Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Inilah 7 Bahaya Smartphone Bagi Anak Usia Dibawah 12 Tahun

Indri Penulis

Tidak ada yang melarang memberikan smartphone kepada anak. Namun yang harus diingat adalah, dampak penggunaan smartphone terhadap anak.

Smartphone memang memberikan beberapa manfaat bagi anak. Namun benda tersebut juga dapat memberikan dampak negatif untuk anak.

popculture.id

Dampak negatif akan dirasakan anak terlebih jika mereka dibekali smartphone saat usia masih dibawah 12 tahun. Hal ini dapat menghambat tumbuh kembang anak.

Akademi Dokter Anak Amerika dan Perhimpunan Dokter Anak Kanada menegaskan, bahwa anak umur 0-2 tahun sama sekali tidak boleh terpapar teknologi.

Sementara anak umur 3-5 tahun dibatasi penggunaan teknologi, yaitu hanya satu jam setiap hari. Sedangkan untuk anak umur 6-18 tahun dibatasi hanya 2 jam sehari.

Anak maupun remaja yang menggunakan teknologi melebihi batas waktu yang dianjurkan, mempunyai resiko kesehatan serius yang dapat mematikan.

Berikut beberapa bahaya penggunaan smartphone pada anak di bawah umur 12 tahun:

Sumber Gambar : FirstCry Parenting

Tumbuh Kembang yang Lambat

Smartphone sebenarnya bisa membatasi gerak fisik anak. Inilah yang membuat tumbuh kembang fisik anak jadi terhambat.

Paparan teknologi sejak dini bisa mempengaruhi kemampuan literasi, serta prestasi akademik anak ke arah negatif.

Mengganggu Pertumbuhan Otak

Sebenarnya pada usia 0-2 tahun, otak anak bertumbuh dengan cepat hingga dia berusia 21 tahun. Dan perkembangan otak anak sejak dini dipengaruhi oleh stimulasi lingkungan.

Stimulai berlebihan dari smartphone ke otak anak yang sedang berkembang, bisa menyebabkan keterlambatan kognitif, gangguan dalam proses belajar, tantrum, hingga menurunnya kemampuan anak untuk mandiri.

Kurang Tidur

75% anak usia 9-10 tahun saat ini kerap mengalami gangguan tidur. Hal ini disebabkan penggunaan teknologi tanpa pengawasan.

Kekurangan tidur bisa berdampak buruk pada nilai sekolah mereka. Otak akan berkembang dengan baik ketika tidur. Oleh sebab itu, anak butuh tidur yang cukup supaya otak mereka dapat berfungsi dengan baik.

Sifat Agresif

Konten yang ada dalam media sosial dapat dengan mudah diakses anak. Hal ini sebenarnya bisa menimbulkan sikap agresif kepada anak.

Kekerasan fisik dan seksual kini marak beredar di internet. Dan jika tidak dilakukan pengawasan, maka anak dapat terpapar semua hal negatif tersebut.

Inilah yang akhirnya memicu timbulnya perilaku agresif, serta cenderung menyerang orang lain yang dilakukan oleh anak.

[irp posts=”56498″ name=”Pantau Tontonan Anak Melalui Aplikasi YouTube Kids”]

Kelainan Mental

Penelitian yang dilakukan oleh Bristol University pada tahun 2010 mengungkapkan, bahaya penggunaan smartphone pada anak bisa meningkatkan resiko gangguan kecemasan, depresi, autisme, kurang atensi, kelainan bipolar, dan kelainan mental lainnya.

Kecanduan

Pada saat orang tua terlalu bergantung dengan teknologi, maka merka akan semakin jauh dengan anak. Dan untuk mengisi kekosongan ikatan dengan orang tua, anak akhirnya mencari hiburan dari smartphone.

Karena kegiatan inilah yang akhirnya membuat anak kecanduan teknologi. Kini banyak anak yang sudah tidak bisa dipisahkan dengan smartphone. Mereka akan gelisah jika tidak ada smartphone di sampingnya.

Radiasi Emisi

Pada bulan Mei 2011, WHO memasukkan smartphone dalam kategori Resiko 2B (penyebab kemungkinan kanker). Hal karena radiasi emisi yang dikeluarkan oleh alat tersebut.

Anak lebih sensitif dengan radiasi dibanding orang dewasa. Sebab otak anak dan sistem imun mereka masih berkembang. Jadi, kita tidak bisa mengatakan resiko ke anak sama dengan orang dewasa,” kata James McNamee dari Lembaga Kesehatan Kanada.

Memberikan smartphone ke anak memang jalan paling mudah untuk membuatnya diam. Dengan begitu, kita tidak perlu repot menjaga anak.

Namun setelah mengetahui bahaya penggunaan smartphone ke anak di bawah umur 12 tahun, tentu kita tidak ingin membiarkan tumbuh kembang anak terganggu karena paparan teknologi berlebihan bukan?

    %d blogger menyukai ini: