Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

4 Cara Jitu Lindungi Data Pribadimu di Sosial Media

Sekarang media sosial memang sudah menjadi bagian hidup dari seseorang. Hampir setiap harinya kebayakan orang yang menggunakan smartphone pasti membuka media sosial.

Berbagai macam media sosial memang sudah menarik perhatian masyarakat. Hingga sebagian besar dari dunia tempat tinggal kita sekarang ini setidaknya memiliki satu akun jejaring sosial, untuk masing-masing individu.

popculture.id

Semua sosial media yang hadir di dunia teknologi, memang selalu mencoba untuk melindungi data pribadi dari setiap penggunanya.

Namun ternyata hal itu bukanlah perkara yang cukup mudah, kenyataannya masih ada beberapa oknum jahat yang mencoba untuk berbuat curang pada data pribadi seseorang.

Jika kamu masih belum begitu yakin akan keamanan data pribadi yang ada pada sosial mediamu, sebaiknya kamu secara pribadi juga ikut melindunginya.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga data pribadimu supaya lebih aman. Nah masih bingung hal apa saja yang harus kamu lakukan?

Dibawah ini adalah beberapa cara sederhana yang  sangat penting untuk dapat melindungi data pribadimu di sosial media.

 Jangan memasang geo-lokasi pada postingan

Sumber Gambar : JalanTikus

Nah cara sederhana yang pertama ini memang sering dilupakan oleh kebanyakan orang, jangan pikir dengan menyertakan geolokasi disetiap postinganmu membuat postingan terlihat keren, justru hal ini dapat membahayaka data pribadimu.

Dengan menyertakan geolokasi disetiap postinganmu, otomatis secara tidak langsung kamu sudah memberitahu semua orang dimana kamu berada saat itu.

Untuk sesekali mungkin tidak terlalu menjadi masalah, namun jika kamu lakukan hal itu setiap hari, maka seseorang yang mempunyai niat jahat padamu maka akan mengetahui rutinitas sehari-harimu.

Di mana tempat biasa kamu nongkrong? dimana tempat tinggalmu? di mana kamu beristirahat? dan dimana kamu sering menikmati waktu berhargamu?

Maka dari itu sebaiknya mulai sekarang, minimalisirlah hal seperti itu.

Privasikan tanggal lahir

Sumber Gambar : android-anyar.blogspot.com

Jika kamu sering menggunakan tanggal lahir asli untuk membuat akun sosial media, mulai sekarang hindari saja cara seperti itu.

Karena taggal lahir adalah hal yang sama pentingnya dengan nama lengkap dan alamat rumahmu, jadi memang perlu dijaga kerahasiaannya.

Jika informasi yang kamu isikan terlalu sama dengan data pribadimu yang asli, hal itu justru membantu penipu untuk meretas akun pribadimu atau perbankan yang kamu miliki.

Jadi pikirkan berulang-ulang sebelum mengsikan informasi mengenai data pribadimu.

Jangan posting foto kartu identitas dan sejenisnya

Sumber Gambar : BBM News Messaging

Nah untuk hal yang ketiga ini memang sangat rentan terkena retasan tangan-tangan usil hacker jika kamu sengaja melakukannya.

Contoh halnya pada tiket pesawat, seringkali orang-orang meposting tiket pesawat hanya untuk sekedar gaya-gayaan, mereka tak pernah memikirkan efek dari tindakannya tersebut.

Kode bar pada tiket pesawat adalah bersifat individual, jadi hal ini dapat digunakan untuk memperoleh informasi pribadi yang diberikan kepada maskapai penerbangan.

Selain itu hal ceroboh lainnya yang sering dilakukan adalah memposting gambar kartu kredit atau SIM, hanya untuk membanggakan pencapainnya.

Nah hal-hal seperti itu justru dapat memudahkan hacker untuk meretas data-data pribadimu.

Jangan terlalu menunjukkan bagaimana pekerjaanmu

Sumber Gambar : BBM News Messaging

Hal berikutnya yang harus kamu hindari adalah jangan terlalu menunjukan bagaimana pekerjaanmu, apalagi jika pekerjaanmu terlihat begitu menggoda, atau dengan kata lain dapat menghasilkan uang banyak.

Kebanyakan oknum-oknum nakal memang mengincar seseorang yang memiliki penghasilan besar, jadi hati-hatilah jika kamu salah satu orang yang memiliki penghasilan besar.

Di dunia ini ada begitu banyak kasus yang membuat karyawan langsung dipecat karena mengungkapkan informasi tentang pekerjaan mereka atau menunjukan pelanggaran yang terjadi pada kantornya.

Hal yang perlu kalian lakukan sekarang adalah, terus berhati-hati dalam kondisi apapun. Jangan terlalu mudah menyebarkan data pribadimu. Sebaiknya pikir-pikir terlebih dahulu sebelum bertindak.

    %d blogger menyukai ini: