5 Cara Melindungi Android dari Hacker

hacker Android

Bisa dibilang saat ini sistem operasi Android memang banyak digemari oleh masyarakat di seluruh dunia. Selain perangkatnya dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, OS ini juga memiliki beragam fitur dan aplikasi yang menarik.

Wajar apabila banyak pengguna yang menyukai Android untuk kebutuhan komunikasi maupun hiburan sehari-hari. Selain perangkatnya yang lebih murah, Android juga memiliki user interface yang dapat memudahkan penggunanya jika dibandingkan dengan sistem operasi lain yang ada saat ini.

 

Namun topik yang akan kita bahas kali ini ialah seberapa aman sistem operasi Android ini? Tentu semua smartphone tidak bisa aman begitu saja, apapun sistem operasinya. Namun hingga saat ini ada banyak kasus peretasan Android yang terjadi di masyarakat.

Tentu kamu harus melakukan penanganan sejak sekarang, daripada menjadi korban kan? Agar bisa menghindari hal-hal ini, sebaiknya lakukan beberapa cara berikut ini untuk melindungi perangkat Android milikmu dari serangan hacker.

Menggunakan browser yang aman

Mungkin dulu kamu tidak terlalu memerhatikan hal ini. Padahal hal ini sebenarnya sangat penting untuk diperhatikan. Mulai dari sekarang, coba gunakan browser yang aman untuk dipakai. Jangan asal-asalan menggunakan browser yang malah bisa membuka celah bagi para hacker. Kamu bisa membandingkan keamanan browser satu dengan browser lainnya.

[irp posts=”51835″ name=”5 Browser Android Terbaik dan Populer”]

Tidak menyimpan password di browser

Banyak orang yang terkadang tidak sadar saat menyimpan password di browser. Apalagi jika hal ini otomatis terjadi, kemudian kamu tidak terlalu memerhatikan. Banyak orang yang sering melakukan hal ini karena tidak ingin menulisnya berulang-ulang. Padahal hal ini sebenarnya berbahaya lho. Apabila kamu menyimpan password di browser, kemungkinan besar hacker bisa membajak dengan mudah password tersebut.

Menggunakan aplikasi yang tidak resmi

Mungkin selama ini kamu sering melakukan hal ini karena tidak terlalu mengetahui bahayanya. Banyak orang menginstall aplikasi yang tidak resmi pada smartphone, kemudian malah membuang beragam aplikasi bawaan yang sudah ada pada smartphone. Padahal sebenarnya aplikasi pra-install ini lah yang bisa berguna untuk melindungi ponselmu dari serangan para hacker. Sebaiknya jangan menginstall aplikasi yang tidak resmi dari situs-situs tidak terpercaya. Tentu ada kemungkinan smartphonemu malah bisa terserang malware buatan para peretas.

Rajin melakukan backup data pada smartphone

Terkadang banyak pengguna yang malas melakukan hal ini, padahal sebenarnya cukup penting untuk dilakukan. Melakukan backup data merupakan salah satu upaya untuk mengantisipasi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, salah satunya kehilangan data pada smartphone-mu akibat ulah hacker. Tentu apabila kamu memiliki cadangannya, semua akan lebih aman kan?

Memakai antivirus yang berkualitas

Upaya terakhir yang bisa kamu lakukan ialah dengan memakai antivirus yang berkualitas baik, tentunya yang telah terbukti bisa mencegah virus di seluruh perangkat, terlebuh smartphone. Kamu bisa menggunakan antivirus khusus untuk mencegaj serangan hacker di smartphone Android.

[irp posts=”44316″ name=”Aplikasi Antivirus Sophos akan Menjaga Handphone Tetap Aman”]

Beberapa hal di atas perlu kamu lakukan sebagai upaya untuk melindungi smartphone Android milikmu dari serangan hacker. Android merupakan perangkat yang rentan terjangkit virus. Jangan sampai kecerobohan malah membuat smartphone-mu terkena serangan ini ya. Lakukan mulai sekarang cara-cara di atas agar tidak menyesal di kemudian hari. Selamat mencoba!