Website untuk Belajar Mengetik Tanpa Melihat Keyboard

person using macbook air
Photo by Christina Morillo on Pexels.com
Anom Penulis

Seberapa cepat jari-jarimu menari di keyboard? Mungkin cukup cepat. Namun, bisakah kamu mengetik tanpa melihat keyboard dengan tepat? Seberapa cepat? Tidak semua orang bisa melakukannya.

Untuk sedikit konteks, sudah bertahun-tahun saya menulis di blog Urbandigital ini. Seharusnya, saya sudah jago mengetik. Tapi pada kenyataannya, saya kebanyakan masih mengetik dengan “11” jari alias cuma pakai telunjuk. Yah paling dengan beberapa jari lain untuk menekan tombol spasi atau ketika memencet shortcut.

Sampai suatu ketika saya berhadapan dengan laptop tanpa lampu backlit di keyboard, lampu mati, dan ada artikel yang harus saya kerjakan. Ini membuat saya sadar betapa lemahnya kemampuan mengetik saya. Karena proses jadi berjalan cukup lambat, hanya mengandalkan cahaya dari layar monitor.

Saya pun mencari bagaimana saya bisa belajar mengetik tanpa melihat keyboard. Untungnya, seperti saya sebut di atas, ada beberapa website yang bisa membantu.

Website untuk Belajar Mengetik

Yah, ada banyak website yang menawarkan latihan mengetik. Tapi saya hanya memilih dua website untuk belajar dan satu website untuk menguji kemampuan.

Tombol F dan J di keyboard biasanya punya tonjolan sebagai panduan untuk posisi jari telunjuk tangakan kanan dan kiri.

Ratatype

Yang menarik dari Ratatype adalah website ini mengajakmu berlatih dari yang paling dasar dan meningkat ke skill mengetik yang lebih canggih secara perlahan. Latihan kita lakukan dari mengetik huruf secara berulang beserta kombinasinya.

website belajar mengetik ratatype

Lalu kita bisa melihat seberapa cepat kita mengetik dan berapa banyak kesalahan atau koreksi yang kita buat. Terus terang, tantangannya cukup menarik. Bahkan dengan melihat keyboard pun sudah menantang. Apalagi kalau mengetik tanpa melihat.

Selain itu, Ratatype juga memiliki pelajaran soal mengetik, tes dan mengeluarkan sertifikat keahlian mengetik. Tapi sertifikat ini hanya tersedia untuk beberapa bahasa tertentu.

Kalau berminat, silakan kunjungi website Ratatype.

Keybr

Sama seperti Ratatype, Keybr juga memberikan latihan dengan mengetik huruf dan kombinasinya dalam beberapa tahap, dan semakin rumit. Kamu juga bisa melihat kecepatan dan kesalahanmu di sini.

Selain itu, Keybr juga menawarkan beberapa pengetahuan soal keyboard (termasuk tata letak huruf), tes mengetik, punya sisi permainan, dll. Namun, latihan dasar website ini sedikit di atas Ratatype.

Kalau mencoba, silakan kunjungi website Keybr.

Typelit

Typelit juga menawarkan latihan mengetik. Namun menurut saya, website ini lebih cocok untuk menguji kemampuan mengetik. Karena latihan yang ada bukan dari dasar. Typelit mengajak kita berlatih mengetik dengan mengikuti tulisan karya sastra.

Tapi justru itu yang membuat website ini menarik. Kalau kamu sudah berlatih di salah satu dari dua website yang saya sebut sebelumnya, kamu bisa mencoba membuktikannya di sini, dengan salah satu karya sastra yang ada. Hm, bayangkan saja kamu jadi George Orwell atau Charles Dickens.

Kalau kamu mau menjajal kemampuanmu, silakan kunjungi website Typelit.

    %d blogger menyukai ini: