4 Tips dan Cara Jitu untuk Hapus Data Permanen di Android

Indri Penulis

Bagaimana cara hapus data secara permanen di ponsel Android? Gampang! Kamu bisa menghapusnya langsung dari HP, pakai aplikasi tambahan, dll.

Sebagai pengguna ponsel Android, sudah bukan rahasia lagi mayoritas pengguna pasti sering menghapus data-data yang dianggap nggak penting. Contohnya seperti menghapus foto/video yang hasilnya jelek, aplikasi nggak penting, lagu-lagu yang membosankan.

Tapi apa kamu yakin kalau data-data yang kamu hapus sudah hilang secara permanen? Jadi perlu kamu tahu, sebenarnya data yang biasanya kamu hapus belum hilang selamanya. Biasanya data-data tersebut akan disimpan dalam folder sampah. Walau biasanya data akan hilang permanen setelah 30 hari (tergantung merk ponselnya), tapi kalau dibiarin lama-lama jelas bakal menguras memori.

Makanya sekarang saya bakal bagi-bagi tips dan cara hapus data permanen di HP Android. Cara yang saya bagikan ini cukup beragam yakni bisa kamu lakukan langsung di aplikasi File Manager, pakai aplikasi tambahan, lewat PC, dll.

Hapus Item Lewat File Manager

Kebanyakan orang menganggap kalau menghapus aplikasi akan membuat datanya hilang. Padahal sebenarnya masih ada sebagian data yang tersimpan di folder Trash atau Bin, bukannya terhapus secara permanen.

Aplikasi Google Photos misalnya. Ia akan menyimpan gambar dan video yang dihapus selama 60, kecuali kamu mengosongkan sampahnya secara manual.

Kalau mau menghapus file secara permanen, kamu bisa menggunakan file explorer atau aplikasi pengelola file untuk menghapus data secara permanen.

Sebagai contoh di HP Samsung, kamu bisa buka aplikasi “My File” atau “File Saya.” Setelah itu klik ikon titik tiga yang ada di sudut kanan layar dan pilih “Trash” atau “Sampah.” Kalau sudah, klik “Empty” atau “Kosong” di pojok kanan atas layar untuk menghapus semua file secara permanen.

Hapus Data dengan File Shredder

Kalau menurutmu cara pertama masih meragukan, tidak ada salahnya untuk menginstal file shredder atau penghancur file. Aplikasi ini akan menghapus data sampah secara aman.

Sekarang ada banyak aplikasi penghapus data permanen yang bisa kamu pilih. Katakanlah seperti iShredder, Shreddit dan Data Eraser.

Hapus Data Sensitif dari Kartu SD

Kalau data yang mau kamu hapus berada di kartu SD (bukan di penyimpanan internal), kamu bisa buka “Pengaturan > Penyimpanan > Kartu SD.” Cari file dan hapuslah dari sana. Setelah kamu menghapusnya, data tersebut akan hilang secara permanen dari ponsel.

Tapi perlu kamu tahu, cara ini mungkin akan sedikit berbeda tergantung merk ponsel yang kamu pakai. Kalau di HP Samsung caranya buka “Pengaturan > Perawatan Perangkat > Penyimpanan.” Setelah itu kamu tinggal pilih data mana yang mau dihapus secara permanen.

Hapus Data Android dari PC

Kalau kamu nggak mau repot-repot menginstal aplikasi untuk menghapus data secara permanen, kamu bisa menghubungkan ponsel Android ke PC lalu hapus semua data dari sana. Cara ini lumayan mudah, karena kamu bisa mencari data Android lewat File Explorer yang ada di PC.

Hubungkan ponselmu menggunakan kabel USB dan pilih “Open device to view files” yang ada di opsi Autoplay Options. Atau kamu bisa membuka File Explorer, pilih “This PC” dan tekan dua kalii ikon drive ponselmu.

Sekarang jelajahi folder di ponselmu dan temukan data yang ingin kamu hapus. Kalau kamu mau menghapus foto/video, kamu bisa menemukan datanya di folderDCIM > Camera.” Selanjutnya klik kanan item dan pilih “Delete.”

    %d blogger menyukai ini: