Cara Memakai Steam Guard dari Ponsel Android / iPhone

steam guard

Masalah keamanan akun online memang sesuatu yang penting. Termasuk juga akun Steam yang kamu punya. Nah, supaya lebih aman, kamu bisa memakai Steam Guard yang tersedia di aplikasi Android atau iPhone.

Akun Steam memang salah satu akun yang layak kamu amankan. Bukan apa-apa, di dalamnya terdapat banyak informasi, seperti namamu, alamat email, dll.

Steam juga merupakan toko game online. Jadi, entah memakai Steam Wallet atau kartu kredit, ada transaksi di sana. Tentu informasi pembayaran ini layak kita amankan.

Soal Steam Guard

Pada dasarnya, Steam Guard adalah sistem keamanan yang memanfaatkan otentikasi dua faktor (2FA / 2 factor authentication). Keamanan ini menjalankan 2 langkah, yang pertama melalui username/email dan password, dan yang kedua melalui verifikasi.

Steam Guard menawarkan dua cara otentikasi. Yang pertama melalui aplikasi, dan yang kedua melalui email. Keduanya sama-sama menggunakan verifikasi melalui input kode khusus.

Valve sebagai pembuat Steam, merekomendasikan pemakaian verifikasi melalui aplikasi di ponsel. Nah, kalau kamu belum tahu, ikuti langkah di bawah ini.

Cara mengaktifkan Steam Guard di Ponsel

  1. Buka aplikasi Steam di PC atau situs web lewat browser.
  2. Klik username > Account details.
  3. Geser halaman ke bawah dan klik ‘Manage Steam Guard‘ di bagian ‘Account Security’.
  4. Pilih ‘Get Steam Guard codes from the Steam app on my phone‘.
  5. Unduh dan buka aplikasi Steam untuk smartphone (Android atau iPhone).
  6. Tekan tombol Menu dan pilih ‘Steam Guard‘.
  7. Tekan tombol ‘Add Authenticator‘.
  8. Isi kode yang dikirim melalui SMS sebagai konfirmasi.
  9. Catat dan simpan “Recovery Code” yang muncul di aplikasi.
  10. Selesai.

Cara Memakai Steam Guard

Kamu bisa masuk ke akun Steam di aplikasi PC atau situs web seperti biasa, yaitu dengan username dan password. Lalu, kamu akan diminta mengisi kode yang ada di Steam Guard aplikasi di ponsel atau yang dikirim via email (tergantung kamu memilih yang mana). Setelah kamu mengisinya, kamu sudah bisa masuk dan menggunakan aplikasi Steam di PC.

Sekilas mungkin cara ini agak repot. Tapi demi keamanan, tentu cara masuk akun Steam dengan keamanan ganda ini akan lebih baik.

%d blogger menyukai ini: