Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Cara Mematikan Suara Kamera iPhone

Anom Penulis

Apa kamu bingung bagaimana cara mematikan suara kamera di iPhone? Kalau iya, mungkin tips iPhone ini bisa membantu. Paling tidak, ada dua cara yang bisa kamu lakukan.

Mungkin ada yang suka dengan efek suara kamera di ponsel. Karena bisa mengetahui kalau tindakan itu berjalan, atau yah… serasa kamera analog dengan tombol fisik.

Tapi tidak sedikit juga yang kurang nyaman dengan suara kamera ponsel. Ya karena seolah memberi pengumuman kalau mereka sedang memotret.

Kalau kamu perhatikan, tidak ada setelan suara kamera di pengaturan iPhone. Ini berbeda dengan di ponsel Android. Sehingga wajar jika ada pengguna baru yang bingung.

Lalu bagaimana cara mematikan suara kamera iPhone? Ada dua cara yang bisa kamu lakukan. Lewat tombol Hening (Mute) atau lewat Pusat Kontrol (Control Center).

Lewat Tombol Hening (Mute)

Ketika kamu hendak memotret dan berada dalam tampilan aplikasi kamera di iPhone, geser tombol Hening (Mute) yang ada di sebelah kiri, di atas tombol volume. Mengaktifkan mode bisu juga akan mematikan suara kamera iPhone.

Lewat Pusat Kontrol (Control Panel)

  1. Buka aplikasi kamera.
  2. Buka Pusat Kontrol.
    • Geser ke bawah dari pojok kanan atas (iPhone dengan Face ID)
    • Geser ke atas dari pinggir bawah (iPhone dengan Touch ID / tombol Home)
  3. Geser indikator volume ke bawah
    • Perhatikan bahwa aplikasi yang aktif di Pusat Kontrol adalah Kamera.
    • Kamu bisa mengurangi volume suara kamera atau mematikannya (geser indikator sampai kosong).

Yah, iPhone sering menjadi pilihan banyak orang karena dianggap memiliki navigasi dan tampilan sederhana jika dibanding dengan ponsel Android.

Dalam hal ini, fungsi tombol Hening dan tuas indikator volume di Pusat Kontrol memang berlaku untuk aplikasi yang aktif. Artinya, apapun aplikasi yang kamu pakai, tombol itu tetap berlaku. Kamu tidak perlu masuk ke setelan dan repot mengubah ini itu.

Namun di sisi lain, ada juga pengguna yang secara naluriah membuka pengaturan kamera untuk mencari setelan tombol suara kamera. Ketika tidak menemukannya, ia jadi bingung.

Tapi dengan tips di atas, semoga kamu tidak bingung lagi dengan bagaimana cara mematikan suara kamera iPhone. Selamat mencoba.

    %d blogger menyukai ini: