Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

8 Cara Tokcer Agar Video Masuk ke Halaman FYP di TikTok

Indri Penulis
Last updated:

Apa itu FYP TikTok? Terus bagaimana cara kerja FYP TikTok? Kamu bisa temukan jawaban lengkapnya di sini yuk.

Sebagai pengguna TikTok, kamu mungkin sering dengar istilah FYP yang diomongin orang lain kan? Walaupun terlihat seperti istilah biasa, tapi siapa sangka kalau ternyata FYP bisa menarik lebih banyak pundi-pundi uang dan popularitas.

Nggak percaya? Hm, kamu bisa lihat penjelasan singkat soal FYP TikTok di bawah ini. Nggak cuma itu, kami juga akan memberikan beberapa cara jitu agar video bisa masuk ke halaman FYP TikTok.

cara agar fyp di tiktok

Apa Itu FYP TikTok

Sering dengar istilah FYP TikTok tapi belum ‘ngeh’ apa artinya? Jadi FYP artinya adalah kependekan dari ‘For You Page,’ yakni halaman rekomendasi pada aplikasi TikTok yang bakal muncul pertama kali setiap kali kamu membuka aplikasi.

Bagaimana Cara Kerja FYP TikTok

Nah kamu mungkin penasaran, kenapa video-video yang tampil bukan dari akun yang kamu ikuti, tapi justru dari akun-akun asing yang mungkin nggak kamu kenal. Ya kan?

Jadi memang seperti itulah cara kerja algoritma FYP TikTok. Halaman ini akan menampilkan video-video viral/video yang ditonton oleh banyak orang. Dalam kata lain, lewat halaman inilah pengguna TikTok bisa viral. Makanya nggak heran kalau mayoritas pengguna TikTok ingin masuk FYP di TikTok.

FYP TikTok juga merupakan ‘incaran utama’ buat mayoritas konten kreator. Saat berhasil masuk ke halaman ini, video mereka otomatis akan tambah viral di jumlah penonton akan meningkat dratis. Itu artinya uang yang akan mereka dapatkan juga bakal bertambah banyak.

Faktor-Faktor yang Menentukan FYP TikTok

Ada beberapa faktor yang menentukan agar video-mu tembus halaman FYP TikTok, yakni di antaranya:

  1. Menggunakan hashtag populer dan sesuai dengan konten.
  2. Gunakan lagu atau tren yang sedang booming.
  3. Bikin konten yang relate dengan kehidupan sehari-hari / konten yang out of the box.
  4. Pahami segmentasi akunmu.
  5. Ketahui tema besar dari akun TikTok-mu. Contoh, akun TikTok-mu akan selalu posting video soal kecantikan, keuangan, karir, dll.

Selain itu, perhatikan juga kapan jadwal tepat untuk posting video supaya tembus FYP TikTok. Percaya nggak percaya, trik ini jitu banget buat tembus FYP lho.

Menurut penelitian dari Influencer Marketing Hub, mereka menganalisis 100 ribu unggahan konten TikTok untuk mengidentifikasi waktu terbaik agar video tembus FYP, dan seperti inilah jadwalnya:

  1. Senin: 09.00 WIB, 17.00 WIB, 21.00 WIB
  2. Selasa: 13.00 WIB, 15.00 WIB, 20.00 WI
  3. Rabu: 18.00 WIB, 19.00 WIB, 22.00 WIB
  4. Kamis: 06.00 WIB, 20.00 WIB, 23.00 WIB
  5. Jumat: 16.00 WIB, 24.00 WIB, 02.00 WIB
  6. Sabtu: 06.00 WIB, 07.00 WIB, 22.00 WIB
  7. Minggu: 03.00 WIB, 18.00 WIB, 19.00 WIB

Kalau dilihat, bisa disimpulkan kalau potensi video tembus FYP adalah saat jam-jam santai, bukan di jam sibuk. Contohnya pas jam istirahat, jam pulang kantor, jam 10 – 11 malam pas orang menutup semua kesibukan mereka, lalu pas hari Minggu di mana mayoritas orang bakal libur di hari tersebut.

Bagaimana Cara Tampil di FYP TikTok?

Perlu kamu tahu, sebenarnya cara supaya bisa muncul di halaman FYP TikTok nggak bisa dibilang mudah lho. Pasalnya masuk ke FYP adalah impian mayoritas pengguna TikTok. Artinya kamu harus bersaing dengan jutaan pengguna TikTok.

cara agar fyp di tiktok

Walau nggak mudah, tapi bukan berarti kesempatanmu untuk masuk ke FYP TikTok tertutup rapat. Setidaknya beberapa tips di bawah ini akan membantu meningkatkan peluang agar video-mu masuk ke FYP TikTok.

1. Bikin Konten yang Bisa Meningkatkan Engagement

Tips yang pertama ini mungkin terlihat biasa, tapi inilah salah satu kunci supaya kontenmu dilirik banyak orang. Usahakan untuk membuat konten yang lucu, unik, dan yang paling penting original alias asli.

Pastikan kontenmu bisa bikin orang yang menonton bahagia dan puas. Biasanya kalau penonton puas dan merasa senang pas habis menonton video tertentu, mereka tak akan segan meninggalkan like dan komentar ke video tersebut.

Nah kamu manfaatkan saja kesempatan ini. Kalau ada penonton yang komen di video-mu, balas komentar mereka dan lakukan interaksi yang intens dengan mereka. Semakin banyak interaksi yang terjadi dalam video, maka semakin tinggi pula peluang video tersebut viral.

2. Ikuti Tren dan Challenge

Tren dan challenge adalah dua hal yang identik banget sama TikTok. Ya di platform inilah gudangnya berbagai challenge menarik dan viral di internet.

Kamu manfaatkan saja fenomena tersebut. Buatlah video berdasarkan tren yang sedang booming saat ini. Atau kalau kamu mau, kamu bisa bikin video TikTok challenge versimu sendiri. Kalau video challenge buatanmu berhasil viral, video tersebut otomatis bakal meningkatkaan trafik dan juga follower-mu.

3. Bikin Durasi Video Pendek

Percaya atau nggak, mayoritas pengguna TikTok suka banget sama video berdurasi pendek. Selain kontennya nggak membosankan, video berdurasi pendek juga akan memudahkan mereka saat ingin mengunggah video TikTok ke platform media sosial lain (contoh ke WhatsApp Stories dan Instagram Stories).

4. Pakai Lagu yang Tengah Booming

Pemakaian lagu atau audio yang sedang viral juga bisa meningkatkan trafik video lho. Logikanya kalau ada lagu yang sedang viral, otomatis di platform apapun orang-orang juga ingin mendengarkan lagu tersebut. Selain itu, mereka juga akan mencari tahu video-video apa saja yang menggunakan lagu tersebut sebagai backsound-nya.

Tapi perlu kamu perhatikan. Jangan asal menggunakan lagu viral ya. Pemakaian lagu viral tentu perlu disesuaikan dengan isi kontenmu. Kalau nggak sesuai, mana ada orang yang betah lama-lama nonton video-mu.

5. Selalu Gunakan Hashtag

Nggak beda jauh sama poin yang sebelumnya. Pemakaian hashtag yang sedang viral juga bisa membantu meningkatkan trafik video, sehingga video berhasil masuk ke halaman FYP.

Terus hashtag seperti apa yang bisa dipakai? Jelas banyak. Kamu bisa search kumpulan hashtag yang sedang viral saat ini (tapi lebih baiknya sih pilih hashtag yang sesuai dengan isi kontenmu). Terus sebagai tambahan, kamu bisa juga tambahkan hashtag #foryou, #FYP atau #foryoupage. Beberapa hashtag tersebut konon tokcer meningkatkan popularitas video.

6. Duet Bareng Konten Kreator Lain

Melakukan duet bareng konten kreator lain juga bisa meningkatkan trafik video-mu lho. Pertama, video kolaborasi jelas akan menarik perhatian akun-akun yang mengikuti rekan duetmu.

Kedua, jika video-mu menarik dan berhasil viral, jelas peluang masuk ke FYP akan bertambah besar. Makanya bisa bisa viral, pastikan konten duetmu menghibur dan membuat penonton bahagia ya.

7. Unggah Video di Jam Ramai (Prime Time)

Pas kamu mau mengunggah video TikTok, pastikan untuk memilih jam-jam ramai pengguna. Artinya di waktu itu, pengguna TikTok lagi ramai-ramainya. Terus kapan jam ramainya?

Dilansir dari Influencer Marketing Hub, jam ramai di TikTok (TikTok prime time) adalah siang hari sekitar pukul 12.00 – 13.00 WIB, sore hari sekitar pukul 16.00 – 17.00 WIB, dan malam hari antara pukul 19.00 – 23.00 WIB.

Supaya bisa video bisa muncul di jam-jam tersebut, kamu perlu menjadwalkan waktu untuk upload. Selain jadwal upload jadi lebih terstruktur, kamu juga nggak akan kelupaan sama jadwalnya.

8. Follow Akun dengan Tanda Centang

Cara agar video masuk di FYP TikTok terakhir ini menurut saya mudah banget sih. Kalau kamu mengikuti beberapa cara di atas dan video-mu berhasil viral, saat kamu mengikuti akun dengan tanda centang, ada kemungkinan kalau akun tersebut akan follback akunmu. Efeknya, akunmu bisa ikutan populer dan bisa dengan mudah masuk FYP.

    %d blogger menyukai ini: