Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Blackmagic Mengumumkan Pocket Cinema Camera 6K

blackmagic pocket cinema camera

Pada tanggal 8 Agustus 2019, Blackmagic mengumumkan Pocket Cinema Camera 6K. Sebuah kamera genggam performa tinggi dengan sensor HDR Super 35, dynamic range sampai 13 stop, dudukan lensa EF, dan dual native ISO sampai 25600.

Blackmagic sendiri merupakan nama besar di dunia film. Selain menghasilkan perangkat kelengkapan syuting dan editing, Blackmagic Design juga terkenal dengan salah satu program editing video dengan kemampuan grading warna terbaik.

Sekilas Blackmagic Pocket Cinema Camera 6K

Blackmagic Pocket Cinema Camera 6K dirancang berdasarkan versi 4K yang sudah hadir terlebih dulu. Namun Blackmagic meningkatkannya dengan sensor Super 35 dengan resolusi 6K. Kamera ini pun bisa digunakan dengan berbagai lensa, seperti dari Canon, Zeiss, Sigma, dan Schneider.

Kamera ini dibuat dari bahan komposit polikarbonat dan dirancang untuk efisiensi penggunaan. Di bagian genggamannya, terdapat kontrol untuk rekaman, ISO, WB, dan shutter angle.

Tampak depan

Blackmagic menyebutkan kalau sensor kamera dirancang khusus untuk mengurangi gangguan termal. Dengan begitu bisa menghasilkan sisi gelap lebih bersih di gambar dan mencapai ISO lebih tinggi.

Sensor besar juga memungkinkan pengguna mengambil gambar dengan ruang tajam ekstra sempit dan menghasilkan efek bokeh lebih baik. Ukuran gambar yang besar juga mengijinkan pengguna untuk lebih leluasa melakukan editing di proses paska produksi.

blackmagic pocket cinema camera 6k
Tampak depan (dengan sensor)

Blackmagic juga menyebutkan beberapa hal menarik lain. Kamera ini memiliki dynamic range sampai 13 stop dan dual gain ISO sampai 24600. Hal ini memungkinkan pengguna menangkap gambar dengan lebih banyak detil dan warna namun di sisi lain mengurangi noise atau grain. Blackmagic bahkan menyebutkan kalau kamera ini bisa menghasilkan warna lebih dari standar DCI-P3.

Model 6K ini bisa merekam sampai 50fps pada besaran 6144×3456 16:9 atau 60fps pada 6144×2560 2,4:1 atau 60fps pada besaran 5744×3024 17:9. Selain itu bisa juga merekam dengan frame rate lebih tinggi, yaitu 120fps pada 2868×1512 17:9. Bahkan juga mendukung format anamorfik 6:5 dengan lensa sesuai pada kualitas 60fps di 3728×3104.

Siap untuk Proses Paska Produksi Profesional

Blackmagic menyatakan kalau kamera ini merekam dengan format standar industri. Termasuk 10-bit Apple Pro-Res sampai kualitas 4K dan 12-bit Blackmagic RAW sampai 6K.

Yang tidak kalah menarik, Blackmagic Pocket Cinema Camera 6K juga mendukung teknologi Generation 4 Color Science, sama seperti kamera sinematik kelas atas URSA Mini Pro G2. Teknologi ini menggunakan kurva gamma 12-bit untuk menangkap warna dari rentang cahaya paling cerah (highlight) dan paling gelap (shadow).

Kamera ini juga bekerja dengan berkas 3D LUT standar industri 17 dan 33 poin, atau pengguna bisa memilih LUT bawaan seperti Extended Video, Film to Video, Film to Rec.2020, dan lainnya.

Tampilan belakang

Blackmagic Pocket Cinema Camera memiliki media penyimpanan bawaan CFast dan SD UHS-II, juga colokan USB type-C untuk merekam ke memori eksternal. Pengguna bisa merekam 1 jam video berkualitas 6K di memori UHS-II berkapasitas 256GB.

Lalu, terdapat pula colokan HDMI yang mendukung HDR dan hasil 10-bit, konektor mini XLR, colokan audio 3,5mm, dan colokan daya dengan pengaman.

Tampilan samping

Walau memakai istilah pocket, kamera ini memang memiliki peforma tinggi kelas profesional. Jadi jangan heran kalau harga yang ditawarkan juga cukup tinggi.

Blackmagic Pocket Cinema Camera 6K memiliki harga sekitar $2495. Kamera ini tersedia melalui distributor Blackmagic Design di seluruh dunia. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi situs resmi Blackmagic Design.

More Stories
ASUS ROG
ASUS ROG Phone Akan Hadir di Computex 2018