Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Bagaimana Menyimpan Riwayat Percakapan WhatsApp

whatsapp for android
Anom Penulis

Kali ini kami mau membahas tips bagaimana menyimpan riwayat percakapan WhatsApp sebagai file teks. Hal ini layak diketahui mengingat jaman sekarang banyak hal penting dibahas melalui aplikasi chatting ini. Harap diperhatikan bahwa tips ini adalah tips untuk Whatsapp Windows Phone.

Sebelum masuk ke masalah ekspor riwayat percakapan ini, ada beberapa hal yang patut diketahui. Pertama, kita bisa mengarsipkan (archive) dan mencadangkan (backup) percakapan WhatsApp. Kedua, WhatsApp secara otomatis akan mencadangkan percakapan setiap pukul 4 pagi. Ketiga, kita bisa memulihkan riwayat percakapan tersebut kalau kita melakukan instalasi ulang WhatsApp. Hal yang disebutkan tadi memang memudahkan dan membuat hidup lebih indah. Jempol.

popculture.id

Tapi, permasalahan timbul ketika kita berganti nomer handphone. Karena WhatsApp menggunakan nomer handphone sebagai identitas, maka nomer baru akan memulai semuanya dari baru. Artinya kita tidak bisa memulihkan percakapan dari akun WhatsApp yang lain.

Lalu bagaimana dengan percakapan penting yang sudah dilakukan di nomer lama/lain? Solusinya adalah menyimpan percakapan WhatsApp tersebut sebagai teks dan mengirimnya lewat email.

Cara Menyimpan Riwayat Percakapan WhatsApp Melalui Email

  1. Buka percakapan yang ingin disimpan (bisa personal atau grup).
  2. Tap ikon (More). Pilih ‘Info’ (untuk personal) atau ‘Group Info’.
  3. Sekali lagi tap ikon (More). Pilih ‘Email chat history’.
  4. WhatsApp akan membuka halaman share, dan kita bisa memilih layanan email yang kita gunakan.
  5. Riwayat percakapan WhatsApp akan dimasukkan sebagai lampiran (attachment) dengan format teks (.txt).
  6. Kirim email tersebut ke alamat email yang kamu inginkan (ya, saya sudah mencoba mengirim dan menerima dengan alamat email yang sama, dan berhasil).

Kalau ingin membaca transkrip riwayat percakapan tersebut, tinggal download dan buka dengan aplikasi seperti notepad, wordpad, atau aplikasi lain yang mendukung format .txt. Transkrip tersebut akan berisi urutan percakapan dalam bentuk seperti ini:

02/03/1016 9:30:00 Anom Birowo: Hello world...
02/03/1016 9:30:06 Anom Birowo: Ini cuma sekedar contoh saja.

Sayangnya, oh sayangnya, saat ini WhatsApp belum mendukung penyimpanan riwayat media sebagai attachment di email. Walau sebenarnya cukup dipahami mengingat ukuran file bisa cukup besar.

Kemudian, setelah sekarang WhatsApp mendukung fitur menandai percakapan (star message), sebenarnya akan lebih mudah kalau daftar percakapan yang ditandai ini bisa disimpan melalui email. Namun saat ini hal tersebut juga belum bisa dilakukan.

Nah, begitulah cara menyimpan riwayat percakapan WhatsApp sebagai file teks melalui email. Kalau memang beberapa kontak atau grup penting, jangan lupa membuat cadangan seperti ini. Siapa tahu, suatu saat dibutuhkan.

    %d blogger menyukai ini: