Battle Bay: Game PvP Seru dari Rovio

game pvp battle bay

Battle Bay adalah sebuah game PvP yang sedang populer. Selain memiliki jaminan nama besar Rovio yang membuat Angry Birds, game Battle Bay sendiri memang seru.

Kita tahu kalau game PvP (player vs player) atau MOBA (multiplayer online battle arena) sangat digemari. Sistem klan dan perang antar pemain atau antar klan membuat sebuah game menjadi hidup. Battle Bay adalah jawaban Rovio terhadap tren ini.

UPDATE: Saya sudah melakukan lebih dari 9000 battle. Saya juga bermain dengan berbagai handphone: Moto E3 Power, Moto Z, Moto Z2 Play, Moto E4 Plus, Vivo V7+, dan Moto G5s Plus.

Gameplay Battle Bay

battle bay welcome

Seperti sudah disebut di atas, Battle Bay adalah sebuah real time multiplayer online battle arena game. Tepatnya, ini adalah game 5v5. Jadi pemain akan berperang sebagai bagian dari sebuah tim. Tim itu terdiri dari 5 orang pemain acak (2 orang dalam satu guild bisa fleet bareng).

Tiap pemain bisa memilih kapal berbeda. Pilihannya ada Shooter, Speeder, Enforcer, Defender, dan Fixer. Selain itu ada berbagai klasifikasi dan jenis senjata pula. Masing-masing bisa di-upgrade, dimodifikasi dengan perks, dll. Kita bisa memilih yang paling sesuai dengan gaya bermain.

Matchmaking battle (menentukan kawan dan lawan) ditentukan oleh infamy yang kamu miliki. Infamy sendiri merupakan hasil poin menang dan kalah (bertambah atau berkurang sekitar 23-25 poin).

Game ini mendapat kritik pedas untuk sistem infamy dan matchmaking tersebut. Tidak sedikit yang bilang game ini tidak seimbang di tiap battle. Bahkan kalau kamu lihat review di Play Store, ada yang bilang kalau battle di game ini sudah diatur.

[irp posts=”47998″ name=”Hero Meta Mobile Legends yang Sering Dipakai Sepanjang 2017″]

Kontrol Game

gameplay battle bay

Kontrol game Battle Bay pada dasarnya terbagi menjadi dua hal. Kontrol gerakan kapal dan kontrol meriam. Keduanya menggunakan virtual controller (joystick) di layar. Selain itu, ada dua tombol untuk memilih senjata yang aktif di sebelah kanan layar.

Setelah kamu bermain beberapa kali, kamu akan bisa merasakan bagaimana mengontrol dengan benar. Termasuk juga menyadari pengaruh kategori kapal dan kelas kapal (MK) terhadap kecepatan dan kelincahan gerak.

Namun, ada beberapa hal (bugs?) yang cukup mengganggu. Kadang joystick kapal suka tidak responsif. Saat kamu sedang menggerakkan kapal, kadang posisi joystick kembali ke tengah, dan yang bergerak adalah arah kamera (camera view).

Begitu pun dengan kontrol senjata. Kadang juga tidak responsif. Saat kamu menggeser joystick untuk membidik dan melepaskannya untuk menembak, serangan tidak terjadi. Jadi kamu harus mengulang lagi. Ini berarti kehilangan kesempatan emas.

Lucunya, joystick kapal berpengaruh pada joystick senjata. Saya sering memutar joystick kapal untuk mengembalikan posisi senjata, baru setelah itu tap joystick senjata untuk menembak. Selain itu, silakan coba memutar kapal ke kanan sambil memutar senjata ke kiri. Susahnya bukan main.

[irp posts=”50183″ name=”Main Arena of Valor di iPhone X? Lihat Dahulu Kekurangannya!”]

Pengalaman Bermain

kunci target game battle bay

Yang perlu saya sebut pertama kali di sini adalah game Battle Bay adalah permainan online dan real-time. Jadi kalau koneksi internet tidak memadai, permainan jadi kacau. Saya sempat mengalami koneksi down. Posisi kapal berlompatan, tembakan tidak sesuai, dll.

Kedua, game ini cukup membuat handphone saya hangat. Sebagai konsekuensinya, baterai cukup berkurang. Tentu saja hal itu terjadi selain karena grafis yang bagus dan aksi yang banyak, juga karena proses online (koneksi internet).

Ketiga, saya juga merasakan kalau matchmaking di game ini sering tidak seimbang. Baik dari sisi level kapal, (MK) dan jenis kapal yang ikut berperang. Entah berapa kali ada tim dengan 2 fixer, sementara tim lain tidak ada. Yah jika mau obyektif, kalau memang jago hal itu bukan masalah.

Saya juga bisa memahami kenapa ada yang bilang battle seperti sudah diatur. Seringkali battle berjalan tidak seimbang (baik menang maupun kalah), dan selesai dalam waktu cepat. Kalau sedang menang terasa mudah (pentakill!), dan kalau sedang kalah banyak kendalanya (hit tapi damage kecil, dll). Saya juga sering mengalami battle (menang atau kalah) dengan jumlah sisa pemain 5 – 0.

[irp posts=”36576″ name=”6 Game Mobile yang Asik dimainkan di Windows PC”]

Yah, Battle Bay adalah sebuah game yang kompleks. Saya berpendapat bahwa dari segi kontrol, game ini akan lebih seru kalau dimainkan dengan kontroler game ala konsol. Kemudian, jangan terlalu serius mengejar infamy. Nikmati saja tiap peperangan satu demi satu.

Secara keseluruhan, game Battle Bay adalah game PvP yang seru. Kalau kamu suka game MOBA, Battle Bay layak dicoba. Apalagi kalau kamu suka bergabung dengan komunitas. Silakan cek Battle Bay Indonesia di grup Facebook atau Battle Bay Indonesia di Discord.

Battle Bay bisa diunduh dan dimainkan secara gratis di Android dan iOS. Silakan kunjungi melalui tautan di bawah ini.

DOWNLOAD UNTUK ANDROID

DOWNLOAD UNTUK IOS

[wp-review id=”42436″]

More Stories
Inilah 4 Mod di Video Game yang Paling Absurd