Bikin Kanker! Ini 4 Bahaya Menaruh HP di Dekat Kepala Pas Tidur

Indri Penulis

Apa saja bahaya menaruh HP di dekat kepala saat tidur? Banyak banget guys, salah satunya bisa timbulkan kanker. Cek di sini deh buat tahu detilnya.

Hayo.. Siapa nih yang punya kebiasaan menaruh HP di samping kepala pas tidur? Hm, saya yakin pasti mayoritas dari orang yang baca artikel ini pasti pernah melakukan aktivitas tersebut.

Sebenarnya nggak heran kalau kebanyakan orang sering menaruh HP di samping kepala saat tidur. Pasalnya hal tersebut akan memudahkan mereka mengecek jam atau notifikasi HP segera setelah bangun tidur.

Enak sih, tapi tahu nggak? Ternyata menaruh HP di dekat kepala saat tidur bisa timbulkan bahaya yang serius mulai dari tumor, kanker, hilang fokus, dll lho. Kamu bisa baca ulasan di bawah biar tahu penjelasan lebih lengkapnya.

Susah Tidur

Tahu nggak sih, cahaya biru yang dipancarkan oleh HP ternyata bisa menghambat produksi hormon melatonin, hormon yang berfungsi untuk mengatur pola tidur.

Sementara itu, cahaya biru dari HP akan memancarkan gelombang panjang seperti saat siang hari. Gelombang ini akan ditangkap otak kita, lalu otak dan tubuh kita bakal berpikir kalau keadaan masih siang hari (padahal sudah malam). Hasilnya produksi hormon melatonin bakal terhambat dan kita jadi susah tidur.

Ganggu Konsentrasi

Perlu kamu tahu, semua jenis HP dapat memancarkan radiasi elektromagnetik (mau HP jadul atau smartphone). Efek radiasi ini dapat memperburuk kualitas tidur dan membuat aliran darah menjadi tidak maksimal.

Makanya jangan heran kalau pas pagi-pagi, kamu sering merasa kurang konsentrasi atau bahkan hilang fokus. Hati-hati, bisa jadi itu disebabkan gara-gara radiasi yang dipancarkan HP ke tubuhmu. Kalau hal tersebut sering terjadi, jelas bakal bikin hidupmu repot. Apalagi kalau esoknya kamu mau ujian atau kerja.

Bisa Bikin Kebakaran!

Aktivitas menaruh HP di bawah bantal saat tidur adalah kebiasaan banyak orang. Bahkan mungkin bagi sebagian orang, aktivitas semacam ini lazim-lazim saja untuk dilakukan.

Tapi mungkin kamu belum tahu efek serius yang ditimbulkan kalau sering menaruh HP di bawah bantal. Jadi ternyata menaruh HP di bawah bantal bisa menimbulkan kebakaran lho.

β€œAh masa sih? Aku tiap hari taruh HP di bawah bantal, aman-aman aja tuh?”

Hm, memang sih nggak semuanya menimbulkan kebakaran. Tapi mungkin kamu belum tahu, di luar sana sebenarnya ada banyak kasus di mana orang me-charge HP semalaman dan menaruhnya di bawah bantal. Nggak lama kemudian, muncul lah percikan api hingga timbul kebakaran.

Kalau dilogika, saat kita me-charge HP, perangkat tersebut pasti akan cepat panas. Ya kan? Apalagi kalau HP ditutup dengan bantal, selimut atau bahan tebal lainnya. Jelas bakal tambah panas dong. Nah hal inilah yang kadang bisa bikin HP terbakar dan mungkin bisa meledak.

Ganggu Sel Otak

Nah efek yang terakhir ini nggak boleh disepelekan! Pasalnya berdasarkan penelitian dari World Health Organization (WHO), radiasi yang dipancarkan HP dapat berpengaruh terhadap susunan syaraf manusia.

Apa efeknya? Nggak main-main guys, lama-kelamaan bisa menumbuhkan tumor dan kanker dalam tubuh manusia (hi ngeri banget!). Kasus semacam ini sangat rentan terjadi pada anak-anak, pasalnya kulit kepala dan tengkorak mereka jauh lebih tipis dibanding orang dewasa.

Makanya, mulai dari sekarang mending taruh jauh-jauh HP dari kepala pas tidur deh. Soalnya efeknya benar-benar nggak main-main.

Itu tadi beberapa efek negatif yang ditimbulkan jika menaruh HP di dekat kepala saat tidur. Nah pertanyaannya sekarang, bagaimana cara mengatasi dampak negatif dari menaruh HP di dekat kepala pas tidur?

Cukup mudah. Usahakan untuk menyimpan HP jauh dari tempat tidur. Selama tidur, ganti HP ke mode pesawat atau kalau mau dimatikan juga tambah oke. Selain itu, biasakan jangan main HP di atas jam 10 malam biar tidurmu lebih tenang. Terakhir, kamu bisa coba matiin HP 30 menit sebelum tidur, supaya kualitas tidurmu jadi lebih baik.

Gimana, gampang kan? Masalah seperti ini nggak boleh disepelekan lho. Apalagi kualitas tidur dapat mempengaruhi kondisi tubuhmu esok dan seterusnya.

    %d blogger menyukai ini: