Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Bebas Kecaman, 5 Bug yang Membuat Game Semakin Terkenal

Indri Penulis

Semua yang ada di dunia tidak ada yang sempurna, salah satunya dalam video game. Tidak jarang, sebuah video game dipenuhi dengan glitches atau bug.

Bug sendiri kerap dianggap mengganggu pengalaman bermain seseorang. Bila tidak hati-hati ketika bermain, pemain akan terjatuh ke bahwa melewati area gelap, dan terjebak dalam suatu ruangan. Itu adalah salah satu contoh bug yang paling umum.

popculture.id

Namun, belum banyak orang yang menduga, bila bug yang selama ini dikenal meresahkan, justru dapat membuat beberapa game menjadi semakin terkenal.

Dalam konotasi yang baik, keberadaan bug justru dapat menjadi poin tambahan dalam game itu sendiri. Pada kesempatan ini, kami akan mengulas tentang 5 bug yang justru membuat game semakin terkenal.

Beberapa game tersebut antara lain:

Space Invaders – Bug yang Mempercepat Gerakan Musuh

Sumber Gambar : YouTube

Space Invaders menjadi salah satu game berpengaruh di dunia. Hal tersebut karena game inilah yang pertama kali memperkenalkan ‘difficulty curve’.

Dalam difficulty curve, setiap level baru yang dihadapi pemain akan mengalami peningkatan kesulitan serta kecepatan.

Namun hingga kini belum banyak orang tahu, bahwa sebenarnya difficulty curve lahir melalui kinerja bug. Ketika musuh semakin banyak, hal tersebut akan membebani processor hingga membuat game menjadi sangat lamban.

Ketika musuh mulai menghilang, beban processor akan mulai berkurang. Dengan begitu, game akan menjadi lebih cepat dibanding biasanya.

Legend of Zelda – Bug yang Justru Memperkuat Link

Sumber Gambar : Comic Book

Salah satu bug populer ada dalam The Legend of Zelda: A Link to the Past. Dalam game tersebut, karakter utama pemain bernama Link.

Link dapat menahan, kemudian melempar balik bola api Aghanim ke musuh. Dengan adanya bug tersebut, akhirnya dapat membuat setiap seri The Legend of Zelda mempunyai easter egg menarik yang banyak dicari.

Developer game lebih memilih memasukkan setiap bug ke dalam setiap franchise Zelda, dibanding harus menutup rapat bug.

Bisa dipastikan dalam setiap seri Zelda, pasti akan mempunyai bug yang dapat membalikkan serangan musuh.

Grand Theft Auto – Bug dengan Polisi yang Agresif

Sumber Gambar : Nerdist

Dalam game original GTA yang dikembangkan oleh DMA Design, rupanya hampir tidak pernah dirilis ke pasaran.

Pada waktu itu, game tersebut dipenuhi dengan bug yang sangat banyak. Hal tersebut membuat game tidak mungkin untuk dimainkan.

Seperti kasus video game lain, bug dalam GTA rupanya justru menyelamatkan game tersebut. Bug dalam GTA berkaitan dengan AI polisi.

Polisi dalam GTA menjadi sangat agresif dan berjuang sekuat tenaga untuk dapat menghancurkan mobil pemain. Walaupun begitu, tetap ada sisi baik yang bisa diperoleh dari bug GTA.

Sisi positifnya adalah, pemain bisa mendapat kesan menyenangkan karena bug. Hal tersebut membuat proyek dari DMA Design layak untuk dipertahankan.

Hingga pada akhirnya, GTA yang sebelumnya hampir dihilangkan, menjadi dibangkitkan lagi dan menjadi salah satu game terbaik sepanjang masa.

[irp posts=”53895″ name=”Cara Paling Memalukan Saat Mati di Dalam Video Game”]

Street Fighter II – Bug dengan Combo

Sumber Gambar : YouTube

Street Fighter II disebut-sebut sebagai game pertarungan terbaik sepanjang masa. Karena game inilah yang pada akhirnya, menginspirasi gamegame fighter masa kini.

Disadari atau tidak, sebenarnya ada salah satu komponen dalam Street Fighter II yang sebenarnya merupakan bug. Namun hingga kini, hal tersebut justru kerap diimplementasikan ke dalam gamegame fighter serupa.

Ada sebuah bug dengan nama Canceling. Dengan adanya bug tersebut, pemain dapat melakukan jurus kedua, bahkan sebelum jurus pertama selesai dilakukan.

Zoo Tycoon – Penguin Pembunuh

Sumber Gambar : YouTube

Sebenarnya ini merupakan game simulasi bisnis. Dimana dalam game Zoo Tycoon, pemain akan menjalankan sebuah kebun binatang serta melakukan berbagai aktivitas di dalamnya.

Berbagai aktivitas yang dapat dilakukan dalam game ini seperti meningkatkan habitat hewan, mengalokasikan staf, serta melakukan perawatan hewan.

Selain itu, dalam game ini terdapat sebuah bug yang mengerikan. Dimana penguin kaisar yang ditempatkan dalam satu tempat sama, akan membunuh penguin lain dengan spesies berbeda.

Keunikan lain, bug ini tidak dihilangkan namun justru diubah menjadi salah satu bagian dari gameplay itu sendiri. Apabila pemain beruntung, maka bisa memperoleh Killer Penguin untuk dikembangbiakkan.

Demikian 5 bug yang justru membuat video game semakin terkenal. Bila menelisik gamegame masa lalu, rupanya mereka mempunyai sejarah yang unik.

    %d blogger menyukai ini: