Aplikasi ShareIt Android Punya Bahaya Keamanan & Belum Dibenahi

Untuk kamu yang memakai aplikasi ShareIt untuk mengirim file antar perangkat, hati-hati. Ada laporan menyebutkan kalau aplikasi ShareIt Android memiliki bahaya keamanan yang rentan dan belum dibenahi.

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi transfer file antar perangkat yang populer. Di Google Play Store, ShareIt sudah diunduh oleh lebih dari 1 milyar pengguna Android. Menurut App Annie, aplikasi ini juga termasuk satu dari 10 aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia pada tahun 2019.

Laporan ini datang dari Trend Micro, perusahaan keamanan terkenal. Mereka menyebutkan kalau rentannya aplikasi bisa dipaksa untuk membocorkan data pengguna dan disusupi perintah tanpa ijin ShareIt.

Padahal jika melihat ijin pemakaian di perangkat berdasar Play Store, aplikasi ShareIt bisa mengakses semua penyimpanan dan media, kamera, mikrofon, juga lokasi. Aplikasi juga bisa menghapus aplikasi lain, berjalan sejak ponsel dinyalakan, membuat akun dan password, dan berbagai tindakan lainnya.

Trend Micro menemukan bahwa ShareIt tidak berusaha membatasi akses aplikasi dari akses pihak ketiga. Jadi penyerang bisa membuat berkas palsu dan mengganti berkas yang awalnya akan masuk untuk mengeksekusi perintah.

Bahaya lainnya adalah ShareIt punya game store yang bisa mengunduh data melalui koneksi HTTP yang tdak aman. Hal ini rentan disusupi “di tengah jalan.” Saat ini koneksi internet lazimnya berjalan di HTTPS yang lebih aman.

Trend Micro menyebutkan kalau mereka sudah melaporkan bahaya aplikasi Android ini ke pihak ShareIt. Mereka memutuskan membuka kasus ini ke publik setelah 3 bulan (yang sekarang terjadi). Sayangnya, pihak ShareIt belum memberi respon.

%d blogger menyukai ini: