Berbagai Perusahaan Teknologi yang Ikut Menyumbang Gempa Palu

Beragam bencana beberapa waktu lalu mengguncang Indonesia. Setelah beberapa bulan lalu gempa melanda Lombok, selang beberapa minggu kemudian menyusul kota Palu.

Gempa yang mengguncang di kota Palu menyebabkan tsunami. Selain menyebabkan banyak korban jiwa, gempa juga menyebabkan kerusakan parah dalam kota Palu dan sekitarnya.

Banyak infrastruktur yang hancur dan tidak dapat difungsikan. Selain itu warga juga dibayang-bayangi trauma dan kekurangan sandang pangan.

Hal ini lantas membuat banyak orang bersimpati, dan kemudian menggalang bantuan untuk korban bencana.

Bantuan yang terkumpul berasal dari berbagai kalangan. Dimulai dari warga Indonesia, relawan luar negeri, negara-negara sahabat, dan lain sebagainya.

Menariknya, gempa di Palu ternyata menarik simpati dari beberapa perusahaan teknologi. Beberapa perusahaan tersebut menyumbangkan dana untuk korban bencana Palu.

Sumbangan yang diberikan oleh perusahaan teknologi, tidak hanya berupa materi. Namun juga berbagai hal yang dapat membantu aktivitas selama masa pemulihan.

Sumber Gambar : CNBC

Berikut beberapa perusahaan teknologi, yang ikut memberikan donasi untuk korban gempa Palu:

Google

Perusahaan teknologi terbesar di dunia ini, menyumbang dana untuk gempa Palu sebesar 1 juta dollar AS, atau sekitar Rp 15 miliar.

Hal ini diketahui publik, setelah CEO Google, Sundar Pichai yang memposting sebuah tweet di akun media sosialnya.

We’re deeply saddened about the earthquake and tsunami in Indonesia – @googleorg and Googlers are donating $1M to support relief efforts, and we’ve activated our SOS Alerts to provide emergency info to those impacted.”

Hal tersebut langsung direspon positif oleh banyak orang. Banyak pula warga Indonesia yang mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Google.

Apple

Selain Google, rupanya perusahaan Apple juga ikut menyumbang donasi untuk gempa Palu. Diketahui Apple menyumbang donasi sama dengan Google, yaitu sebesar 1 juta dollar AS.

Layaknya Google, CEO Apple juga mempublikasikan hal ini di akun Twitter miliknya. Cuitan tersebut disertasi dengan ungkapan bela sungkawa, atas bencana gempa bumi yang terjadi di Palu.

Our hearts go out to the people of Sulawesi and all of Indonesia after this weekend’s devastating earthquake and tsunami. Apple is donating $1 million to aid relief efforts as this beautiful country starts to rebuild.

Hal ini juga direspon positif banyak orang, khususnya warga Indonesia. Seberapapun donasi yang disalurkan, hal tersebut pasti akan sangat membantu.

Xiaomi

Perusahaan yang terkenal dengan smartphone murah ini, rupanya juga ikut menyumbang bantuan. Bantuan tersebut disalurkan melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Perusahaan dari China tersebut, menyumbangkan makanan, obat-obatan, produk kebersihan seperti makanan bayi, biskuit, air bersih, serta kebutuhan powerbank.

Hati dan doa kami bersama dengan seluruh masyarakat yang mengalami dampak dari gempa bumi dahsyat dan tsunami di Palu dan Donggala,” ungkap Steven Shi, Country Manager Xiaomi Indonesia, dalam keterangan resminya.

Karena persediaan listrik yang belum maksimal, Xiaomi telah menyediakan sekitar 2.500 unit powerbank. Powerbank tersebut siap digunakan oleh relawan, keluarga, dan tim lokal di lapangan.

Dengan powerbank yang disediakan oleh Xiaomi, diharapkan tim di lapangan dapat tetap terhubung dan berkomunikasi dengan mudah.

[irp posts=”57898″ name=”3 Konsep Teknologi yang Bermanfaat untuk Mengurangi Kerusakan Gempa”]

VIVO

Sama dengan Xiaomi, VIVO rupanya juga bekerja sama dengan ACT untuk menyalurkan bantuan, untuk korban gempa Palu.

Jumlah donasi yang disumbangkan oleh VIVO sekitar 4 miliar. Hal ini diharapkan bisa meringankan beban, dan membantu kelangsungan hidup korban.

Donasi yang VIVO berikan tentu saja tidak bisa menggantikan dan kehilangan yang terjadi, namun VIVO merasa sangat perlu untuk mendukung program penanganan bencana, terutama untuk membantu kelangsungan hidup korban yang selamat.

Hal tersebut disampaikan oleh Edy Kusuma, General Manager Brand and Activation VIVO Indonesia. Edy memaparkan, bahwa bantuan dari VIVO secara khusus untuk korban Bencana.

Berbagai donasi yang diberikan oleh perusahaan teknologi tersebut, banyak mendapat respon dari masyarakat. Semoga dengan bantuan tersebut, bisa bermanfaat bagi korban bencana di Palu.

More Stories
Inilah Prediksi Teknologi 2019: Hilangnya Privasi dan Deepfakes