5 Barang Wajib untuk Digital Nomad

Saat ini, semakin banyak tren perusahaan yang mengizinkan karyawannya untuk bekerja di luar kantor. Kita bisa melihat beberapa perusahaan besar atau startup yang menjalankan hal ini.

Perusahaan sekelas Automattic, pembuat platform WordPress bahkan tidak memiliki kantor sama sekali. Semua karyawannya bekerja di mana pun tempat yang mereka sukai.

Selain tren bekerja di luar kantor, saat ini tren anak muda untuk memilih bekerja sebagai freelancer juga semakin banyak.
Maka tidak heran jika saat ini makin banyak kafe yang bisa juga digunakan sebagai tempat kerja. Hal itu membuat semakin banyaknya tempat kerja bersama di Indonesia.

Saya menyebut mereka yang bekerja selalu berpindah-pindah dengan sebutan digital nomad, sebutan untuk seseorang yang bekerja menggunakan alat bantu teknologi berupa gadget dan bekerja dari mana saja.

Digital nomad sudah menjadi gaya hidup di beberapa negara maju, sepertinya di Indonesia tren tersebut juga akan segera populer.
Sebagai seorang digital nomad, kita perlu memperhatikan barang-barang yang digunakan, terutama untuk menunjang produktivitas kerja.

Oleh karena itu, kami mencoba merekomendasikan 5 barang wajib untuk kalian para digital nomad.

Laptop

Pertama, tentu saja laptop. Komputer jinjing ini adalah barang wajib yang harus kalian punya jika ingin menjadi digital nomad.
Memilih laptop untuk digital nomad tentu berbeda jika kalian ingin membeli laptop untuk keperluan kuliah atau kerja.

Selain performa dan daya tahan baterai yang baik, kalian juga harus memperhatikan dimensi dan berat dari laptop. Saran kami, pilihlah laptop dengan layar 13.3 inci dan berat yang kurang dari 1,8 kilogram.

Laptop yang bisa kalian pilih adalah MacBook Air atau ZenBook UX331UAL. Alternatif lain, kalian bisa pilih tablet seperti iPad Pro atau Microsoft Surface Pro.

Smartphone

Setelah menemukan laptop yang cocok, saatnya beralih ke smartphone. Selain untuk berkomunikasi baik telepon, SMS, chat, maupun e-mail. Smartphone memiliki fungsi lain sebagai gadget multimedia.

Sebagai digital nomad, kita harus pintar untuk memilih barang agar tidak terlalu banyak menghabiskan tempat di tas.

Untuk smartphone, saran kami pilihlah yang memiliki daya tahan baterai kuat dan kamera bagus. Tentu ini akan membuat kita lebih leluasa karena tak perlu membawa kamera SLR atau mirrorless untuk mengabadikan momen-momen yang terjadi saat kita berada di suatu tempat.

Huawei P20 Pro, ZenFone 5z, dan iPhone XS Max merupakan beberapa smartphone yang bisa kalian pilih.

Powerbank

Powerbank sudah menjadi sahabat sejati digital nomad. Tentu saja untuk memilih powerbank, kita juga harus memperhatikan aspek ergonomis.

Pilihlah powerbank yang bukan saja bisa digunakan untuk charge smartphone, tapi juga bisa digunakan untuk charge laptop.

Ada beberapa pilihan powerbank seperti itu, salah satunya adalah PD Smart Powerbank dari Micropack.

Tas

Saat memilih tas, sesuaikan dengan kebutuhan kalian. Apakah akan melakukan traveling pendek, menengah, atau panjang. Jika hanya melakukan traveling pendek, maka tas backpack standar juga sudah cukup.

Jika ingin melakukan perjalanan panjang, maka sesuaikan volume tas dengan barang-barang yang akan kalian bawa. Perhatikan sisi ergonomisnya juga. Itulah mengapa kita perlu memilih gadget yang sesuai dengan kebutuhan digital nomad agar tidak membuat tas kita menjadi bengkak.

Pakaian

Menjadi seorang digital nomad bukan berarti tidak bertemu dengan orang lain. Klien, teman, dan relasi juga kita perlukan. Untuk itu jangan abaikan penampilan kalian.

Memilih pakaian, itu selera masing-masing. Yang jelas, pastikan pakaian yang dikenakan cocok untuk digunakan baik untuk acara resmi atau santai.

Nah itulah kelima barang yang wajib kalian punya jika ingin menjadi digital nomad.

Beberapa barang di atas bisa kalian dapatkan di layanan e-commerce Indonesia, salah satunya adalah Shopee, tentunya dengan kualitas dan harga terbaik.

%d blogger menyukai ini: