Berbagai Tips untuk Mengatasi Flashdisk Write Protected

Cara-Memperbaiki-Fashdisk-yang-Tidak-Bisa-Dibuka

Seperti yang kita ketahui, flashdisk sangat dibutuhkan orang dalam berbagai hal. Baik itu untuk backup data maupun untuk memindah file, dari satu media ke media lain.

Namun selama ini dalam penggunaan flashdisk, banyak pengguna yang diresakan dengan masalah. Salah satunya flashdisk not recognized, atau masalah flashdisk write protected.

Menyikapi berbagai masalah yang terjadi dalam penggunaan flashdisk, pada kesempatan ini kami akan berbagai tips, untuk mengatasi flashdisk write protected dengan mudah.

Selama ini tidak sedikit pengguna yang berkesimpulan, apabila flashdisk write protected berarti sudah rusak. Padahal sebenarnya masalah tersebut masih bisa ditangani dengan mudah.

Berikut beberapa cara untuk memperbaiki flashdisk write protected:

Menggunakan Registry Editor

Sumber Gambar : Catatan Mazz Anam

Cara pertama dalam mengatasi flashdisk write protected adalah menggunakan Registry Editor. Cara ini terbilang simpel dan mudah. Kalian tidak membutuhkan aplikasi tambahan.

Pertama, buka jendela Registry Editor, yaitu dengan ketik ‘Windows + R.’ Apabila sudah, lanjutkan dengan mengetik ‘regedit.’ Klik ‘Ok’ atau tekan tombol ‘Enter’ pada keyboard.

Setelah itu, lanjutkan dengan cari dan klik pada bagian ‘HKEY_LOCAL_MACHINE.’ Langkah berikutnya, cari dan klik menu ‘System.’

Pada bagian tersebut, klik menu ‘Control.’ Kemudian masuklah ke ‘StorageDevicePolicies.’ Carilah opsi ‘writeprotect.’

Klik kanan pada halaman tersebut, dan pilih menu ‘Modify.’ Kini ubahlah value dengan angka ‘0’ dan lanjutkan dengan klik ‘OK.’

Langkah terakhir, cabun Flashdisk dari port USB. Pasang kembali dan format flashdisk tersebut. Kini flashdisk sudah bisa dioperasikan kembali seperti biasa.

Menggunakan Aplikasi

Bila pada cara pertama kalian tidak membutuhkan aplikasi, maka dalam cara kedua dibutuhkan aplikasi tambahan.

Menggunakan aplikasi kerap dinilai lebih mudah, dan tidak terlalu banyak langkah yang harus dilakukan. Namun kalian harus mengunduh aplikasi terlebih dahulu. Berikut beberapa aplikasi yang bagus untuk mengatasi flashdisk write protected:

HP USB Disk Storage Format Tool

Sumber Gambar : YouTube

Ini adalah aplikasi yang bagus untuk mengatasi flashdisk write protected. Aplikasi HP USB Disk Storage Format Tool bisa digunakan dengan mudah.

Untuk menggunakan aplikasi tersebut, pengguna hanya perlu klik kanan. Pilih menu ‘Run as administrator.’

Selanjutnya, pilih flashdisk dan klik ‘Start.’ Jangan lupa untuk mencentang bagian ‘quick format’ atau ‘create a DOS startup disk using system files located at.’

Tunggulah proses tersebut sampai selesai. Aplikasi ini secara otomatis akan memperbaiki kerusakan yang terjadi dalam flashdisk.

Download

Fat32

Aplikasi Fat32 hanya dapat dijalankan pada PC atau laptop dengan sistem operasi Windows. Itu artinya, pengguna sistem operasi Linux maupun Mac tidak akan bisa menggunakan aplikasi ini.

Untuk menggunakan aplikasi ini, pastikan kalian sudah mengunduh aplikasi Fat32 terlebih dahulu. Setelah itu install aplikasi dalam PC atau laptop.

Bila sudah, pilih flashdisk yang bermasalah dan klik ‘Start.’ Setelah itu, Fat32 otomatis akan mengatasi masalah write protected pada flashdisk.

Download

BACA JUGA
Error Keyboard Saat Mengisi Daya Dengan USB

USB Write Protected

Aplikasi ketiga ini sangat mudah digunakan, dan hampir sama seperti Fat32. Pengguna hanya perlu beberapa kali klik, dan flashdisk dapat digunakan secara normal seperti biasa.

Pertama, install aplikasi pada PC atau laptop. Selanjutnya, klik kanan pada ikon aplikasi USB Write Protected. Klik menu ‘Run as administrator.’

Setelah itu, akan muncul beberapa pilihan. Pilih menu ‘USB Device Write Protection.’ Terakhir, klik ‘Disable’ pada bagian ‘USB Device Write Protection.’ Proses selesai dan kini flashdisk sudah bisa digunakan seperti biasa.

Download

Ada komentar?