Bagaimana Mengutip Pesan WhatsApp

whatsapp for windows phone

whatsapp for windows phone

Sekarang WhatsApp versi terbaru sudah mendukung fitur mengutip pesan (quote). Sebuah fitur yangΒ  menurut saya sangat fungsional. Apalagi kalau kita ngobrol di grup.

Kalau sedang ramai, obrolan di grup seringkali memusingkan. Kadang susah membedakan siapa membalas pesan siapa atau pesan yang mana. Dengan fitur ini, kita bisa mengutip pesan, dan mengomentarinya. Teman yang lain pun bisa memahami isi pesan. “Oh, si Agus membalas pesan si Susi yang ini”.

Yang perlu diperhatikan, aslinya istilah yang digunakan adalah “membalas pesan” (reply specific message), bukan mengutip (quote). Jadi, jangan mencari istilah quote. Di satu sisi, istilah “membalas pesan” ini agak rancu di aplikasi messenger. Toh kalau chatting isinya memang saling membalas pesan. πŸ˜€

[junkie-tabs] [junkie-tab title=”Tips WhatsApp lain”]

[/junkie-tab] [/junkie-tabs]

Cara membalas pesan tertentu di WhatsApp

  1. Tekan dan tahan (tap + hold) pesan yang ingin dibalas/dikutip.
  2. Setelah itu akan muncul pop-up context menu dengan pilihan: star, reply, copy, delete, forward, message [nama teman]. Pilih reply (kalau di Android ikon reply).
  3. Pesan yang dibalas/dikutip akan muncul di atas kolom isian pesan. Ketik balasanmu di kolom tersebut, dan tekan tombol kirim (send). Kalau kamu mau membatalkan tekan tanda silang di sebelah kanan (atau kanan atas).
  4. Pesanmu akan terkirim beserta kutipan dari pesan yang kamu balas tadi (letak kutipan di bagian atas, pesanmu di bagian bawah).

mengutip pesan whatsapp

Nah, demikianlah cara mengutip pesan WhatsApp. Fitur ini bisa digunakan baik di percakapan personal, maupun grup. Fitur ini juga sudah tersedia hampir di semua aplikasi WhatsApp versi terbaru, baik di iOS, Android, atau Windows Phone. Sayangnya, belum tersedia untuk versi web dan desktop. Namun bisa dipastikan kehadirannya akan segera menyusul. Semoga dengan tips ini, obrolan di WhatsApp jadi lebih jelas. Yang pasti, ngobrol nggak perlu pake sensi. Ya toh? πŸ˜€

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.