Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

2 Cara Mematikan Suara Kamera iPhone dan Mengurangi Volume Dengan Mudah

iphone motret coklat
Anom Penulis
Last updated:

Apa kamu bingung bagaimana cara mematikan suara kamera iPhone? Kalau iya, mungkin tips iPhone ini bisa membantu. Paling tidak, ada dua cara yang bisa kamu lakukan.

Mungkin ada yang suka dengan efek suara kamera di ponsel. Karena bisa mengetahui kalau tindakan itu berjalan, atau yah… serasa kamera analog dengan tombol fisik.

Tapi tidak sedikit juga yang kurang nyaman dengan suara kamera ponsel. Ya karena seolah memberi pengumuman kalau mereka sedang memotret.

Soal Cara Silent Kamera iPhone

Di ponsel Android, kamu bisa menemukan setelan suara di pengaturan aplikasi kamera. Tapi di iPhone berbeda. Sehingga wajar jika ada pengguna baru yang bertanya apakah suara kamera iPhone bisa dimatikan.

Memang ada beberapa fungsi di iPhone yang letak pengaturannya tersembunyi. Bagi yang sudah terbiasa, tentu tidak ada masalah. Tapi pengguna baru iPhone biasanya kesulitan.

Salah satu contohnya ya soal suara kamera ini. Apple tidak meletakkan tombol Setting di dalam aplikasi kamera. Jadi kalau yang terbiasa di Android bisa mengakses Setting dari aplikasi pasti bingung.

Kemudian, setelan untuk mematikan atau silent kamera iPhone berada di menu yang bersifat kontekstual (berubah sesuai aplikasi). Yaitu di Pusat Kontrol. Dengan begitu, orang tidak menduga hubungan tuas volume dengan aplikasi kamera.

Tidak percaya? Silakan terus membaca tutorial ini dan kamu akan menemukan jawabannya.

Cara Mematikan Suara Kamera iPhone

1. Lewat Tombol Hening (Mute/Silent)

Ketika kamu hendak memotret dan berada dalam tampilan aplikasi kamera di iPhone, geser tombol Hening (Mute/Silent) yang ada di sebelah kiri, di atas tombol volume. Mengaktifkan mode bisu juga akan mematikan suara kamera iPhone.

Baca Juga:  Nyesek, iPhone 6S Kesayangan Chris Evans Resmi 'Tewas'
gambar tombol mute silent iphone

Ini adalah cara yang bisa membuat iPhone menjadi tanpa suara (silent) secara total. Tapi kelemahannya, kalau kamu lupa menyalakannya kembali, bisa-bisa kemu tidak mendengar notifikasi yang muncul.

2. Lewat Pusat Kontrol (Control Panel)

  1. Buka aplikasi kamera.
  2. Buka Pusat Kontrol.
    • Geser ke bawah dari pojok kanan atas (iPhone dengan Face ID)
    • Geser ke atas dari pinggir bawah (iPhone dengan Touch ID / tombol Home)
  3. Geser indikator volume ke bawah
    • Perhatikan bahwa aplikasi yang aktif di Pusat Kontrol adalah Kamera.
    • Kamu bisa mengurangi volume suara kamera atau mematikannya (geser indikator sampai kosong).

Kesimpulan

Yah, iPhone sering menjadi pilihan banyak orang karena dianggap memiliki navigasi dan tampilan sederhana jika dibanding dengan ponsel Android.

Dalam hal ini, fungsi tombol Silent dan tuas indikator volume di Pusat Kontrol memang berlaku untuk aplikasi yang aktif. Artinya, apapun aplikasi yang kamu pakai, tombol itu tetap berlaku. Kamu tidak perlu masuk ke setelan dan repot mengubah ini itu.

Namun di sisi lain, ada juga pengguna yang secara naluriah membuka pengaturan kamera untuk mencari setelan tombol suara kamera. Ketika tidak menemukannya, ia jadi bingung.

Tapi dengan tips di atas, semoga kamu tidak bingung lagi dengan bagaimana cara mematikan suara kamera iPhone. Cara tersebut juga berguna kalau kamu ingin menyalakan suara kamera tersebut.

Selamat mencoba.


Sumber: Apple