Cara Bikin Shortcut Kontak WhatsApp di Beranda HP Android

Indri Penulis

Bikin shortcut WhatsApp ke beranda HP sangat mudah. Kamu bisa coba cara bikin shortcut kontak WhatsApp di beranda HP Android ini.

Sebagai pengguna WhatsApp, kamu tentu punya satu atau beberapa kontak khusus yang sering dihubungi kan? Nah kalau punya, mungkin kamu tertarik untuk menambahkan kontak WhatsApp mereka langsung ke layar beranda HP.

Emang bisa? Bisa banget. Buat yang belum tahu, WhatsApp Android sebenarnya punya fitur Shortcut. Fitur ini bisa kamu pakai untuk menambahkan shotcut/pintasan kontak tertentu di layar beranda HP. Fungsinya untuk memudahkan kamu menghubungi kontak tersebut, tanpa perlu mencarinya di dalam aplikasi WhatsApp sih.

Trik ini juga cocok buat anak/lansia yang baru belajar pegang HP Android. Tinggal klik shortcut kontak, mereka sudah bisa langsung menghubungi orang tua/anak.

Cara Membuat Shortcut WhatsApp di Android

Untuk membuat shortcut kontak WhatsApp di Android, caranya gampang. Kamu bisa langsung praktikkan langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Buka obrolan dengan kontak yang ingin kamu bikin pintasannya di layar HP.
  • Setelah itu klik ikon titik tiga di pojok kanan atas layar.
  • Pilih menu “More.”
  • Kemudian pilih menu “Add shortcut.”
  • Kamu bisa klik tombol “Add” untuk menempatkan shortcut di ke sembarang layar.
  • Atau kamu bisa tekan dan tahan ikon shortcut, untuk mengatur posisinya di layar yang kamu inginkan.

Oke jadi seperti inilah hasilnya. Setelah kamu klik shortcut tersebut, kamu akan langsung masuk halaman obrolan dengannya. Di sana kamu bisa mengetik chat seperti biasa, sampai melakukan panggilan suara/video.

Yah walaupun pintasan seperti yang ada di atas bisa lebih mempermudah kita untuk menghubungi kontak tertentu di WhatsApp, tapi sebenarnya pintasan seperti ini belum 100% ramah buat pengguna awam khususnya anak-anak/lansia.

Coba kalau misalnya WhatsApp menambahkan fitur shortcut khusus panggilan telepon/video. Mungkin ceritanya akan lebih berbeda. Dengan sekali klik, pengguna bisa langsung terhubung ke panggilan telepon/video ke orang yang dituju.

Apalagi kalau ukuran shortcut-nya bisa diperbesar/diperkecil. Dijamin pengguna khususnya dari kalangan lansia bisa mengaksesnya dengan mudah (kebanyakan lansia sudah tidak bisa melihat gambar/tulisan kecil dengan jelas). Fitur semacam itu jelas cocok banget buat anak-anak/lansia yang belum bisa menulis chat.Ya kan?

Hmmm yah semoga saja fitur seperti itu benar-benar ada buat WhatsApp. Biar WhatsApp lebih ramah pengguna. Setuju?

    %d blogger menyukai ini: