Bagaimana Memilih Aplikasi Terbaik dari Bursa

memilih aplikasi

Bagaimana memilih aplikasi terbaik? Bisa jadi pertanyaan itu terdengar cukup janggal. Namun, di dunia digital yang penuh dengan berbagai aplikasi, hal itu sangatlah relevan.

Apalagi saat ini ada begitu banyak aplikasi untuk berbagai layanan atau juga game di berbagai platform. Ya tentu saja kita akan mencari aplikasi tertentu di platform yang kita gunakan. Tapi tidak sedikit aplikasi yang menawarkan layanan yang sama atau mirip. Begitu juga dengan game. Terkadang, hal seperti itu cukup membingungkan.

Untuk itulah, kami mencoba memberikan sedikit tips bagaimana memilih aplikasi yang terbaik untuk digunakan. Bagaimana pun, itu juga yang sering kami lakukan sebagai situs gaya hidup digital.


Baca juga: Aplikasi Keyboard Terbaik untuk Android dan iOS


1. Sebisa mungkin unduh aplikasi dari bursa resmi

Kedengarannya klise. Tapi paling tidak bursa resmi seperti App Store, Play Store, Windows Store memiliki sistematika untuk menyaring aplikasi atau game. Sistematika inilah yang menjamin bahwa aplikasi tersebut aman untuk digunakan.


2. Baca deskripsi dan informasi teknis

Kedengarannya membosankan. Tapi hal ini akan memberikan berbagai informasi pada kita. Misalnya: Untuk apa aplikasi yang bersangkutan, fitur apa saja yang ada, data apa saja yang akan digunakan oleh aplikasi, berapa ukuran aplikasi, apa syarat minimum supaya aplikasi bisa berjalan, kapan terakhir aplikasi diperbarui, dll.

Dari informasi tersebut kita bisa melihat kesesuaian aplikasi atau game dengan kebutuhan dan kesukaan kita. Kita juga bisa melihat keseriusan developer dalam mengurus aplikasi atau aplikasi miliknya.

Hal ini juga termasuk membaca Kebijakan Pribadi dan Ijin Aplikasi.


3. Lihat rating dan baca review

Kedua hal ini merupakan jawaban paling mudah untuk pertanyaan bagaimana memilih aplikasi terbaik. Hampir semua orang tahu. Tapi kadang, masih saja kita melupakan detilnya.

Dengan melihat rating, kita bisa melihat penilaian dari pengguna aplikasi tersebut. Jangan lupa lihat juga berapa jumlah orang yang memberikan rating (dari bintang lima sampai bintang satu). Karena hal itu bisa memberikan gambaran yang lebih utuh.

bagaimana memilih aplikasi terbaik melalui rating

Review biasanya bersifat lebih personal. Dengan membaca review, kita bisa melihat kesan dari pengguna lain. Apa yang mereka sukai, dan apa yang mereka benci. Jangan lupa melihat review berdasar urutan terbaru.

Yang menarik dari rating dan review, kita juga bisa melihat apakah developer dari aplikasi atau game tersebut rajin menjawab permasalahan atau tidak. Kalau ia kerap menjawab pertanyaan atau keluhan dengan baik, bisa dianggap ia serius menggarap aplikasinya. Memang dalam berapa sisi hal ini bukan jaminan. Perusahaan besar, misalnya, tidak terlalu sering menjawab keluhan di bursa (mungkin ada forum lain untuk itu, seperti UserVoice).


Baca juga: 5 Program Audio Editor Gratis Pilihan


4. Lihat siapa penerbit atau pengembang aplikasi

Kalau bicara game, kita mungkin sudah mengenal nama-nama seperti Square Enix, Gameloft, Rovio, King, dll. Dalam benak kita sudah terbayang bagaimana game yang mereka terbitkan. Kita juga sudah tahu bagaimana kualitas game dari mereka.

Itulah gambaran pentingnya melihat siapa yang merilis sebuah aplikasi atau game. Lihat aplikasi atau game apa saja yang sudah dirilis oleh pengembang tersebut. Lihat juga bagaimana rating dan review aplikasi lainnya.

Hal ini akan menjadi lebih penting kalau kamu mengunduh aplikasi bukan dari bursa resmi.


5. Lihat ulasan di internet

Cari di internet berita atau ulasan mengenai aplikasi yang bersangkutan. Ada banyak ulasan aplikasi atau game tersedia. Misalnya–ahem–di sini. Bandingkan ulasan tersebut dengan review di bursa. Karena terkadang, penulis suka berkorespondensi dengan pengembang aplikasi. Jadi siapa tahu ada informasi lebih.

Cara lain yang cukup mirip, tanya temanmu yang banyak menggunakan aplikasi. Siapa tahu ia pernah menggunakan (atau masih menggunakan), dan bisa memberikan gambaran jelas.


6. Coba aplikasi atau game itu (cari versi trial)

Kalau kamu tidak mendapat gambaran yang cukup, satu-satunya jalan adalah mencoba aplikasi itu. Beberapa aplikasi komersial memberikan versi percobaan. Sehingga kamu bisa melihat lebih dulu bagaimana performa aplikasi tersebut. Kalau tidak puas, uninstall saja.

Kalau kamu tidak percaya, cari alternatif aplikasi atau game lain yang sejenis.


Berdasarkan cara memilih aplikasi di atas, kalau kamu memiliki pengalaman dengan sebuah aplikasi atau game, jangan lupa beri rating dan review di bursa. Selain membantu pengguna lain, kamu bisa juga mendapat bantuan atas keluhanmu dari pengembang aplikasi tersebut. Kalau kamu tertarik dengan review atau ingin berbagi pengalaman dengan lebih intensif, boleh juga jadi penulis tamu di sini. 🙂

 

Ada komentar?