote). Masukan populer lebih mudah terbaca.
  • Gunakan bahasa Indonesia yang baik. Hindari penggunakan bahasa slang atau singkatan.
  • Kalau masukan berupa laporan kesalahan, sertakan keterangan spesifikasi, dan bagaimana hal itu terjadi secara runut. Sertakan pula screenshot kesalahan. Atau gunakan fitur rekam jejak yang ada di aplikasi feedback.

Harap diingat bahwa aplikasi feedback akan mengirim masukan itu secara anonim (bukan Anom 😀 ), alias tanpa identitas pengguna. Karena aplikasi feedback dilihat oleh banyak pengguna lain, jangan sertakan informasi identitas pribadi.

Jangan memberi keluhan tanpa alasan yang jelas. Apalagi hanya menulis “Error, gan… Bapuk banget. Mending juga platform tetangga”. Faktanya, kalau kita bisa memberikan masukan melalui aplikasi feedback, kita sedang menggunakan platform Windows, dan sedang menggunakan sistem operasi yang belum sempurna alias sedang dikembangkan, dengan kesadaran penuh. Toh Microsoft juga sudah memberikan peringatan sebelum kita masuk ke program Insider.

 

Untuk kalian pengguna Windows Phone 8.1 (atau versi di bawahnya) alias yang tidak menjadi anggota program Insider, silakan gunakan forum uservoice Windows Phone.

Hanya saja, karena forum itu tidak sebaik aplikasi feedback, silakan gunakan bahasa Inggris. Tentunya agar lebih mudah dipahami dan mendapat dukungan dari pengguna lain. Tata caranya tidak berbeda dari yang saya sebut di atas.

Jadi, silakan beri masukan yang baik. Minta fitur dan tampilan yang kalian inginkan, beri alasan yang jelas. Beri kritik pedas, dengan informasi yang detil. Semoga Windows 10 Mobile bisa menjadi lebih baik.

Tambahan: Silakan baca juga artikel Di Balik Layar Feedback Windows Insider untuk bisa lebih memahaminya.

 

    %d blogger menyukai ini: