Bagimana Bila File di Komputer Tak Sengaja Terhapus? Segera lakukan Tips ini !

pexels-photo-313690

Menghapus file secara tak  sengaja seringkali terjadi. Entah itu gara gara tak sengaja menekan tombol delete, atau bisa juga karena salah pilih file untuk dihapus.

Mungkin, sebagian besar dari kita pernah mengalaminya, Apakah itu termasuk kalian juga? Mudah-mudahan saja tidak ya guys.

Sebenarnya file yang telah terhapus, bisa saja kembali dipulihkan atau dimunculkan. Jadi jangan khawatir file kamu pasti kembali jikatau cara-caranya.

Namun bagi kalian yang belum mengetahui cara mengambalikan file yang tak sengaja dihapus, kalian wajib menyimak tips-tips dibawah ini.

Dijamin cara ini dapat mengambalikan filemu yang telah terhapus, tidak sabar ingin mempratikkannya? Yuks langsung saja intip tips berikut.

Cek Recycle bin

Sumber Gambar: TekRevue

Sebagian besar orang tidak menyadari bahwa ada dua cara mengapus file , yaitu menghapus secara permanen dan menghapusnya untuk sementara, atau lebih tepatnya ‘membuang’ file tersebut ke tempat sampah.

Jika kamu tak sengaja menghapus file, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memeriksa recycle bin. Sebab, bisa saja file tersebut tidak terhapus secara permanen, melainkan ada di recycle bin.

Nah, jika benar filemu memang ada di recycle bin  langkah yang harus kamu lakukan adalah mengklik kanan di bagian file tersebut, lalu pilih restore.

Kemudian lihat dibagian awal filemu tersimpan, maka filemu akan kembali lagi seperti semula tanpa kekurangan satu apapun.

Restore previous versions

Sumber Gambar: Windows 7 Forums

Jika langkah sebelumnya tidak membantu dan gagal mengembalikan filemu seperti semula, kamu dapat membuka folder, di mana file tersebut awalnya berada.

Klik kanan pada folder tersebut, kemudian pilih opsi “Restore previous versions”. Dengan begitu, kamu dapat membawa kembali isi folder tersebut dari tanggal sebelum file itu terhapus.

Menggunakan backup file

Sumber Gambar: Ledakan Lemon

Jika kamu tipe orang yang begitu rapi dan teratur, mungkin kamu akan menyimpan cadangan filemu kedalam hard drive atau setidaknya membuat libraries sendiri, jika hal itu benar kamu lakukan, besar kemungkinan filemu teramankan disana.

Langkah cepat yang harus kamu ambil adalah dengan memulihkan file tersebut.Namun jika kamu tidak membackup file-filemu sebelumnya, maka sudah saatnya kamu menjadikannya sebuah pelajaran untuk kedepannya.

Program file recovery

Sumber Gambar: Lifewire

Cara ini merupakan yang paling terakhir, jika tiga cara sebelumnya tidak ada yang berhasil sama sekali, maka cara yang satu ini jalan satu-satunya yang wajib kalian coba.

Mencoba program file recovery bukanlah hal yang sulit, sebenarnya cara ini umumnya sangat mudah untuk dipraktikan. Dan lebih menariknya lagi program file recovery ini banyak tersedia secara gratis.

Bukan itu saja, ternyata program file recovery ini bersifat portable, artinya kamu tak perlu lagi repot-repot menginstalnya di komputer sebelum mengoperasikannya. Karena program ini bisa langsung digunakan setelah di download.

Program file recovery ini juga dapat kalian unduh di komputer lain, andaikan kalian sedang berada di luar rumah.

Kalian dapat mengunduhnya kemudian kemudian menyimpannya kedalam flasdisk. Setelah sampai dirumah kalianbisa menjalankan program ini dari flashdisk tanpa harus dipindahkan dulu ke komputer.

Sifatnya yang portable memang sangat memudahkan penggunanya. Dengan cara ini 90% file yang telah terhapus bisa kamu pulihkan kembali.

So, kalian mau mencoba cara yang mana guys? Agar tak terjadi hal-hal yang tidak kalian inginkan, alangkah baiknya untuk lebih berhati-hati saat menggunakan komputer.

Untuk lebih aman lagi, silahkan buat cadangan file-filemu ya. Selamat mencoba.

Ada komentar?