Fitur Edit Video di Canva Yang Wajib Kamu Tahu

Nggak cuma buat desain grafis aja

edit video canva
Anom Penulis

Canva sudah terkenal sebagai salah satu aplikasi desain online terbaik. Tapi tahukah kamu kalau Canva juga merupakan editor video? Nah, untuk yang belum tahu, kali ini kami akan membahas berbagai fitur edit video di Canva.

Tapi tunggu sebentar. Jangan berharap kalau peralatan editnya akan selengkap aplikasi seperti Adobe Premiere. Fitur edit video di Canva relatif sederhana. Walau begitu, untuk membuat konten media sosial saja sudah cukup lumayan.

Fitur Edit Video di Canva

Ada beberapa peralatan edit yang praktis dan mudah dipakai di Canva. Beberapa fitur ini agak tersembunyi tempatnya (atau berganti dengan fitur lain) sehingga kadang pengguna tidak sadar kalau fitur ini ada di Canva.

Mari kita lihat.

Zoom Page & Thumbnails

Fitur pertama ini memang bukan bekerja pada video. Tapi lebih ke bidang kerja. Kamu bisa memilih memperbesar atau memperkecil baik tampilan halaman atau thumbnail dengan klik ikon di menu bawah lalu menggeser tuas.

Selain itu, kamu juga bisa memakai tombol keyboard ctrl++ atau ctrl+- untuk memperbesar atau memperkecil tampilan. Tentunya ketika salah satu—apakah Halaman atau Thumbnail—aktif (yang tidak aktif akan punya warna redup di Menu).

Resize, Crop, dan Rotate

Kamu bisa memperbesar atau memperkecil ukuran video dengan menggeser sudut bidang video. Sementara itu, jika kamu menggeser sisi kanan-kiri atau atas-bawah, kamu bisa langsung melakukan crop pada video tersebut. Sementara dengan tombol Rotate di bawah video, kamu bisa memutar posisinya.

Alat ini tentunya berguna untuk menyesuaikan bidang video pada bidang tampilan. Kamu bisa berkreasi sesukamu. Apakah mau tampilan berbentuk kotak, agak miring, atau lainnya.

Animate

Fitur Animate ini akan memberikan efek bagaimana sebuah obyek muncul di dalam halaman. Fitur ini berlaku pada obyek grafis, teks, bahkan pada video. Ada banyak efek animasi yang bisa kamu pilih.

Efek animasi ini akan membuat kemunculan obyek (dalam hal ini tampilan video) lebih menarik. Terutama ketika nanti sudah digabungkan dengan Transisi video.

Trim

Trim berguna untuk memotong durasi video. Kamu bisa melakukannya dengan menggeser ujung kanan-kiri thumbnail video di bawah.

Cara lainnya adalah dengan klik video, lalu klik ikon Gunting yang muncul di menu atas. Lalu geser pinggir kanan-kiri thumbnail yang muncul di atas.

trim video canva

Fitur Trim ini tentunya berguna untuk menyesuaikan durasi video sesuai media sosial tujuan atau sesuai keinginanmu.

Perhatikan: Kamu mungkin harus menyesuaikan potongan klip setelah kamu menerapkan Transisi video.

Split

Split adalah alat yang berguna untuk memisah satu thumbnail menjadi dua bagian terpisah. Kamu bisa melakukannya dengan klik kanan pada bagian yang ingin kamu pisah, lalu pilih ‘Split‘.

Fitur ini berguna jika kamu mau menambahkan teks yang berbeda pada satu rangkaian adegan di sebuah thumbnail (obyek seperti teks tidak punya timeframe terpisah di Canva).

Transisi

Seperti namanya, fitur ini akan memberikan efek peralihan antara satu klip dengan klip berikutnya. Kamu bisa melakukannya dengan klik ikon Plus di antara klip, lali pilih ‘Add Transition’.

Kamu bisa memilih jenis transisi, juga mengatur durasi transisi dan arah efek tersebut (pada beberapa efek transisi tertentu).

Perhatian: Kamu mungkin harus mengatur ulang durasi klip setelah menerapkan efek transisi.

Adjust Audio

Adjust Audio atau Menyesuaikan Audio merupakan alat yang memungkinkan kamu menggeser bidang audio sehingga bagian yang kamu inginkan sesuai dengan tampilan video.

Yah, tentunya bagian awal lagu belum tentu sesuai dengan mood konten video bersangkutan. Dengan alat ini kamu bisa menggeser audio sampai ke bagian yang ingin kamu tampilkan.

Trim Audio

Sama seperti Trim untuk video, Trim Audio juga berfungsi untuk memotong durasi audio. Setelah kamu menambahkan audio pada thumbnail dan menyesuaikan posisinya, kamu bisa memotong durasinya jika perlu.

Cara melakukannya pun mirip sengan Trim untuk video. Klik bidang audio sampai menunjukkan grafis gelombang suara, lalu kamu tinggal geser ujung kanan-kiri bidang itu sampai sesuai keinginanmu.

Audio Effects (Fade In/Out)

Walau namanya Audio Effects, saat ini efek yang ada baru Fade In dan Fade Out. Kamu bisa menemukannya kalau klik pada bidang audio dan pilih ‘Audio Effect’ di menu atas.

Karena bidang audio di Canva belum bisa kamu pisah (Split) seperti video, jika kamu mau menerapkan Fade In/Out di bagian audio tertentu di tengah, kamu harus agak repot dengan membuat duplikat, memotong durasinya (Trim), baru menerapkan Fade In.Out pada bagian tersebut.

Transparency

Transparency memang bukan fitur khusus untuk video. Efek ini bisa kamu pakai pada obyek umum pada desain di Canva. Namun efek ini juga berguna memberikan nuansa tersendiri.

Misalnya jika kamu menumpuk gambar grafis di atas video, tapi tidak ingin terlalu dominan (misalnya efek darah seperti tertembak di dalam game).

Manfaatkan Sesuai Kreativitasmu

Itulah beberapa fitur edit video yang berguna di Canva. Bermain-main dengan berbagai fitur ini bisa membuat videomu lebih menarik di media sosial. Tidak hanya sekedar posting saja. Apalagi kalau kamu mau membuat video itu untuk usaha yang kamu lakukan dan perlu kekhasan tersendiri.

Nah, kalau sebelum ini kamu mungkin bingung memakai Canva buat edit video, kini sudah tidak lagi. Selamat mencoba.

    %d blogger menyukai ini: