Bahaya Mengangkat Telepon Dari Nomor Tidak Dikenal

Aplikasi chatting yang ada saat ini memang belum bisa menyaingi peranan telepon, walaupun kini telah ada banyak aplikasi chatting yang bisa menawarkan fungsi panggilan telepon ke kalian, namun layanan telepon secara langsung dengan menggunakan nomor telepon jauh lebih stabil dan bisa diandalkan, dibandingkan saat telepon menggunakan aplikasi chatting.

Mungkin ketika orang tidak online aplikasi chatting, maka kalian tidak akan bisa menghubunginya. Berbeda jika kalian menghubungi orang lain menggunakan nomor telepon. Maka asalkan smartphone mereka tidak dinonaktifkan, maka bisa tersambung ke telepon.

Tapi sayangnya, semakin banyak orang yang menyalahgunakan fungsi telepon.

Apakah selama ini kalian pernah menerima panggilan telepon dari nomor tidak dikenal? Atau mendapatkan SMS dari nomor tidak dikenal yang mengaku sebagai orang tua atau keluarga kalian yang minta dikirim pulsa karena sekarang tengah berada di kantor polisi? Pastinya pernah bukan? Sebaiknya jangan asal mengangkat telepon dari nomor tidak dikenal ya atau jangan langsung membalas SMS dari nomor tidak dikenal itu.

Nah kami akan berikan beberapa ulasan mengenai bahaya mengangkat telepon dari orang yang tidak dikenal.

Sumber gambar: Pricebook

Pencurian Informasi

Apa kalian pernah mendapatkan telepon yang mengaku bahwa mereka itu berasal dari layanan penyedia kartu kredit atau semacamnya? Nah mereka ini biasanya mengaku dari pihak partner yang bisa memberikan kartu khusus. Tapi anehnya, mereka nanti juga akan meminta nomor kartu kredit serta CVC milik kalian. Selain itu, ada beberapa orang yang menanyakan informasi orang terdekat serta informasi tentang kalian. Lalu apa sebenarnya tujuan itu? Tentu saja mereka tengah mencuri informasi kalian untuk melakukan aksi penipuan guys.

Rawannya Penipuan via Telepon

Sebenarnya tidak cukup lewat SMS saja guys. Beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab saat ini bahkan telah banyak yang melakukan penipuan dengan menggunakan panggilan telepon. Mereka biasanya saat melancarkan aksi akan membuat percakapan seprofesional mungkin. Bahkan mengaku-ngaku jika punya kantor juga. Tujuannya sudah jelas bukan, untuk memancing korban ke tempat mereka nantinya. Ngeri juga ya.

Sekali Kalian Angkat, Nomor Akan Disimpan

Kini telah ada banyak penjahat yang secara sengaja mengacak nomor telepon untuk dapat mencari target. Sekali kalian mengangkat telepon dari nomor yang tidak jelas, maka nomor kalian nanti akan mereka simpan. Lalu, kedepannya mereka mungkin akan menghubungi kalian lagi dengan berbagai modus baru yang menjanjikan. Nah oleh karena itu, sikap waspada memang harus selalu kalian jaga ya.

Nah untuk menanggulangi penipuan lewat telepon, kami akan berikan kalian tips untuk mencegah penipuan lewat telepon. Untuk mengatasi hal tersebut, kalian bisa coba hal berikut ini:

Sumber : Buzz South Africa

  • Install aplikasi TrueCaller. Aplikasi ini bisa kalian gunakan di smartphone. Fungsinya adalah untuk bisa menampilkan setiap ID dari nomor yang melakukan panggilan ke smartphone kalian.
  • Nah, jika kalian memang sudah terlanjur mengangkat telepon dari nomor yang tidak dikenal itu. Maka yang bisa kalian lakukan adalah dengan menanyakan terlebih dahulu identitas penelepon. Tapi, yang perlu kalian ingat adalah jangan dengan mudahnya menjawab pertanyaan dari mereka. Terlebih jika pertanyaan tersebut sudah mulai merujuk ke informasi-informasi yang menurut kalian mencurigakan guys.

Nah initinya, kami berharap kalian bisa lebih bijak dalam mengangkat panggilan telepon maupun SMS terlebih dari nomor yang tidak dikenal guys. Jangan sampai nanti kalian kena tipu oleh orang yang tidak bertanggung jawab semacam itu ya.