Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

2 Menit Jadi! Begini Cara Bikin & Menambah Subtitle Otomatis di Capcut

Indri Penulis

Bagaimana cara bikin dan menambah subtitle otomatis di aplikasi Capcut? Simak caranya di sini deh. Dijamin 2 menit doang udah jadi!

Siapa nih yang suka bikin subtitle video pakai cara manual alias ngetik ‘satu-satu?’ Hm.. Kalau video-nya cuma 3 menit sih nggak masalah. Tapi gimana kalau kamu perlu masukin subtitle untuk video yang durasinya berjam-jam? Apa nggak bikin emosi tuh? Hehehe.

Jujur saya sendiri dulu pernah lho bikin subtitle secara manual, dan itu rasanya bikin emosi banget. Tapi untungnya setelah mengenal aplikasi Capcut, saya akhirnya mendapat ‘pencerahan’ berupa cara bikin sekaligus menambah subtitle secara otomatis di aplikasi Capcut.

Nah buatmu yang masih suka bikin subtitle manual, saya rasa kamu perlu coba cara bikin dan menambah subtitle otomatis di aplikasi Capcut ini deh. Dijamin nggak banyak drama dan 2 menit jadi. Oke, langsung simak caranya ya!

  • Buka aplikasi Capcut di HP-mu.
  • Klik tabEdit’ yang ada di sudut kiri bawah layar.
  • Selanjutnya klik tombol “Proyek Baru” di bagian atas layar.
  • Sekarang pilih video mana yang mau kamu kasih subtitle.
  • Klik menu“Teks” yang ada di bawah.
  • Kemudian pilih tools Keterangan Otomatis.”
  • Di bagian “Pilih bahasa,” pilih bahasa subtitle yang mau kamu masukkan (karena di contoh saya pakai video berbahasa Indonesia, jadi kali ini saya menggunakan Bahasa Indonesia).
  • Kalau sudah, klik tombol “Lanjutkan.”
  • Tunggu beberapa saat sampai subtitle berhasil dibuat (lamanya waktu tunggu tergantung durasi videomu).
  • Untuk melihat hasilnya, kamu tinggal klik tombol Play.

Selesai deh. Sekarang kamu tinggal menyesuaikan tanda baca dalam subtitle. Oya, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat mengisi subtitle via Capcut.

Pertama, lamanya waktu tunggu dalam pembuatan subtitle tergantung durasi video-mu. Di contoh ini, saya menggunakan video berdurasi sekitar 2 menit, dan saya hanya perlu menunggu 3 detik agar subtitle-nya jadi.

Kedua, subtitle bisa akurat apabila suara di video tidak tumpang tindih dan jelas. Dalam pengujian yang saya lakukan, saya menggunakan video yang di dalamnya ada banyak orang yang sedang mengobrol. Hasilnya kadang hanya suara satu orang saja yang terdeteksi subtitle, tapi kadang subtitle nggak muncul sama sekali padahal waktu itu terdengar jelas ada orang yang bersuara.

Walau mungkin belum bisa seakurat ketika kita bikin subtitle manual, tapi menurut saya nggak ada salahnya buat coba cara bikin dan menambah subtitle otomatis di Capcut. Tapi itu tadi, pastikan audio di video terdengar jelas dan nggak ada suara yang tumpang tindih di dalamnya. Atau kalau nggak kamu bisa pakai Capcut, lalu lengkapi subtitle yang tidak terdeteksi Capcut secara manual. Yah, setidaknya ini bisa menghemat sedikit waktumu daripada full 100% bikin subtitle manual.

    %d blogger menyukai ini: