Cara Kalibrasi Layar MacBook Dengan ‘Display Calibrator Assistant’

Layar komputer Mac milikmu menampilkan warna yang salah? Mungkin ini waktunya kamu melakukan kalibrasi ulang. Nah, kalau kamu belum tahu caranya, di sini kami membahas cara kalibrasi layar MacBook dengan toolDisplay Calibrator Assistant‘.

Memang, pada dasarnya pengguna umum tidak perlu melakukan kalibrasi layar. Biasanya yang membutuhkan hal ini adalah para profesional yang membutuhkan akurasi warna. Seperti mereka di bidang desain grafis.

Kalibrasi layar bertujuan untuk menyesuaikan tampilan warna di layar sesuai banyak faktor. Misalnya cahaya di dalam ruangan, posisi layar, dan juga usia perangkat bersangkutan.

Beberapa perangkat memiliki aplikasi khusus untuk melakukan kalibrasi ini. Namun secara bawaan, Apple menyediakan alat bernama Display Calibrator Assistant di macOS (atau OS X sebelumnya).

Mungkin ada pengguna yang takut melakukan kalibrasi layar MacBook mereka. Untuk itulah kami membahas langkah-langkahnya di sini.

Persiapan Kalibrasi

Sebelum melakukan kalibrasi, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

  • Lokasi tempat kamu menggunakan MacBook. Kondisi cahaya sekitar bisa mempengaruhi pandangan mata.
  • Tingkat kecerahan layar. Atur tingkat kecerahan layar yang sering kamu pakai di tempat kamu menggunakan MacBook.

Bukan tidak mungkin kamu punya setelan kalibrasi layar berbeda. Misalnya yang satu untuk di rumah, dan yang lain untuk di tempat lain, seperti kantor, studio, co-working space, dll.

Pertimbangkan hal ini dengan baik. Kalau kamu sudah mempertimbangkan kebutuhanmu, silakan mulai.

Cara Kalibrasi Layar MacBook

  1. Buka ‘System Preferences‘ di MacBook dan masuk ke bagian ‘Display‘.
  2. Tekan tabColour‘ (di antara Display dan Night Shift).
profil warna layar mac
  1. Proses kalibrasi sederhana bisa kamu lakukan dengan klik tombol ‘Calibrate‘. Tapi kalau kamu ingin mengatur dengan lebih detil, kamu perlu menekan tombol option sambil klik tombol ‘Calibrate’ untuk masuk ke “Expert Mode”.
  2. Display Calibrator Assistant akan menampilkan informasi dasar proses kalibrasi. Kamu juga akan melihat pilihan “Expert Mode” jika mengikuti langkah sebelumnya.
    Klik ‘Continue‘.
informasi proses kalibrasi mac di display calibrator assistant
  1. Di langkah ini kamu akan melakukan penyesuaian untuk “Native Gamma”. Proses ini akan berjalan dalam 5 tahap dengan langkah yang serupa.
    (perhatikan: jika kamu mengubah kecerahan layar, tampilan gambar logo Apple juga akan berubah. Ingat persiapan sebelumnya).
    • Atur posisi tuas di kotak kiri sampai kecerahan gambar logo Apple sama dengan di sekitarnya (kalau pas logo Apple akan tampak hilang).
    • Atur posisi tuas di kotak kanan sampai warna gambar logo Apple sama dengan sekitarnya (kalau pas, logo Apple akan tampak hilang).
    • Jika sudah, klik ‘Continue’.
kalibrasi native gamma di macbook
  1. Kemudian kamu akan mengatur ‘Target Gamma’ yang berhubungan dengan kontras gambar. Sebaiknya, tetap gunakan setelan standar, yaitu 2.2. Jika sudah, klik ‘Continue’.
kalibrasi target gamma di macbook
  1. Lalu kamu akan mengatur standar warna putih di layar (White Point). Sama seperti langkah sebelumnya, ada baiknya kamu tetap menggunakan nilai standar, yaitu D50 atau D65. Jika sudah, klik ‘Continue’.
  1. Pilih siapa yang bisa memakai setelan kalibrasi ini.
  2. Beri nama setelan kalibrasi baru ini.
  3. Pada bagian ‘Conclusion’, Display Calibrator Assistant akan memberikan rangkuman informasi setelan yang sudah kamu buat.

Itulah cara melakukan kalibrasi layar MacBook dengan alat Display Calibrator Assistant dari Apple. Kalau kamu ingin, ada juga aplikasi lain yang bisa berguna untuk membantu proses kalibrasi. Misalnya aplikasi dari Photo Friday dan tes monitor LCD dari Lagom.

Selamat memcoba.

%d blogger menyukai ini: