Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Cara Daftar MyPertamina, Mudah Tidak Harus Pakek Smartphone

cara daftar mypertamina

Baru-baru ini aplikasi MyPertamina mendadak populer di kalangan para pengguna kendaraan bermotor. Dikarenakan per 1 Juli 2022 kemarin pemerintah memberlakukan pengetatan penggunaan bahan bakar bersubsidi, “Pertalite dan Solar”.

Pengetatan tersebut ditandai dengan wajibnya pembelian bahan bakar melalui MyPertamina. Tentu saja hal ini masih dalam taraf uji coba, artinya tidak menutup kemungkinan ada kebijakan lanjutan yang dapat mengubah mekanisme penggunaan tersebut.

popculture.id

Pemerintah berharap, dengan menggunakan MyPertamina sebagai alat pembayaran, kontrol atau pengawasan terhadap penggunaan BBM subsidi dapat dipantau dengan baik dan tepat sasaran.

Meski faktanya sampai sekarang pun belum ada batasan penggunaan MyPertamina. Saya rasa ini bukan lebih ke pengawasan distribusi BBM Subsidi sih sebenarnya, melainkan jualan aplikasi (mungkin). Karena jelas bertolak belakang dengan larangan menggunakan HP di area SPBU.

Namun bagi yang belum siap dengan kebijakan baru ini, ada jenis-jenis bahan bakar yang bisa dibeli secara bebas kok. Karena pada dasarnya, penekanan pembelian via MyPertamina berdasarkan klasifikasi BBM Subsidi dan Non Subsidi.

Berikut saya jelaskan Jenis Bahan Bakar berdasarkan klasifikasinya.

Bahan Bakar Non Subsidi (Tidak Harus Pake MyPertamina)

Pertamax Racing

Dari namanya saja sudah bisa ditebak, ini adalah bahan bakar standar balapan dan sudah diakui Federasi Balap Internasional, karena bahan bakar ini katanya lebih mampu bikin mesin responsif.

Tentu saja BBM ini, Pertamax Racing, bukanlah termasuk BBM subsidi dan kita semua bisa membelinya dengan mudah tanpa harus ada belenggu aturan ini itu.

Pertamax Turbo

Bersama produsen Lamborghini -mobilnya bang Hotman-, Pertamina mengembangkan jenis bahan bakar untuk tipe mobil berteknologi canggih. Karena tipe mobil seperti ini tidak bisa jika menggunakan BBM biasa, ada beberapa persyaratan untuk perawatan mesin manjanya.

Nah, BBM Turbo ini juga bukan termasuk kategori subsidi, artinya kita bisa beli tanpa harus pakek MyPertamina.

Pertamax

Inilah jenis BBM yang cocok buat kita yang terdampak efek aplikasi MyPertamina. Namanya cukup familiar, karena memang Pertamax ini adalah rekomedasi BBM kendaraan harian berteknologi EFI yang kompatibel dengan bensin.

Pertamax Dex

Ini adalah jenis bahan bakar yang harus digunakan jika kendaraan bermesinkan diesel. Katanya sih BBM ini adalah yang terbaik buat diesel, karena bisa bikin mesin lebih awet dan bertenaga.

Dexlite

Layaknya Pertamax Dex, bahan bakar Dexlite diperuntukkan untuk mesin diesel juga. Dan harganya juga lebih terjangkau. Mungkin Dexlite jadi opsi yang cocok buat yang ngga mau pakek MyPertamina.

Bahan Bakar Subsidi (Harus Pakek MyPertamina)

Pertalite

Pertalite merupakan bahan bakar gasoline yang memiliki warna hijau bening dengan oktan RON 90. Pertalite banyak diminati karena harganya yang sangat ekonomis dibanding yang lainnya.

Tentu saja, karena pertalite adalah BBM yang mendapat subsidi pembelian. Dan per 1 Juli 2022 ada aturan wajib menggunakan akun MyPertamina setiap pengisiannya.

Solar

Jika kendaraanmu bermesinkan Diesel, tentu saja bahan bakar yang dibutuhkan adalah Solar, kerapkali disebut juga Biosolar. Bahan bakar ini sengaja dibatasi karena kelangkaannya. Dan untuk mendapatkan Biosolar, kamu butuh akun MyPertamina.

Cara Daftar MyPertamina

Nah tantangan selanjutnya setelah mengetahui klasifikasi BBM, pastinya jadi tahu dong gimana kalau mau isi kendaraan dengan BBM Subsidi, yakni persiapkan akun MyPertamina.

Cara daftarnya gampang kok,  ada 2 metode daftar MyPertamina yang bisa ditempuh, yakni lewat Aplikasi MyPertamina dan lewat Website.

Cara Daftar via Aplikasi MyPertamina

  1. Beli Smartphone dengan OS Android 5.0 keatas (biar kompatible)
  2. Buka aplikasi Google Playstore
  3. Cari dan install aplikasi berjudul “MyPertamina” (rating saat ini 1,2)
  4. Setelah berhasil, buka aplikasi tersebut (jika ada notif-notif bisa skip dulu aja)
  5. Pilih Daftar, dan lengkapi kolom pendaftaran
  6. Kirim OTP Aktivasi via SMS
  7. Cari SMS dari MyPertamina, ada Kode 6 Digit rahasia
  8. Masukkan Kode tersebut ke Kolom yang sudah disediakan di aplikasi
  9. Akun MyPertamina siap digunakan

Cara Daftar MyPertamina via Website

  1. Buka aplikasi browser, rekomendasi Chrome
  2. Ketikkan https://subsiditepat.mypertamina.id/ dan enter
  3. Centang kolom persetujuan di bawah kotak login
  4. Pilih “Daftar Sekarang”
  5. Persiapkan bahan-bahan persyaratan yang dibutuhkan
  6. Lengkapi semua kolom sesuai instruksi
  7. Jika sudah, butuh waktu maksimal satu minggu untuk verifikasi data
  8. Cek email dalam kurun waktu satu minggu, anda akan dapat QR Code
  9. Download dan Simpan QR Code
  10. Gunakan QR Code tersebut untuk transaksi di SPBU

    %d blogger menyukai ini: