Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Cara Cek Nomor BPOM untuk Hindari Kosmetik Berbahaya

Apakah kalian pernah mendapat pengalaman kurang menyenangkan karena membeli produk kosmetik sembarangan?

Selain berpotensi mendapat produk palsu, membeli kosmetik sembarangan juga bisa membuat kerusakan kulit. Hal ini terjadi karena bahan yang digunakan pada kosmetik itu berbahaya.

Kosmetik terjamin keamanannya apabila sudah lulus uji BPOM RI. Dengan lisensi resmi dari BPOM, maka produk tersebut sudah teruji klinis aman dan tidak menyebabkan efek samping.

Oleh karena itu saat membeli, usahakan produk itu yang telah memiliki izin edar dari BPOM RI. Hal ini lantaran BPOM RI bertugas untuk menguji, memberi izin, dan memastikan suatu aman digunakan.

Agar kalian bisa terhindar dari kosmetik berbahaya, maka coba lihat lagi produk kosmetik tersebut. Selanjutnya cek nomor BPOM yang tertera pada kosmetik tersebut.

Berikut ini cara memeriksa nomor BPOM produk kosmetik:

Melihat Nomor BPOM yang Tertera di Kemasan Kosmetik

Sumber Gambar : Beauty Journal

Pastikan produk yang kalian gunakan mempunyai nomor registrasi BPOM. Nomor BPOM yang ada di produk menjadi tanda kosmetik telah lulus uji.

Selain itu, nomor BPOM juga menandakan kosmetik aman digunakan. Biasanya, nomor BPOM tertera di bagian belakang atau di bawah kemasan produk.

Yang perlu diingat adalah nomor BPOM terdiri dari 2 huruf dan 11 angka. Apabila jumlah kurang atau lebih dari itu, maka patut dicurigai jika nomor BPOM tersebut palsu.

Periksa Nomor Produk di Website Resmi BPOM RI

Sumber Gambar : Cek BPOM

Agar semakin yakin dengan produk kosmetik yang digunakan, cobalah periksa nomor registrasi BPOM di produk kosmetik.

Berikut ini cara memeriksa nomor produk di website resmi BPOM RI:

  • Buka website resmi BPOM di, https://cekbpom.pom.go.id/ pada browser.
  • Dalam halaman utama, masukkan nomor registrasi yang ada di kemasan produk kosmetik.
  • Klik atau ketuk tombol Cari.
  • Sesuaikan nomor BPOM dengan nama dan jenis kosmetik yang kalian punya.
  • Lihat pula tekstur produk, kemasan, hingga nama produsen yang tertera dalam website.

Apabila nomor registrasi BPOM yang kalian masukkan ke website tidak terdaftar, maka kemungkinan produk tersebut belum lulus uji dari BPOM.

Tidak hanya itu, apabila produk tidak sesuai dengan yang tertera di website, maka bisa dipastikan bahwa produk kosmetik itu palsu.

Memeriksa Merek Kosmetik di Website Resmi BPOM

Sumber Gambar : Cek BPOM

Apabila kalian tidak bisa menemukan nomor registrasi BPOM dalam kemasan produk kosmetik, maka kalian bisa periksa berdasarkan nama, merek, hingga bentuk produk kosmetik.

Jika kalian mencari berdasarkan merek kosmetik, maka pada website akan muncul semua jenis produk dari merek tersebut. Termasuk beberapa produk yang mungkin belum dijual ke pasaran.

More Stories
huawei p30 leaked
Bocoran Huawei P30 Menunjukkan Varian Warna Lengkap