Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Cara Blokir Aplikasi Agar Tidak Terhubung ke Internet di Windows

Cara Blokir Aplikasi Supaya Tidak Terhubung ke Internet di Windows

Suka bete nggak sih kalau aplikasi yang suka nyambung ke internet tanpa disuruh. Kadang saking keterlaluannya, aplikasi itu tak tanggung-tanggung menyedot data internet kita. Tentu ini masalah besar, dan aplikasi itu harus diberi pelajaran dengan cara blokir aplikasi agar tidak terhubung ke internet.

Sering juga pengguna dengan berbagai alasan ingin hanya sebagian saja yang dari aplikasinya yang nyambung ke internet, misalkan agar internetnya hanya fokus pada sebagian aplikasi saja. Dengan begitu internet kita lebih kencang, data kita pun lebih hemat.

popculture.id

Apa Sih Untungnya Blokir Aplikasi Terhubung ke Internet?

Jika ada aplikasi tertentu yang terkoneksi dengan internet tanpa sadar, akan memberikan suatu kerugian besar. Apalagi bagi kamu yang belum mengetahui aplikasi apa itu. Maka dari itu, beberapa informasi ini mungkin penting buat kamu.

Menghemat Kuota Internet

Bagi pengguna internet paket data yang berbatas, pasti merasakan penggunaan internet baginya. Internet yang non-unlimited memang seringkali berpikir tentang penghematan penggunaan internet.

Terlebih yang perangkatnya menggunakan Hotspot smartphone, pasti akan terbantu dengan fitur ini karena dapat menekan penggunaan data.

Memang sekarang banyak provider yang menyuguhkan data unlimited, namun tetap saja dengan batas FUP atau Fair Usage Policy yang artinya batas kebijakan penggunaan normal dalam menggunakan layanan internet.

Mempercepat koneksi

Gamers misal, pasti ingin koneksi yang ia terima hanya untuk game yang sedang dimainkan. Namun seringkali aplikasi atau software terkoneksi di belakang jendela utama. Sehingga koneksi internet terbagi dengan software tersebut.

Nah, untuk menyelesaikan masalah ini, kamu dapat mencoba fitur ini agar perangkat anda benar-benar fokus pada beberapa aplikasi prioritas.

Menghindari AutoUpdate atau Auto-Sync Aplikasi

Pengguna kadang memiliki alasannya sendiri untuk menghindari auto-update, atau auto-Sync. Misalkan agar menghindari penambahan kapasitas file, maka hal ini dapat diselesaikan dengan fitur ini.

Misalkan juga ada menggunakan aplikasi atau software bajakan atau crack, pasti pengguna akan mencoba untuk membatasi aplikasi tersebut untuk terhubung ke servernya.

Cara Blokir Aplikasi Terhubung ke Internet

Jika kalian hendak melakukan pembatasan internet pada suatu aplikasi, maka yang perlu diperhatikan adalah harus di-block inbound dan outboundnya. Dimana inbound berarti data yang diterima (receive) dan Outbound berarti data yang dikirim (upload / send).

Blok pada Inbound

  • Buka“Windows Defender Firewall” dengan ketik “wf.msc” di Run
  • Setelah masuk pada jendela Windows Defender Firewall, perhatikan sebelah kiri, cari “Inbound Rule”, klik kanan lalu pilih “New Rule”.
  • Pilih Program pada jendela Rule Type lalu klik Next.
  • Pada jendela Program, klik Browse pada sebelah kanan, lalu pilih aplikasi yang ingin di blok koneksinya. Perhatikan bahwa Anda harus lebih dulu tahu tempat aplikasinya berada.
  • Pada jendela Action, pilih Block the Connection
  • Pada jendela Profile, centang semuanya, baik Domain, Private, Public.
  • Beri nama pada kolom name dengan nama aplikasi tersebut, karena ini hanya untuk menandai. Jika sewaktu-waktu ingin membuka internet bagi aplikasi itu lagi, kita dapat dengan mudah menghapusnya.
  • Selesai.

Blok pada Outbond

  • Pilih “Windows Defender Firewall” dengan ketik “wf.msc” di Run
  • Setelah masuk pada jendela Windows Defender Firewall, perhatikan sebelah kiri, cari “Outbound Rule”, klik kanan lalu pilih “New Rule”.
  • Ikuti langkah-langkah pada blok pada Inbound di atas, karena langkah-langkahnya sama.

Selamat, dengan terselesaikannya cara blokir aplikasi terhadap penggunaan koneksi internet tersebut, kamu tak perlu kuatir lagi dengan aplikasi-aplikasi liar penghisap data.

    %d blogger menyukai ini: