Balmuda Phone: Ponsel Android Unik dari Jepang

Sebuah perusahaan produsen perlengkapan rumah tangga di Jepang membuat ponsel Android yang berbeda dengan tren saat ini. Ponsel Android itu bernama Balmuda Phone.

Yah, memang sudah tidak aneh kalau sebuah perusahaan perlengkapan rumah tangga membuat ponsel. Misalnya Samsung yang juga memproduksi kulkas, TV, dll. Begitu juga Xiaomi yang awalnya cuma membuat ponsel, kini merambah ke produk lain (termasuk produk Xiaomi yang aneh).

Jadi mungkin tidak mengherankan kalau perusahaan perlengkapan rumah tangga ini juga membuat ponsel. Perusahaan itu bernama Balmuda. Yang juga menjadi nama ponsel tersebut.

Desain Berbeda

Nah, yang paling menarik dari Balmuda Phone ini adalah rancangan bentuk dan ukurannya. Di tengah maraknya ponsel berukuran besar yang berbentuk kotak, Balmuda menghadirkan sesuatu yang berbeda.

Ponsel ini berukuran relatif kecil, yaitu dengan layar 4,9 inci. Sehingga dimensi seluruh ponsel berukuran 123mm x 69mm x 13.7mm. Mungkin hampir setara dengan iPhone SE (2020) yang punya layar 4,7 inci.

Hal menarik lain yang ada di Balmuda Phone adalah bentuknya yang membulat. Hampir tidak ada garis lurus di bodi ponsel ini. Termasuk bodi bagian belakang yang melengkung.

balmuda phone

Situs resmi menyatakan (dalam bahasa Jepang) “Balmuda Phone dirancang dengan bentuk yang secara natural pas di tangan. Untuk mencapainya, tidak hanya bagian belakang yang melengkung, tapi juga bentuk yang ketika dilihat dari depan memperlihatkan lengkungan halus — bahkan layarnya. Dengan kata lain, Balmuda Phone adalah satu-satunya ponsel dengan proporsi tanpa garis lurus.”

Spesifikasi Mumpuni

Sebagai ponsel yang berukuran kecil, layarnya hadir dalam kualitas FHD (1920×10800). Namun sebagai konsekuensi ukuran kecil itu, kapasitas baterainya tidak besar. Hanya 2500mAh. Sekedar perbandingan, iPhone SE (2020) punya baterai berkapasitas 1821mAh).

Di samping itu, spesifikasi internal ponsel ini cukup lumayan. Chipset-nya adalah Snapdragon 765, RAM 6GB, dan kapasitas penyimpanan 128GB. Yah, khas ponsel kelas menengah.

Sementara itu, di bagian belakang ada satu kamera 48MP, lampu kilat LED, tombol power yang juga sekaligus sensor sidik jari, dan speaker. Di bagian bawah ada colokan USB-C. Ponsel ini juga mendukung NFC dan sertifikasi IPX4 (tahan cipratan air).

Akankah Berhasil?

Melihat desain ponsel ini, kita mungkin teringat akan smartphone 10 tahun lalu. Yaitu ketika berbagai perusahaan masih menghadirkan beragam bentuk. Yah, saat ini semuanya lebih terlihat seragam. Baik dari bentuk dan ukuran.

Memang ponsel ini baru tersedia di Jepang saja, dan mungkin tidak akan tersedia secara global. Namun sangat menarik melihat ada perusahaan masih berusaha menghadirkan ponsel kecil dengan bentuk unik.

Apakah laku atau tidak, tentu jadi permasalahan berbeda. Kelihatannya semua orang sudah terbiasa dengan ponsel besar. Bahkan Apple pun kabarnya berniat menghentikan iPhone mini.

Tapi, kalau ada ponsel seperti Balmuda Phone ini tersedia, apakah kamu berminat membelinya?

%d blogger menyukai ini: