Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Bisakah Aplikasi Android Dipakai di Windows 10 Mobile?

android di windows phone
Anom Penulis

Jawaban singkatnya: Ya. Jawaban yang lebih tepat: Tidak semua aplikasi Android bisa dipakai di Windows 10 Mobile. Beberapa bermasalah, lainnya tidak bekerja sama sekali.

Sebenarnya, kabar soal install aplikasi Android di Windows Phone ini bukan berita baru. Semua berawal dari bocornya Project Astoria. Dokumentasi yang bocor itu memperlihatkan bagaimana nantinya aplikasi Android akan bekerja sebagai subsistem. Di sisi lain, membuka juga kemungkinan coba-coba bagi mereka yang penasaran.

popculture.id

Benar saja. Tak lama kemudian, berbagai komunitas Windows phone riuh dengan eksperimen instalasi aplikasi atau game Android di Windows 10 Mobile. Salah satu yang diduga merupakan hasilnya adlah game Clash of Clans.

Cara install aplikasi Android di Windows phone tidak semudah memencet tombol pasang (install). Dibutuhkan sedikit pengetahuan dan usaha. Itu pun belum tentu berhasil (aplikasi berjalan dengan baik).

Pertama, diperlukan berkas untuk proses instalasi (APK dan OBB), lalu ponsel yang digunakan harus berada dalam status developer unlock, kemudian proses instalasi dijalankan baik melalui ADB tool maupun GUI tool.

Disebutkan bahwa kalau aplikasi yang bersangkutan Google Play Service, kemungkinan besar tidak akan berjalan. Sedangkan kalau aplikasi tersebut tidak menggunakannya, masih bisa bekerja. Namun, tetap tidak ada push notification, tidak ada in-app purchase, dan tidak ada background service (bekerja di latar belakang).

Sudah cukup banyak aplikasi yang dicoba. Salah satu daftar aplikasi yang sudah dicoba bisa dilihat di Excel Online dari Reddit.

Selain itu, ada juga website yang menampilkan hal itu. Di samping daftar aplikasi atau game Android yang sudah dicoba di Windows 10 Mobile (build 10512), ada juga langkah-langkahnya.

Dari hal di atas, kita bisa membayangkan apa itu Project Astoria. Apa saja yang diimplementasikan oleh Microsoft agar aplikasi Android bisa bekerja sebagai subsistem. Termasuk mengalihkan Google Play Service dengan layanan dari Microsoft.

Nantinya, tidak semua aplikasi Android akan hadir di Windows Phone. Keputusan tetap berada di tangan developer aplikasi yang bersangkutan. Apakah ia ingin memanfaatkan Project Astoria untuk memasarkan aplikasinya di Windows, atau tidak. Dengan Project Astoria, Microsoft menyediakan cara yang lebih mudah.

Apakah sudah ada di antara kalian yang mencoba install aplikasi Android di Windows 10 Mobile? Apa aplikasi yang kalian coba? Lalu, bagaimana pendapat kalian tentang aplikasi Android yang bisa berjalan di Windows?

    %d blogger menyukai ini: