Inilah 5 Buku yang Direkomendasikan Oleh Bill Gates

Bill Gates memang tidak lagi muda. Di hari tuanya saat ini, Bill Gates mengaku lebih banyak menghabiskan waktu untuk kegiatan sosial dan membaca buku.

Pendiri Microsoft tersebut mengatakan bahwa, tidak ada orang yang akan terpuruk ketika tersesat, jika dia tersesat bersama buku.

Dan ketika ditanya perihal buku kesukaannya sepanjang masa, maka Gates menampilkan raut wajah bingung. Menurutnya, ada banyak sekali buku yang harus disebutkan.

Namun Bill Gates secara khusus merekomendasikan beberapa buku, berkaitan tentang kehidupan yang dia anggap cocok menemani di waktu senggang.

Buku-buku tersbeut Bill Gates kelompokkan berdasarkan beberapa kategori seperti bisnis, sains, pengembangan diri dan kebijakan publik.

Berikut beberapa buku yang direkomendasikan oleh Bill Gates:

Sumber Gambar : Forbes

The Power of Complete

Memotret sudut pandang masyarakat Jepang, buku tersebut mengungkapkan beberapa alasan dibalik sikap Jepang terhadap dunia bisnis Internasional.

Hingga pada akhirnya, Jepang diakui sebagai negara yang mempunyai daya kompetitif sangat kuat. Hal ini lantaran perusahaan Jepang selalu teliti dalam menyaring talenta terbaik.

Bahkan perusahaan di Jepang sangat teliti dalam menjaring pekerja dengan peran terkecil sekalipun. Menurut buku yang ditulis oleh Hiroshi Mikitani dan Ryoichi Mikitani, hal tersebut dilakukan untuk membangun iklim kompetisi yang sengit.

Sustainable Energy – Without the Hot Air

Buku ini kurang lebih menjelaskan tentang kebijakan publik. Khususnya dalam hal menyikapi masalah lingkungan.

Buku yang ditulis oleh David JC MacKay ini, menyoroti persoalan tentan organisasi pemerintah, potensi, energi, serta kebiasaan masyarakat yang dijabarkan secara runtut.

Business Adventures

Buku yang ditulis oleh John Brooks ini merupakan antologi dari 12 cerita, yang terinspirasi dari dunia bursa saham Wall Street.

Buku ini berisi berbagai hal tentang sektor ekonomi, karakter manusia dalam menentukan nasib bisnis, dan beragam penyesalan yang datang terlambat.

Sapiens

Jika dilihat dari judulnya, buku ini tentu akan membahas mengenai manusia purba. Memang selama ini, asal-usul manusia masih terus diperbincangkan dalam dunia sains.

Dan sejauh ini, manusia hanya mengenal teori evolusi yang dikemukaan oleh Charles Darwin. Melalui buku berjudul Sapiens, sang penulis yang bernama Yuval Noah Harari membeberkan sejarah, sains, serta pengembangan manusia.

Tidak hanya itu, buku ini juga memberikan berbagai jawaban atas kejadian-kejadian yang terjadi selama ini. Peran hukum dan proses terbentuknya manusia juga ikut dijabarkan dalam buku tersebut.

[irp posts=”38824″ name=”Buku yang Layak Dibaca di Tahun 2017″]

The Vital Question

Buku karya Nick Lane ini menawarkan beragam pemahaman mendalam seputar kehidupan manusia. Penulis berusaha menarik benang merah antara energi, sel biologis serta evolusi yang tiada henti.

The Better Angels of Our Nature

Buku ini ditulis oleh Steven Pinker. Dia mencoba menarik persoalan yang terjadi hari ini melalui sudut pandang sejarah.

Menurut Steven Pinker, perang, kejahatan, penganiayaan dan terorisme akan terus terjadi. Dan semua kejadian tersebut merupakan imbas dari kejadian masa lalu yang menimbulkan luka.

Parenting With Love and Logic

Seperti judulnya, buku karya Foster Cline dan Jum Fay ini ditujukan bagi orang tua yang baru mempunyai anak.

Setiap bab yang disajikan dalam buku ini, membahas beragam cara meningkatkan kepercayaan diri, memotivasi anak untuk menghadapi realita, hingga mengajarkan mereka tentang pentingnya tanggung jawab.

How Not to Be Wrong

Semua orang tentu pernah mengalami masa sulit dalam hidupnya. Di dalam masa sulit tersebut, terkadang manusia akan dihadapkan dengan pilihan sulit.

Dan buku ini menyajikan solusi supaya manusia bisa mengambil tindakan tepat dalam setiap kesulitan. Bertumpu dengan analisis matematika, Jordan Ellenberg selaku penulis percaya bahwa manusia tidak seharusnya melakukan kesalahan.

Itulah beberapa buku yang menjadi rekomendasi Bill Gates saat ini. Selamat membaca.

%d blogger menyukai ini: