Cara Install iOS Beta Untuk Publik di iPhone Sebelum Rilis Resmi

Anom Penulis

Seperti perkembangan perangkat lunak lain, Apple juga menyediakan sistem operasi iOS versi Beta sebelum merilisnya secara resmi. Nah, kali ini kami akan membahas bagaimana cara install iOS Beta di iPhone.

Dalam pengembangan iOS terbaru, biasanya Apple merilis dua jenis versi uji coba. Pertama, untuk developer (pengembang aplikasi) yang biasanya hadir lebih dulu. Kemudian disusul oleh versi Beta untuk publik.

Supaya bisa mencoba iOS terbaru di iPhone sebelum rilis resmi, ada baiknya kita ketahui dulu beberapa hal mendasar soal versi Beta ini.

Apa Beda iOS Beta Versi Developer dan Publik?

Seperti namanya, versi Beta untuk Developer tentu ditujukan agar para pengembang bisa mempersiapkan aplikasi mereka untuk sistem operasi terbaru dan memberi masukan bila ada masalah pada proses tersebut. Untuk mencoba iOS Beta versi developer, kamu harus terdaftar sebagai pengembang aplikasi, dan membayar senilai $99 untuk akun Developer Apple.

program apple untuk ios, ipados, macos, watchos beta

Sedangkan versi publik ditujukan pada pengguna umum yang ingin secara sukarela menguji sistem operasi terbaru sebelum rilis. Mereka yang mencoba bisa memberi masukan jika ada masalah. Semua pengguna iPhone bisa install iOS versi Beta untuk publik hanya dengan mendaftar di program uji coba (selama perangkat mendukung).

Perlukah Mencoba iOS versi Beta?

Versi beta merupakan versi uji coba. Jadi kemungkinan besar ada kendala atau masalah yang terjadi. Entah fitur dan aplikasi tidak berfungsi atau bahkan bisa membuat iPhone milikmu tidak berguna. Bagaimanapun inilah gunanya versi uji coba. Supaya bisa mengetahui dan menyelesaikan kendala yang ada sebelum rilis resmi.

Jadi, kalau kamu bukan orang yang paham atau suka utak-utik hal teknis, lebih baik jangan install iOS Beta di iPhone milikmu. Kalau mau mencoba, lebih baik pasang di iPhone yang tidak kamu gunakan sehari-hari.

Lalu, juga disarankan kamu menyimpan cadangan data dari versi iOS versi stabil di komputer atau bahkan mematikan fungsi backup iCloud (cadangan akan menyimpan data berdasar versi yang terpasang). Sehingga bila terjadi sesuatu, kamu bisa memulihkan iPhone ke kondisi semula (sebelum memasang iOS Beta).

Contoh: Versi iOS paling baru yang tersedia secara resmi saat artikel ini ditulis adalah 14.6. Sedangkan versi Beta untuk publik adalah iOS 15. Kamu harus punya cadangan versi 14.6 supaya lebih aman.

Cara Install iOS Beta di iPhone

  1. Lewat browser Safari di iPhone, buka situs Apple Beta Software Program.
  2. Tekan tombol ‘Sign up‘ jika ini pengalaman pertama dan daftarlah dengan Apple ID.
  3. Setujui syarat dan ketentuan dari Apple Beta Software Program.
  4. Akan ada halaman panduan untuk Beta versi Publik, pilih untuk iOS (atau iPadOS untuk iPad).
  5. Setelah membaca instruksi Apple, klik ‘enroll your iOS device‘ di bagian ‘Get Started‘ untuk mendaftarkan iPhone milikmu.
  6. Jangan lupa buat cadangan data sesuai instruksi Apple (supaya bisa kembali ke versi resmi sebelumnya).
  7. Tekan tombol ‘Download profile‘.
  8. Jika kamu melihat pemberitahuan soal download “configuration profile,” tekan ‘Allow.’
  9. Buka ‘Setting‘ (Pengaturan) di iPhone dan tekan ‘Profile downloaded‘ di bawah informasi Apple ID milikmu.
  10. Tekan ‘Install‘ di pojok kanan atas.
  11. Masukkan passcode dan tekan ‘Install‘ lagi.
  12. Setujui kesepakatan dan tekan ‘Install‘ lagi.
  13. Tekan ‘Done.’
  14. Kamu akan diminta melakukan restart. Kembali ke halaman utama Setting.
  15. Di bagian ‘General‘ (Umum), masuk ke ‘Software Update‘ (Pembaruan Perangkat Lunak), lalu ‘Download and Install.’
  16. Setelah pembaruan versi Beta sudah terunduh, kamu bisa tekan ‘Install Now‘.
  17. Setelah terpasang, iPhone akan restart dan kamu sudah menjalankan iOS versi Beta.
    %d blogger menyukai ini: