Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Briefcase Menambah Jajaran File Manager Windows Phone

Anom Penulis

Files adalah aplikasi file manager bawaan Windows Phone. Di samping itu, masih ada beberapa aplikasi file manager alternatif lain, seperti: Folders, Pocket File Manager, Files&Folder, atau Aerize Explorer. Selain yang sudah disebut, ada satu aplikasi file manager Windows Phone lagi yang bisa jadi alternatif. Briefcase.

Tampilan aplikasi ini sedikit berbeda dari aplikasi file manager yang saya sebut sebelumnya. Desainnya lebih rapi. Yang penting, tidak ribet. Sekilas, tampilannya mirip Dropbox Windows Phone. Sayangnya aplikasi ini tidak memanfaatkan gestur swipe ala pivot Windows Phone.

popculture.id

Briefcase mendukung fungsi pengaturan file dan folder, baik di dalam ponsel maupun di OneDrive. Kita bisa melihat beberapa pilihan akses tersebut pada application bar di halaman utama. Pilihan itu bisa juga kita lihat pada sidebar yang muncul kalau kita tap tombol option (hamburger button) di pojok kanan atas.

Sebagai file manager, Briefcase juga mendukung fungsi standar. Kita bisa mengatur urutan file, bisa menambah folder, memilih file, dan mencari file.

Di tahap yang lebih lanjut, fungsi lain juga tersedia. Misalnya kompresi file (juga ekstrak), rename, cut, copy, paste, dll. Fungsi sederhana, yaitu pin dan delete, akan muncul kalau kita tap dan hold salah satu folder atau file. Briefcase juga dilengkapi dengan pop-up warning saat kita hendak mengeksekusi sebuah file. Yah, supaya kita tidak salah langkah.

Aplikasi file manager Windows Phone ini juga dilengkapi music dan video player ringan. Jadi kita bisa memainkan file media secara langsung. Tapi jangan berharap ada fungsi canggih seperti aplikasi media player. Sebagai contoh, file srt tidak terbaca saat memutar video.

Bicara soal jenis atau format file, kelihatannya Briefcase memang belum mendukung semua jenis file (yang umum). Terus terang, saya belum mengecek lebih detil. Tapi ada satu file epub (salah satu format ebook) yang ada di folder download saya yang tidak terlihat. Ketika saya menggunakan aplikasi Files, ebook itu ada. Lucunya, file epub di OneDrive saya terlihat semua.

Di titik ini, saya menganggap aplikasi ini masih akan dikembangkan lagi. Fitur akan ditambahkan kemudian. Kalau tidak, sangat disayangkan. Karena aplikasi Briefcase punya potensi. Kalau memang suka, pakai saja aplikasi ini. Percayalah, banyaknya pengguna akan membuat developer bersemangat. Apalagi kalau ada feedback yang membangun.

    %d blogger menyukai ini: