Berapa Lama Sih Masa Pakai untuk Gadget Apple?

gadget Apple

Setiap pengguna gadget dengan brand apapun, pasti akan berpikiran tentang berapa lama perangkat mereka bisa bertahan. Mulai dari pengguna Android, Apple, dan beberapa merek smartphone maupun laptop terkenal lainnya. Terlebih Apple yang dikenal memiliki harga jual yang sangat tinggi. Namun sebenarnya masalah waktu bertahan sebuah perangkat ini menjadi salah satu faktor yang sangat mempertimbangkan seseorang untuk memilih gadget dengan tipe atau merek tertentu. Paling tidak mereka sudah memperkirakan berapa lama perangkat tersebut akan bertahan sebelum dipensiunkan dan diganti yang baru.

 

Dalam bahasan kali ini, coba kita bahas gadget milik Apple terlebih dahulu, ya. Sebut saja beberapa produk Apple seperti iPhone, MacBook, iPad, iMac, dan Apple Watch. Berapa lama sih waktu rata-rata untuk masa layak pakai gadget keluaran perusahaan asal California, Amerika Serikat, ini?

Ada beberapa perusahaan yang melakukan pengujian nih. Pihak Asymco dan Horace Dediu melakukan sebuah analisis industri tentang hal ini. Saat ini, ada sebanyak 1,3 milliar unit perangkat Apple yang masih aktif digunakan oleh pengguna di seluruh dunia. Jumlah ini bisa dibilang cukup akurat karena telah diungkapkan oleh pihak Apple sendiri di dalam laporan keuangan terbaru mereka.

Sedangkan jumlah perangkat Apple yang telah pensiun alias tidak dipakai lagi ada sebanyak 750 juta perangkat. Tentu hasil ini telah dikurangi dengan angka gadget yang saat ini aktif. Namun jumlah penjualan gadget Apple sendiri secara kumulatif ada sebanyak 2,05 unit hingga saat ini.

[irp posts=”47779″ name=”Kenapa iPhone Lemot? Apple Menjawabnya”]

Kemudian penjualan perangkat Apple ini jika dihitung dengan kumulatif mencapai 750 juta unit pada kuartal ketiga di tahun 2013. Jadi masa pakai tersebut diperkirakan antara saat ini dengan kuarta III tahun 2013 atau 17 kuartal tersebut. Jika dihitung angka, lebih tepatnya sekitar 4 tahun 3 bulan. Bisa disimpulkan sekitar 4 tahun 3 bulan lah rata-rata masa pakai beberapa jenis perangkat Apple ini bagi pemiliknya.

Biasanya setelah lewat dari waktu tersebut, maka perangkat tersebut biasanya akan dipensiunkan oleh para penggunanya. Caranya bisa beragam, mulai dari dijual, disimpan dan dibiarkan begitu saja, ada juga yang dibuang.

Dikatakan oleh pihak Dediu, perkiraan masa pakai untuk gadget Apple secara keseluruhan dan rata-rata. Sebenarnya angka breakdown per perangkat memang tidak bisa dicari secara pasti. Hal ini disebabkan karena pihak Apple yang tidak mau memberi tahu masalah masing-masing penjualan per kategori perangkat miliknya secara mendetail. Namun diperoleh sebuah fakta bahwa gadget milik Apple yang paling lama bertahan ialah iMac. Perangkat ini biasanya memiliki masa pakai yang jauh lebih lama dan panjang apabila disejajarkan dengan perangkat Apple lainnya.

Itu tadi penjelasan singkat tentang perkiraan masa pakai gadget milik Apple. Sebenarnya semua akan kembali kepada cara masing-masing pengguna dalam mengunakan dan merawat gadget tersebut.

Apabila kalian memang merawat gadget tersebut dengan lebih baik, maka bukan tidak mungkin jika gadget tersebut bisa awet dan bertahan lebih lama dari waktu perkiraan. Namun sebaliknya, jika kalian tidak bisa menjaga lebih baik, maka kemungkinan waktu pensiun gadget tersebut justru bisa lebih cepat dari waktu perkiraan.